Hello peeps, adakah di antara kalian yang bekerja di bidang pariwisata? Pastinya banyak di antara kalian yang bekerja di daerah pariwisata, bidang yang ditekuni juga berbagai macam, salah satunya adalah dibidang reservation. Reservasi adalah sebuah proses permintaan pemesanan kamar dan fasilitas lain yang diinginkan oleh calon tamu dan ditangani oleh petugas reservasi atas pertimbangan ketersediaan kamar di waktu tersebut. Perhatikan beberapa ungkapan yang berkaitan dengan cara/urutan pekerjaan dalam Handling Reservation
Sequence of Service | Example of Sentence |
Pre Arrival Individual Reservation
Greetings (salam) (Good morning/ afternoon/ evening)
Room Availability (Ketersediaan kamar)
Alternative of room type when room required not available (Alternatif tipe kamar ketika ruang diperlukan tidak tersedia)
Overall hotel information and facilities (Informasi hotel dan fasilitas secara menyeluruh)
Length of stay (Lama tinggal)
Payment instruction (Instruksi pembayaran)
Guest profile (Profil tamu)
Special request (Permintaan khusus)
Confirming reservation (Konfirmasi pemesanan)
| Good morning, Reservation, Ruth speaking, how may I assist you?” (“Selamat pagi, reservasi, dengan Ruth, ada yang bisa saya bantu?”)
“Our rooms are available for the period of 1st Jun to 1st July, may I know what dates do you require the room?” (“Kamar kami tersedia untuk periode 1 Juni-1 Juli, bolehkah saya tahu, tanggal berapa yang Anda perlukan untuk kamarnya?”
“I am sorry to inform you that our standard room is not available on your desire date.” (Saya minta maaf untuk kamar standar, kamar tersebut tidak tersedia pada tanggal yang Anda inginkan)
“Would you care for alternative dates or higher room type?” (Apakah Anda mau di tanggal yang berbeda atau di kamar yang lain?”)
“Our hotel is located in the center of Kuta area. It is very close to the airport and shopping center. We have swimming pool at the rooftop and live music at the bar every evening”. (“Hotel kami terletak di pusat Kuta. Tempat ini sangat dekat dengan bandara dan tempat belanja. Kami mempunyai kolam berenang pada lantai yang paling atas dan musik di bar setiap malam”)
“How long you will you be staying with us? (“Berapa lama Anda akan tinggal bersama kami?”)
Transportation arrangement: “Do you need airport transport to be arranged?” Pengaturan transportasi: “Apakah Anda perlu disediakan transportasi ke bandara?”)
“How would you settle your room reservation?” (“Bagaimana Anda melunasi pemesanan kamar Anda?”)
“Would you please spell your complete name?” (“Bisakah Anda mengeja nama lengkap Anda?”)
“Do you have any special request relating your room requirement?” (“Apakah Anda mempunya permintaan khusus terkait persyaratan kamar?”)
“We confirm your reservation for deluxe rooms from 6th until 10th June under the name of Mr. Paul, for further assistance you may contact me directly at the hotel number.” (“Kami mengkonfirmasi reservasi Anda untuk kamar deluxe dari tanggal 6 sampai 10 Juni dengan nama Mr. Paul, untuk bantuan lebih lanjut Anda dapat menghubungi saya langsung di nomor hotel”)
|
Semoga artikel di atas dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan dalam melayani tamu dan dapat dijadikan referensi. Let’s learn English from now! Join us in English Cafe and We’ll Get You Addicted to English.
Di English Café, kalian bisa mendapatkan module sesuai dengan keinginan kalian, misal kalian ingin belajar pariwisata khusus waiter atau khusus housekeeping, hal ini dapat disesuaikan.
Feel free to try our free trial.
Baca Juga : Contoh Percakapan Pemesanan Hotel Via Telepon
Baca Juga : Contoh Percakapan Bahasa Inggris di Restoran
Baca Juga : Mengucapkan Selamat Dalam Bahasa Inggris
Baca Juga : Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tentang Handling Complaint
Baca Juga : Memulai Obrolan Dengan Turis Asing