fbpx

10 Peribahasa yang Sering Digunakan dalam Bahasa Inggris

Gede Murta

Suatu hari saat Andari sedang menonton film berbahasa Inggris tentang kisah percintaan sepasang kekasih, tiba-tiba ia dibuat bingung oleh dialog yang dikatakan oleh pasangan tersebut. “If you let the cat out of the bag, I will never forgive you!”. Hah? Kenapa si wanita berkata seperti itu? Kenapa dia tiba-tiba membicarakan tentang kucing? Apakah mereka bertengkar karena ada kucing di dalam tas si wanita? Andari penasaran hingga mencari artinya di Google. Ternyata, let the cat out of the bag artinya mengungkapkan rahasia penting yang sebelumnya sangat dipendam. “Oh, ini artinya.. Baru tau..,” gumam Andari. Ungkapan tersebut merupakan sebuah peribahasa yang bahkan merupakan salah satu peribahasa yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris. Peribahasa sebenarnya adalah ungkapan pendek yang memiliki arti tertentu, biasanya berisi tentang nasehat. Banyak native speaker menggunakan peribahasa dalam percakapan sehari-hari karena sudah menjadi bagian dari bahasa Inggris. Berikut merupakan 10 peribahasa yang sering digunakan dalam bahasa Inggris.

10 Peribahasa yang Sering Digunakan dalam Bahasa Inggris.

  1. Actions speak louder than words

Arti: Melakukan sesuatu lebih baik daripada hanya mengumbar janji.

Contoh: You keep saying that you’ll do your fair share of the housework. Remember that actions speak louder than words.

  1. Beggars can’t be choosers

Arti: Jika ada yang membantumu, terimalah dengan tangan terbuka dan tidak memilih-milih

Contoh: You should be thankful that she helped you yesterday. Everyone knows that beggars can’t be choosers.

  1. Don’t bite the hands that feed you

Arti: Jika seseorang sudah membantumu, berlaku baiklah kepadanya.

Contoh: You might not agree with your parents but don’t bite the hands that feed you, because you owe everything you have to them.

  1. Easy come, easy go

Arti: Jika kamu mendapatkan sesuatu dengan mudah, maka kamu akan kehilangan benda itu dengan cepat juga.

Contoh: Ann found twenty dollars in the morning and spent it foolishly at noon. “Easy come, easy go,” she said.

  1. Honesty is the best policy

Arti: Janganlah berbohong kepada siapapun.

Contoh: If you feel guilty that you lied to her about the money, you should tell her the truth. Honesty is the best policy.

Baca juga:

  1. Look before you leap

Arti: Jangan terburu-buru melakukan sesuatu.

Contoh: Tanya, if you’re thinking of buying a house, my advice is, look before you leap.

  1. One man’s trash is another man’s treasure

Arti: Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda mengenai mana yang lebih bernilai/bermakna

Contoh: I love shopping for secondhand clothes in the thrift shop because one man’s trash is another man’s treasure.

  1. There’s no such thing as free lunch

Arti: Sesuatu yang gratis selalu memiliki maksud tersembunyi dibaliknya

Contoh: I get to travel with my job, but the downside is I have to give talks. Now I know that there is no such thing as a free lunch.

  1. When in Rome, do as the Romans do

Arti: Bersikaplah seperti orang-orang disekitarmu, terutama jika sedang melancong ke daerah lain.

Contoh: I don’t usually drink wine for dinner. But since I’m on holiday, well, when in Rome might as well do as the Romans do.

  1. You reap what you sow

Arti: Semua perbuatanmu memiliki konsekuensi. Jika kamu berbuat baik, kamu akan mendapat balasan yang baik, dan sebaliknya

Contoh: That man was a criminal a few years, and now he’s in jail. You reap what you sow.

Seperti yang kamu lihat diatas, ada beberapa peribahasa diatas yang mirip dengan peribahasa di bahasa Indonesia. Peribahasa datangnya dari pemikiran-pemikiran orang jaman dahulu yang bijaksana mengenai kehidupan. Jadi gak heran kalau peribahasa bahasa Inggris dan bahasa Indonesia punya beberapa kemiripan. Menggunakan peribahasa dalam percakapan sehari-hari itu cukup menarik, lho! Kamu akan terdengar lebih bijaksana oleh lawan bicaramu, apalagi kalau peribahasanya bahasa Inggris. Selain terlihat lebih bijaksana, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan berbicaramu dalam bahasa Inggris juga. Jadi, segera praktekkan 10 peribahasa yang Sering Digunakan dalam Bahasa Inggris diatas ya!

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya.

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

 

[fusion_button link=”https://www.englishcafe.co.id/kursus-online-gratis-english-cafe/” text_transform=”” title=”” target=”_self” link_attributes=”” alignment=”center” modal=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” color=”custom” button_gradient_top_color=”#ffeb3b” button_gradient_bottom_color=”#ffeb3b” button_gradient_top_color_hover=”” button_gradient_bottom_color_hover=”” accent_color=”#000000″ accent_hover_color=”” type=”” bevel_color=”” border_width=”” border_radius=”” border_color=”” border_hover_color=”” size=”” stretch=”no” icon=”” icon_position=”left” icon_divider=”no” animation_type=”” animation_direction=”left” animation_speed=”0.3″ animation_offset=””]COBA SEKARANG[/fusion_button]

 

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

 

Leave a Comment