fbpx

Kegiatan dalam Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Gede Murta

Belajar bahasa inggris sudah menjadi sebuah kebutuhan di era sekarang. Hampir seluruh orang sudah memiliki kesadaran untuk belajar bahasa inggris. Tidak Cuma orang dewasa, bahkan anak-anak kini telah berbondong-bondong datang ke tempat kursus bahasa inggris untuk anak. Namun tak semua tempat kursus bahasa inggris anak dapat memenuhi segala kebutuhan mereka.

Seperti kita ketahui anak-anak memerlukan suasana atau cara belajar bahasa inggris yang berbeda dengan orang dewasa. Dalam proses belajar bahasa inggris untuk anak, mereka membutuhkan cara pengajaran yang menarik dan menyenangkan. Sehingga mereka merasa nyaman dan selalu ingin belajar bahasa inggris.

Namun kebanyakan tempat kursus bahasa inggris  anak tidak terlalu memperhatikan dan memberikan kegiatan belajar bahasa inggris yang menyenangkan. Selain itu, dalam belajar bahasa inggris kepada anak sebenarnya lebih efektif menggunakan cara pengajaran secara tidak langsung. Ada berapa kegiatan belajar bahasa inggris yang cepat dan menyenangkan untuk anak yaitu dengan cara 3B, yaitu:

1. Bernyanyi

Seperti kita ketahui anak-anak sangat senang bila diajak bernyanyi. Cara ini adalah cara yang mudah untuk mereka dalam belajar bahasa inggris. Tidak usah menggunakan bahasa yang terlalu sulit, cukup dengan bahasa-bahasa simple. Sehingga tanpa sepengetahuan mereka, mereka telah belajar bahasa inggris secara tidak langsung. Mereka belajar kosakata baru, cara pengucapannya dan grammarnya.

kegiatan belajar bahasa inggris untuk anaksa Inggris Untuk Anak

2. Bercerita

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak anak-anak belajar bahasa inggris melalui cerita. Ada beberapa langkah yang bisa ditempuh, misalnya dengan story telling, memberikan mereka bahan bacaan, atau dengan puppet show. Melaui cerita, anak-anak tidak hanya belajar bahasa inggris tetapi juga membantu mereka dalam menciptakan imajinasi dan membentuk pemikiran kritis.

Selain itu melalui mendengarkan cerita mereka juga mengasah kemampuan listening sekaligus mendengar cara pengucapan yang tepat dan juga menambah vocabulary mereka. Selain itu melalui membaca story mereka juga menambah kemampuan reading serta kemampuan grammar mereka dalam belajar bahasa inggris untuk anak. Anak-anak juga belajar bahasa inggris langsung dengan konteksnya.

3. Bermain

Belajar bahasa inggris dengan bermain mungkin adalah cara yang paling digemari oleh anak-anak. Ini karena ketika mereka belajar bahasa inggris dengan bermain games mereka menemukan kegiatan yang menarik dan tidak membosankan. Tetapi dalam belajar bahasa inggris untuk anak atau bahkan untuk seluruh umur guru cenderung memberikan kegiatan yang sangat membosankan sehingga suasana kelas menjadi sangat menengangkan yang menyebabkan anak-anak takut untuk belajar bahasa inggris.

Permainan game ini tidak semata-mata untuk bersenang-senang saja, tetapi juga mengandung kegiatan pembelajaran. Adapun kemampuan belajar bahasa ingris untuk anak yang bisa ditingkatkan dari bermain game antara lain vocabulary, speaking, pronunciation, speaking dan grammar. Berapa game yang dapat dicoba oleh siswa adalah role play, onion ball.

English café menyediakan kursus bahasa inggris anak dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, seperti tiga kegiatan menyenangkan di atas. Sehingga dalam belajar bahasa inggris, anak-anak merasa senang dan nyaman tapi tidak melupakan tujuan untuk menambah ilmu bahasa inggris. Jadi tunggu apa lagi, segera bergabung bersama kami tempat kursus bahasa inggris untuk anak yang menyenangkan Cuma di English Café. We’ll get you addicted to English.