fbpx

Belajar Homograf Bahasa Inggris

Gede Murta

Pernahkah kamu mendengar kalimat homograf Bahasa Inggris?

Kalau kalian sering membaca, pasti kalian akan menemukan kata yang sama dengan arti yang berbeda dan pasti akan membuat bingung. Kata-kata yang kalian temukan itu disebut dengan homograf. Secara garis besar homograf adalah kata-kata yang sama ejaannya (spelling), berbeda artinya (meaning), dan mungkin berbeda pula cara pelafalannya (sound). Mirip seperti kata ‘apel’ dalam bahasa Indonesia, yang bisa memiliki arti buah dan juga upacara (penyebutan kata apel dengan pelafalan berbeda). Jika kata tersebut memiliki bunyi yang sama disebut homonym.

Nah, berikut bisa kalian lihat beberapa contoh homograf di dalam bahasa Inggris:
Can
~ bisa (modals) : I can play guitar. (Saya bisa bermain gitar.)
~ kaleng (noun) : That sardine can is made of aluminium. (Kaleng sarden itu dibuat dari aluminium.)

Water
~ air (noun) : Drinking water 8 glasses a day makes your life healthier. (Minum air putih 8 gelas sehari membuat hidupmu lebih sehat.)
~ menyiram (verb) : She waters her garden every morning. (Dia menyiram kebun setiap pagi.)

Blue
~ biru (noun) : I bought a new blue dress. (Saya membeli gaun baru warna biru.)
~ sad feeling (adjective) : He broke me up 2 days ago. I still feel blue. (Dia memutus hubungan dua hari lalu. Saya masih sedih.)

Book

~ buku (noun) : This book is quite expensive. (Buku ini cukup mahal.)
~ memesan (verb) : Have you booked ticket for us? (Sudahkah kamu memesan tiket untuk kita?)

Change
~ uang kembali (noun) : Here is the bill payment. Just keep the change. (Ini pembayaran tagihan saya. Simpan saja kembaliannya).
~ menukar (verb) : Let’s go! You don’t need to change your clothes again! (Ayo pergi! Kamu tidak perlu ganti baju lagi!)

Flat
~ apartemen (noun) : David lives in a flat. (David tinggal di sebuah apartemen.)
~ rata/datar (adjective) : Life’s never flat, enjoy it! (Hidup tidak pernah datar, nikmati saja!)

Fly
~ lalat (noun) : There’s fly on your soup! Eww. (Ada lalat di supmu!)
~ terbang (verb) : The plane is flying higher and higher. (Pesawat itu mulai terbang semakin tinggi.)

Leaves
~ meninggalkan (verb) : They leave me alone. (Mereka meninggalkanku sendirian.)
~ daun (noun) : It’s autumn. The leaves start to fall down to the ground. (Ini sudah musim gugur. Daun-daun mulai berguguran ke tanah.)

Light
~ cahaya, lampu (noun) : The hurricane damaged many traffic lights. (Badai menghancurkan banyak lampu lalu lintas.)
~ ringan, terang (adjective) : I prefer a light color for my furniture. (Saya lebih memilih warna terang untuk furniture saya.) | This tea has a light taste (Teh ini memiliki rasa yang ringan.)

Beberapa homograf lain yang bisa kalian ketahui:

Grass = rumput (noun) – mengadu (verb)
Bar = diskotek (noun) – melarang (verb)
Rail = pagar (noun) – berkelahi (verb)
Jumper = peloncat (noun) – baju switer (noun)
Air = udara (noun) – melodi (noun)
Page = halaman (noun) – memanggil (verb)
Fix = memperbarui (verb) – sogokan (noun)

Homograf nggak hanya yang saya tulis di atas saja lho, guys. Masih banyak kata homograf lain yang bisa kalian temukan di Namun jika sering berlatih, semua itu akan lebih mudah. Selamat belajar 🙂

Bahasa Inggris memang bukan mother tongue orang Indonesia ya, guys. Tapi sudah sepatutnya bahasa ini dikuasai jika kalian ingin menjadi pribadi yang mampu bersaing di era globalisasi. Seiring waktu, media belajar pun makin beragam. Tidak hanya melalui kamus, tapi sudah banyak bertebaran aplikasi gratis maupun online untuk belajar. Semakin banyak vocabulary yang kita ketahui, akan semakin membuat kita lebih mudah memahami kalimat yang banyak bermunculan di media sosial ataupun artikel berbahasa Inggris di internet.

Ingin lebih jago lagi berbahasa Inggris? Cobain yuk kursus di English Cafe Bali. Terletak di Jalan Gunung Soputan 1 No. 16A, lokasinya yang berada ditengah kota, dengan fasilitas yang ciamik banget pasti bakal bikin betah. Staff pengajarnya yang friendly udah terbukti  bikin alumni English Cafe cepet banget fasih berbahasa Inggris. Nggak percaya? Cobain aja dateng ke English Cafe yaaa.

Leave a Comment