fbpx

Belajar Bahasa Inggris Pronunciation

Gede Murta

Dalam belajar Bahasa Inggris yang bukan merupakan bahasa ibu “mother tongue” orang Indonesia sering sekali kita menemukan kesulitan dalam mengucapkan kata dalam bahasa Inggris secara baik dan benar. Pengucapan bahasa Inggris atau yang kita kenal dengan English Pronunciation adalah bagaimana kita mengucapkan sebuah kata dalam bahasa Inggris secara baik dan benar. Perbedaan kebiasaan lidah kita dengan lidah native speaker (orang yang berbahasa Inggris sebagai bahasa ibu) merupakan penyebab seringnya kita melakukan kesalahan dalam pengucapan bahasa Inggris.

Tetapi hal ini bukanlah penghalang bagi kita dalam belajar bahasa Inggris , karena kita dapat mempelajari bahasa Inggris pronunciation untuk menghindari masalah tersebut.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam belajar bahasa Inggris pronunciation adalah kepekaan pendengaran kita terhadap bunyi-bunyi  asing yang ada dalam bahasa Inggris. Secara umum orang Indonesia hanya memiliki dua system bunyi yaitu bunyi vocal dan bunyi konsonan sedangkan dalam bahasa Inggris memiliki lebih dari 2 sistem bunyi yaitu vocal , diftong, konsonan dan kluster.  Kalau di Indonesia hanya mengenal huruf vocal  /a/- /i/-/u/-/e/-/o/ tetapi dalam bahasa Inggris mengenal lebih banyak huruf vocal /æ/-/e/-/ǝ/-/ɔ:/-/ɑ:/-/ɒ/-/ɜ:/-/i:/-/ʊ/-/u:/-/Ʌ/-/I/ dan bunyi vocal tersebut tidak familiar dengan lidah kita sebagai orang Indonesia. Adapun cara untuk melatih lidah kita agar terbiasa dengan bunyi asing tersebut adalah dengan melakukan senam lidah atau yang kita sebut “tongue twister”. Cobalah beberapa kalimat dibawah ini

la_tongue_twisterCheryl’s chilly cheap chip shop sells Cheryl’s cheap chips.

Bright blows the broom on the brook’s bare brown banks.

Am I and Amy aiming anemic anemones on my many enemies?

Which wristwatch straps are Swiss wristwatch straps?

Lesser weather never weathered lesser wetter weather.

A purely rural duel truly plural is better than a purely plural duel truly rural.

If one doctor doctors another doctor, does the doctor who doctors the doctor doctor the doctor the way the doctor he is doctoring doctors? Or does he doctor the doctor the way the doctor who doctors doctors?

Thirty thrifty whistling washers witchingly whistling, wishing washing was washed.

Lakukan secara rutin setiap hari diwaktu luangmu, dengan latihan yang sering tongue twister dapat membantu  meningkatkan kemampuan pronunciation bahasa Inggris kamu. Selamat mencoba ^_^

English Café, we’ll get you addicted to English!!!