fbpx

Contoh Percakapan dengan Menggunakan Idiom dalam Bahasa Inggris

Gede Murta

Contoh Percakapan dengan Menggunakan Idiom dalam Bahasa Inggris

Percakapan dalam bahasa Inggris akan terdengar alami dan lancar ketika kita menyelipkan beberapa ungkapan yang sering digunakan pembicara asli atau dikenal dengan native speaker ketika berbicara. Sama seperti masyarakat Indonesia yang ketika bicara sering menggunakan ungkapan seperti “besar kepala”, “keras kepala” dan lain – lain. Nah, ungkapan tersebut dalam bahasa inggris disebut sebagai idiom dimana ini lebih digunakan dalam situasi informal, seperti percakapan dengan teman atau dalam percakapan sehari-hari. Idiom sebenarnya ungkapan-ungkapan atau ekspresi-ekspresi yang sangat berbeda dengan arti sebenarnya, seperti contoh “rain cats and dog”, ungkapan tersebut tidak memiliki arti hujan kucing dan anjing, melainkan memiliki arti hujan yang sangat deras. Nah, berikut contoh percakapan dengan menggunakan idiom dalam Bahasa Inggris yang bisa kalian pelajari.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

Conversation 1

idiom bahasa Inggris

piece of cakes = gampang/mudah

butterflies in my stomach = gugup/tegang

Sally: Hi Sam What’s up? What are you up to? (Hai sobat, ada apa? Bagaimana kabarmu?)

Samantha: Well, good. Anyway, can you give me a trick how to be a friend with Paul? (Ya baik. Ngomong- ngomong, bisa ga kamu kasi aku kiat/tips gimana caranya aq bisa temena sama Emma?)

Sally: Waooo, come on. You know how to do it, don’t you? It’s a piece of cake man. (Ayolah, kamu udah tahu gimana caranya kan? Itu sangat mudah)

Samantha: Ok. Maybe I’ll call him first and do a blind date. What do you reckon? (Baiklah, mungkin aku akan menghubungi dia dulu dan merencanakan kencan buta. Gimana menurutmu?)

Sally: Sounds interesting. It’s worth a shot. (Kedengarannya menarik. Lanjutkan)

Samantha: Hmm.. But I got butterflies in my stomach from now. It’s first time for me to do such a blind date. I’ve never done it before. (Tapi aku sangat gugup dari sekarang. Ini kali pertama aku melakukan kencan buta. Aku tidak pernah melakukan itu sebelumnya)

Sally: Don’t worry, you’ll be fine dude. Go for it. (Jangan khawatir, kamu akan baik-baik saja, maju terus)

Baca juga: Idiom yang berkaitan dengan kebahagiaan

Conversation 2

idiom bahasa Inggris (1)

behind the time = kuno/tidak modern yang tidak ingin mengikuti perkembangan zaman

pulling my leg = bercanda/senda gurau

a cold fish = mempunyai sifat yang dingin dan tidak ramah

Carla: How have you been doing so far, Steve? Do you like working here? (Bagaimana sejauh ini, Steve? Apakah kamu senang bekerja disini?)

Steve: Well, been good. I like working here. I have new spectacular workmates here. But there is one at Accounting Department. Whose name is that? I forget. (Yaa, baik-baik saja. Aku suka bekerja disini. Aku mempunyai teman kerja yang hebat-hebat. Tapi ada satu orang di bagian Accounting. Siapa namanya itu? Aku lupa)

Carla: Do you mean Robert? What happens with him? (Apakah yang kamu maksud Robert? Ada apa dengan dia?)

Steve: Nah, it’s a bit funny though. Robert doesn’t have Instagram account. He’s totally behind the time. (Enggak sih, tapi ini agak sedikit lucu. Robert tidak mempunyai akun Instagram. Dia benar-benar kuno dan tidak mengikuti perkembangan jaman sekarang)

Carla: Really? Are you pulling my leg? Hahaha oops sorry, but it’s hilarious. (Beneran? Kamu bercanda ya? Hahaha sorry, tapi ini lucu sekali)

Steve: And I feel uncomfortable with our boss. He’s a cold fish. He rarely talks to the staff. (Dan aku merasa tidak nyaman dengan bos kita. Dia sangat dingin dan tidak ramah karyawan)

Carla: Yeah, Mr. Johnson is. But don’t take it seriously. Take it easy. (Yaa, Bapak Johnson memang seperti itu. Tapi jangan dianggap serius. Dibawa santai aja.)

Baca juga: Idiom yang berkaitan dengan kesehatan

Nah, jadi itulah contoh percakapan dengan menggunakan idiom dalam Bahasa Inggris. Sangat mudah bukan? Yuk mulai sekarang gunakanlah idioms untuk percakapan sehari-hari, karena dengan menggunakan beberapa idioms ke dalam percakapan, akan membuat percakapan kalian lebih asyik didengar.

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa inggris adalah dibawah ini

  1. Pertama, ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, praktikkan percakapan Bahasa inggrismu secara rutin dengan teacher terbaik sebagai pemandu.
  3. Ketiga, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. Bisa memilih belajar secara virtual ZOOM langsung bersama teachernya dengan GARANSI 100% UANG KEMBALI untuk kepuasan belajar.

kursus belajar bahasa inggris coba gratis sekarang

English Cafe Bali adalah lembaga profesional dalam program belajar Bahasa Inggris On-line dan langsung. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL Preparation, Speaking dan kelas percakapan, dan program spesial untuk karyawan dari berbagai bidang pekerjaan juga tersedia. Program terbaik dengan jadwal yang bisa sesuai permintaan untuk belajar Bahasa inggris bersama teacher terbaik dan terakreditasi. Ada TES BAHASA INGGRIS GRATIS juga lho!

Hubungi kami segera di WhatsApp 087838733111, telepon 0361481910, atau Email ke [email protected] untuk ambil kelas Bahasa inggrismu sekarang. Dapatkan garansi 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas teacher, sistem pembelajaran dan platform kami. NO HURT FEELING GUARANTEED!

Gede Murta

Gede Murta

Orang biasa yang berharap dapat membuat dan berbagi hal yang luar biasa. Berbagi ilmu terkait belajar bahasa inggris seperti program IELTS dan TOEFL Preparation, General English, ESP atau English for Specific Purposes di lembaga training bahasa inggris, English Cafe Bali. Belajar bisa lebih efektif jika kita mulai dengan hal yang kita suka dan tidak melupakan sisi Fun nya. Suka nonton dan belajar dari film dan video dokumenter youtube di waktu luang seperti tentang pendidikan, sosial, dan lingkungan.

Leave a Comment