fbpx

Video Call Sebagai Media Belajar Online

Gede Murta

Siapa bilang belajar masih memerlukan waktu, lokasi dan keadaan tertentu? Semua itu kini tidak lagi menjadi penghalang.  Tidak ada alasan untuk tidak belajar karena lokasi yang jauh, biaya yang mahal, tidak sempat alias sibuk, atau keterbatasan media. Alasan-alasan tersebut hanya membuat kita seolah terlihat sebagai pribadi yang malas.

Bayangkan saja, jika hanya karena alasan lokasi yang jauh, sarana transportasi sudah menjadi kebutuhan pokok kalau bepergian kemana saja. Motor, mobil, bus umum, angkot, dan banyak lagi jenisnya. Bagaimana dengan biaya? Untuk persoalan uang, beberapa diantaranya memang memiliki persepsi yang berbeda tentang mahal-murahnya suatu produk.

Sementara itu, belajar bisa dilakukan di setiap waktu luang, jadi tidak ada alasan saking sibuknya sampai tidak bisa belajar. Nah, semua itu hanya akan balance jika seseorang bisa memanage waktu, niat dan usaha dengan baik, se-efektif dan se-efisien mungkin. Jadi, semakin Anda berusaha, semakin tinggi ekspektasi keberhasilan yang akan Anda capai.

Bagaimana dengan media pembelajaran di era global saat ini? Dampaknya semakin terasa ketika gadget berkualitas tinggi menyerbu pasar, menjamurnya berbagai sosial media serta ribuan jenis aplikasi. Hal ini diharapkan mampu mengatasi kesulitan belajar karena dengan adanya sosial media, memunculkan pola pikir praktis dalam belajar yang tidak terikat waktu, tempat dan kondisi apapun.

Tidak akan menjadi masalah jika pengajar sedang berada di Bali dan siswa yang sedang berada di Australia, semua bisa diatasi dengan keberadaan media belajar berupa chat, email, maupun video call.

video-chat

Our company, English Cafe, memberikan pelayanan mengajar dan berkonsultasi tatap muka melalui video call (Skype) jika siswa tidak bisa datang, sedang berada di luar daerah, atau halangan lainnya. Penggunaan media dan metode belajar ini tentu lebih nyaman ketimbang harus buru-buru ke EC office untuk belajar secara langsung ketika siswa sedang berhalangan hadir, atau ada hal penting yang ingin ditanyakan. Jadi, tidak perlu khawatir untuk ketinggalan pelajaran.

Apakah media Skype tidak mempengaruhi kegiatan belajar?

Belajar menggunakan Skype tentu harus didukung oleh jaringan internet yang memadai. Kami yakin setiap siswa mempunyai koneksi internet sendiri, karena hampir sebagian besar telah memiliki smartphone atau modem. Daripada hanya digunakan untuk update status Facebook, bukankah lebih baik koneksi internet digunakan untuk berkomunikasi dan belajar melalui Skype?

Hello world, we will come to you!

Leave a Comment