fbpx

Apa Itu KWL? Bagaimana Contohnya?

Gede Murta

Siapa diantara kalian yang suka membaca buku atau novel dalam bahasa Inggris? Atau siapa diantara kalian yang tidak suka membaca buku atau novel dalam bahasa Inggris? Apa ya kira-kira penyebabnya? Mungkin tidak mengerti akan artinya? Atau kalian bingung menggunakan strategi apa yang harus kalian gunakan agar membaca jadi lebih menyenangkan. Di bawah ini terdapat strategi yang menarik yang bisa kalian terapkan dalam membaca. Pernahkah diantara kalian yang mendengar strategi KWL? Apa itu KWL? dan bagaimana contohnya? Jika belum, kami akan jabarkan sebagai berikut:

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

KWL strategi ini dikutip dari buku (Ogle, 1986). Strategi ini merupakan strategi pengajaran yang berguna untuk membuat siswa memahami akan bacaan dan hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk siswa memahami isi bacaan. KWL mempunyai kepanjangan K sebagai Know, W sebagai Want to know, dan L sebagai Learn. Apa maksud dari kepanjangan tersebut? Berikut penjelasannya.

apa itu kwl

K – Know

Pada tahap ini, siswa dimulai dengan memberikan sebuah ide yang spontan tentang apa yang mereka ketahui pada topik. Apa yang siswa ketahui dari sebuah bacaan tersebut, setelah itu masukkan ke dalam kolom ‘K’ yang tersedia.

W – Want to Know

Siswa memberi tahu tentang apa yang ingin siswa pelajari dari bacaan tersebut. Jadi, siswa memberikan ide yang lebih beragam dari bacaan tersebut dan siswa meletakkan jawaban pada kolom ‘W’.

L – What I’ve Learned

Selama atau setelah selesai membaca bacaan tersebut. Siswa memberikan jawaban tentang apa yang telah mereka pelajari dari bacaan tersebut dan meletakkan pada kolom ‘L’.

K (Apa yang ingin diketahui)W (Apa yang ingin dipelajari)L (Apa yang sudah dipelajari)

Baca juga:

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam teknik KWL ada tiga langkah, yaitu kegiatan pertama, apa yang siswa ketahui (K) merupakan bagian saran/ide sebelum kegiatan membaca dilaksanakan, jadi masih merupakan ide dari sebuah topik bacaan. Kegiatan kedua adalah mengenai guru menuntut siswa menyusun tujuan khusus membaca, dalam artian apa yang siswa ingin pelajari dari sebuah bacaan tersebut (W), dan secara otomatis siswa akan membaca bacaan tersebut. Dan kegiatan terakhir, setelah membaca sebuah bacaan, apa yang siswa pelajari dari bacaan tersebut. Jadi, sudah tidak ada lagi ya yang bingung apa itu KWL dan bagaimana contohnya. Dijamin, setelah kegiatan atau teknik ini, kemampuan memahami bacaan kalian akan meningkat dari sebelumnya.

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam teknik KWL ada tiga langkah, yaitu kegiatan pertama, apa yang siswa ketahui (K) merupakan bagian saran/ide sebelum kegiatan membaca dilaksanakan, jadi masih merupakan ide dari sebuah topik bacaan. Kegiatan kedua adalah mengenai guru menuntut siswa menyusun tujuan khusus membaca, dalam artian apa yang siswa ingin pelajari dari sebuah bacaan tersebut (W), dan secara otomatis siswa akan membaca bacaan tersebut. Dan kegiatan terakhir, setelah membaca sebuah bacaan, apa yang siswa pelajari dari bacaan tersebut. Jadi, tidak ada lagi ya yang masih bingung tentang apa itu KWL dan bagaimana contohnya. Dijamin, setelah kegiatan atau teknik ini, kemampuan memahami bacaan kalian akan meningkat dari sebelumnya.

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

Coba Sekarang (Ungu)

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment