fbpx

Contoh Soal Penggunaan Many dan Much Beserta Pembahasannya

Gede Murta

Contoh Soal Penggunaan Many dan Much dan Pembahasannya

Penggunaan many dan much masih sering membuat siswa kebingungan karena memiliki arti yang sama, yaitu banyak. Dalam artikel kali ini, penggunaan many dan much akan dibahas secara spesifik dalam beberapa contoh soal. Keduanya sama-sama memiliki arti kata banyak untuk menyebutkan suatu jumlah. Lebih spesifik, penggunaan kata many biasanya dipakai saat menyebutkan benda yang masih bisa dihitung jumlahnya secara pasti (countable), contohnya seperti many cars atau many buildings. Sedangkan untuk penggunaan kata much digunakan saat menyebutkan sesuatu yang tidak bisa dihitung jumlahnya secara pasti (uncountable), contohnya seperti much money atau much sugar. Nah uraian diatas tentang penggunaan many dan much dalam frase sudah cukup jelas. Sekarang untuk mengukur pemahaman kalian dalam penggunaan many dan much, yuk coba kerjakan 10 soal penggunaan many dan much berikut ini dan setelah itu akan dijabarkan pembahasannya.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

Contoh 10 soal penggunaan many dan much

  1. I have so_____ luxury cars in my house.
  2. I drank too_____ coffee this morning.
  3. How_____ clothes did you buy yesterday?
  4. My mother doesn’t like to eat_____ sugar.
  5. Can I eat as_____ fruits as I want without gaining weight?
  6. You can find so_____ cheaper restaurants near the hotel.
  7. How_____ money do you need?
  8. I should drink as_____ as eight glasses of water a day.
  9. Too_____ calories will make you fat.
  10. How_____ books have you read today?

Jika kalian sudah selesai menjawab, yuk cocokan jawaban kalian dengan jawaban dibawah ini yang juga dilengkapi dengan pembahasannya.

1. Jawaban: Many

Pembahasan : Karena “luxury cars” atau mobil-mobil mewah bisa dihitung dengan pasti.

2. Jawaban: Much

 Pembahasan : Karena “coffee” tidak bisa kita hitung dengan pasti berapa jumlah tepatnya. Namun makna kalimat akan berbeda jika kita mengubahnya menggunakan quantifier seperti satu gelas kopi, dua gelas kopi, dan setersunya.

3. Jawaban: Many

 Pembahasan : Karena “clothes” atau pakaian bisa dihitung dengan pasti.

4. Jawaban: Much

 Pembahasan : Dalam kalimat tersebut, “sugar” tidak bisa dihitung butir demi butir, kecuali jika menggunakan bantuan quantifier seperti “one tea spoon of …” yang artinya satu sendok teh.

5. Jawaban: Many

 Pembahasan : Karena “fruits” bisa dihitung dengan pasti walau berbeda ukuran dari kecil hingga besar.

Baca juga: Perbedaan many dan much lengkap dengan contoh kalimat dan artinya

6. Jawaban: Many

 Pembahasan : Karena “restaurants” dapat dihitung dengan pasti. Misalnya ada 10 restoran di Denpasar.

7. Jawaban: Much

Pembahasan : Karena “money” berupa angka, jadi kita tidak bisa menyebutnya dengan menggunakan “many”. Ingat, untuk mengungkapkan jumlah uang dalam bahasa Inggris, kita menggunakan “much”.

8. Jawaban: Much

 Pembahasan : Air adalah benda yang tidak bisa dihitung jumlahnya, kecuali jika kita letakkan dalam wadah.

9. Jawaban: Much

 Pembahasan : Calories berarti kalori, kalori adalah benda yang tidak bisa dihitung secara tepat.

10. Jawaban: Many

Pembahasan : Kata “books” atau buku dapat dihitung secara pasti dengan mudah.

Baca juga: Perbedaan a few and a little beserta contoh kalimatnya

Bagaimana guys? Apakah jawaban kalian sudah sesuai dengan jawaban diatas? Jika sudah, berarti kalian sudah paham mengenai penggunaan kata many dan much. Nah, jika masih ada yang salah dalam penggunaan many dan much dalam kalimat, kalian bisa memperbaikinya dan membaca pembahasan soalnya. Latih kemampuan berbicara bahasa Inggris kalian dengan mempraktekkannya langsung.

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya.

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

Coba Sekarang (Ungu)

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment