fbpx

Contoh Kata Kiasan Dalam Bahasa Inggris

Gede Murta

Dalam pelajaran bahasa Indonesia, tentunya kita sempat mempelajari tentang majas atau bahasa kiasan. Nah guys, di bahasa Inggris pun ternyata ada juga yang namanya majas/ kata kiasan. Kata kiasan dalam bahasa Inggris disebut dengan ” figurative language”. Ada banyak jenis kata-kata/ bahasa kiasan yang ada dalam bahasa Inggris, namun kita hanya akan membahas beberapa kata kiasan/majas bahasa Inggris yang cukup sering kita temui dalam musik, film, atau percakapan sehari-hari.

Berikut beberapa contoh kata kiasan/ majas dalam bahasa Inggris:

  • Alliteration – pengulangan awal bunyi konsonan dari serangkaian kata-kata dalam satu kalimat. Kegunaan dari penggunaan majas ini adalah untuk memperindah kalimat. Contoh: “Pompey piped at the post as Pippo pounces”, “The wild and woolly walrus waits and wonders when we’ll walk by”, “Good men are gruff and grumpy, cranky, crabbed, and cross”.

 

  • Assonance – pengulangan dari suara vokal yang identik atau mirip dalam kata-kata yang berdekatan. Terbalik dengan alliteration, assonance menggunakan bunyi huruf vokal yang sama di setiap kata dalam satu kalimat. Biasanya digunakan dalam puisi modern bahasa Inggris. Contoh: “The rain in Spain falls mainly on the plain”, “If I bleat when I speak it’s because I just got fleeced”, “Fleet feet sweep by sleeping geese”.

 

  • Cliché – majas ini berupa kata atau frase yang sangat sering diucapkan sehingga menjadi ‘basi’. Contoh: “No pain, no gain”, “Better late than never”, “Falling in love”.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

  • Hyperbole – gaya bahasa ini digunakan untuk menyatakan sesuatu secara berlebih-lebihan; terkadang menjadi lebih buruk atau menjadi lebih baik. Tidak ada kegunaan khusus dari gaya bahasa ini karena biasanya digunakan untuk melebih-lebihkan sesuatu. Contoh: “I’m so hungry I could eat a horse”, “I’m so angry that my head will literally explode”, “She cried so long that she made a lake”.

 

  • Idiom – gaya bahasa yang berupa kata, frase, atau kalimat yang memiliki arti berbeda dengan apa yang tertulis. Idiom biasanya digunakan untuk memperindah suatu percakapan. Contoh: “She sings at the top of her lungs”, “Jamie cried crocodile tears”, “My Mom has a heart of gold”.

 

  • Metaphor – kiasan yang membandingkan atau mengibaratkan sesuatu dengan hal lainnya yang tidak memiliki hubungan atau kesamaan. Contoh: “Life is a highway”, “This country is a melting pot”, “The road is a sea of fire. It’s so hot!”

Baca juga:

10 contoh phrasal verb dengan menggunakan kata “with”

Idiom-idiom bahasa Inggris yang berkaitan dengan kesehatan

  • Onomatopoeia – kata yang tercipta dari menirukan bunyi suatu benda, binatang, kegiatan, atau situasi tertentu. Kata jenis ini sering ditemui di komik untuk mendapatkan kesan efek audio yang melengkapi visualisasi dari gambar. Contoh: “The sheep says baa, “The bees are buzzing”, “The dishes fell to the floor with a clatter.

 

  • Personification – secara sederhana, majas ini berarti memberikan karakteristik manusia kepada sesuatu selain manusia atau memanusiakan benda. Contoh: “The trees are dancing with the wind”, “The sun smiled at us”, “Money is the only friend that I can count on”.

 

  • Simile – gaya bahasa yang membandingkan dua hal yang berbeda dengan menggunakan kata penghubung ‘like’ atau ‘as’. Yang membedakan simile dengan metaphor adalah metaphor tidak menggunakan kata penghubung sama sekali dan terdengar lebih ‘halus’. Contoh: “She’s as fierce as a tiger”, “Their cheeks are like roses”, “His attitude is as cool as a cucumber”.

Okay guys, itu dia beberapa majas atau gaya bahasa dalam bahasa Inggris beserta beberapa contohnya. Menarik ‘kan belajar sesuatu yang baru mengenai bahasa Inggris? Bahasa Inggris tidak melulu tentang tenses dan lain-lainnya, tapi kamu juga harus tahu detail-detail bahasa Inggris seperti ini.

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

 

[fusion_button link=”https://www.englishcafe.co.id/kursus-online-gratis-english-cafe/” text_transform=”” title=”” target=”_self” link_attributes=”” alignment=”center” modal=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” color=”custom” button_gradient_top_color=”#ffeb3b” button_gradient_bottom_color=”#ffeb3b” button_gradient_top_color_hover=”” button_gradient_bottom_color_hover=”” accent_color=”#000000″ accent_hover_color=”” type=”” bevel_color=”” border_width=”” border_radius=”” border_color=”” border_hover_color=”” size=”” stretch=”no” icon=”” icon_position=”left” icon_divider=”no” animation_type=”” animation_direction=”left” animation_speed=”0.3″ animation_offset=””]COBA SEKARANG[/fusion_button]

 

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment