Dalam bahasa Inggris, tingkatan perbandingan dikenal denghan degree of comparison. Pada artikel terdahulu English Cafe Bali sudah pernah menjelaskan tentang degree of comparison beserta contoh percakapannya. Degree of comparison sendiri terdiri dari 3 tingkatan yakni positive, comparative, dan superlative.

Nah pada artikel kali ini, English Cafe Bali akan lebih membahas secara spesifik mengenai degree of comparison pada tingkatan comparative. Pada tingkatan ini, kita bisa membandingkan suatu hal dengan hal lainnya. Contohnya, kita ingin membandingkan barang yang kita punya dengan barang yang teman kita punya. Agar kalian lebih paham lagi, berikut 15 contoh kalimat degree of comparison comparative beserta artinya.  

  1. Santi is more intelligent than Tina. That’s why she always gets the better rank. (Santi lebih pintar dari Tina. Itulah mengapa ia selalu mendapat peringkat yang lebih baik).
  2. My brother is taller than me. He is a basketball athlete. (Kakak saya lebih tinggi dari saya. Dia adalah seorang atlet basket).
  3. The weather is colder than usual. I have to wear jacket every night. (Cuacanya lebih dingin ketimbang biasanya. Saya harus menggunakan jaket setiap malam).
  4. My current bedroom is Larger than the previous one. I can put a lot of things. (Tempat tidur saya yang sekarang lebih luas dari yang sebelumnya. Saya bisa menaruh banyak benda).
  5. My Laptop is Newer than my hand phone. I bought it last week. (Laptop saya lebih baru ketimbang telepon genggam saya. Saya membelinya minggu lalu).
  6. The wall of my house is higher now. No one can see us from outside. (Tembok di rumah saya lebih tinggi saat ini. Tak seorang pun bisa melihat kami dari luar).
  7. The IELTS test that I did last week was easier than the last test that I did before. I am sure that I will get a high score. (Tes IELTS yang saya lakukan minggu lalu lebih mudah dari yang saya lakukan sebelumnya. Saya yakin jika saya akan mendapat nilai yang tinggi). 
  8. My bedroom looks cleaner than before after I use vacuum cleaner regularly. (Kamar tidur saya terlihat lebih bersih dari sebelumnya setelah saya menggunakan penyedot debu secara teratur).
  9. My house is closer to school now after my family and I moved nearby. (Rumah saya lebih dekat dengan sekolah sekarang setelah saya dan keluarga saya pindah ke dekatnya).
  10. Staying in this Hotel is more comfortable than the previous one. The facilities are complete. (Tinggal di hotel ini lebih nyaman dari yang sebelumnya. Fasilitasnya lebih lengkap).
  11. My uncle looks happier after he got married. He plans to have child soon. (Paman saya terlihat lebih bahagia setelah ia menikah. Ia berencana untuk memiliki anak segera).
  12. The pizza in this restaurant is more delicious than the opposite restaurant. The taste is amazing. (Pizza di restoran ini lebih enak dari pada restoran di seberang. Rasanya luar biasa).
  13. The situation in that village is more dangerous than usual. A conflict has happened last morning. (Situasi di desa tersebut lebih berbahaya dari biasanya. Sebuah konflik terjadi pagi tadi).
  14. His painting is more colourful than mine. I don’t like to use many colours on my painting. (Lukisannya lebih berwarna dari pada milik saya. Saya tidak suka menggunakan banyak warna pada lukisan saya).
  15. The price of my new car is more expensive than the last one. Although they have the same series, some additional parts make the price different. (Harga mobil baru saya lebih mahal dari yang sebelumnya. Walaupun mereka memiliki seri yang sama, beberapa bagian tambahan membuat harganya berbeda).

Jika kalian tertarik untuk menambah wawasan Bahasa Inggris kalian, yuk gabung segera di English Café Bali. English Café Bali adalah tempat kursus Bahasa Inggris di Bali yang beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No.16A Denpasar. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa menghubungi kami di nomor (0361) 481910 atau melalui WhatsApp di nomor 0821 4545 8411. We’ll get you addicted to English!