Ucapan Bahasa Inggris Yang Umum Digunakan Front Desk
Front Desk atau lebih dikenal dengan receptionist atau custome service officer di beberapa perusahaan adalah sebuah pekerjaan yang langsung dibawahi oleh departemen Front Office. Front desk bertugas untuk melayani tamu yang datang langsung atau menerima telepon. Selain itu, seseorang yang bekerja di bagian ini harus dituntut dapat berkomunikasi baik dalam tulisan ataupun berbicara terutama dalam bahasa Inggris dan berpenampilan menarik, serta memiliki pengetahuan yang luas mengenai hotel tersebut. Dalam pekerjaan ini, speaking English is mandatory. Belajar bahasa Inggris front desk akan sangat membantu mengasah kemampuan kalian. Serta, dengan belajar bahasa Inggris front desk akan membuat kalian lebih percaya diri ketika berkomunikasi langsung dengan tamu.
Berikut beberapa ungkapan yang berkaitan dengan tata cara/urutan pekerjaan dalam front desk.
Check-In
- Warm greetings upon guest arrival (Ucapan salam pada saat tamu datang)
Example: “Good morning/afternoon/evening, welcome to Sani’s Hotel. (“Selamat pagi, selamat datang di Hotel Sanis”)
- Reconfirming reservation details (Mengkonfirmasi detail reservasi)
Example: “Your reservation is one standard room from 4th till 8th. May I have copy of your voucher please?” (Resevasinya adalah satu kamar standar dari tanggal 4 sampaui 8. Bisakah saya minta salinan vouchernya)
- Room required not available (Kamar yang dibutuhkan tidak tersedia)
Example: “Mr./Mrs. Ronald I am very sorry to inform you that, the room as required is not available. We will find the alternative room for you” (Bapak Ronald, saya minta maaf karena kamar yang Anda inginkan tidak tersedia. Kami akan mencari kamar yang lain untuk Anda)
- Registration process (Proses registrasi)
Example: “May I have your passport please?” (Bisakah saya minta paspornya?)
“Please fill out the registration form and kindly put your signature” (Silahkan mengisi formulir pendaftaran dan isi tanda tangan Anda)
- Deposit payment (Pembayaran deposit)
Example: “How would you settle your payment?” (Bagaimana Anda melunasi pembayarannya?)
Check-out
- Warm greetings upon guest departure (Ucapan salam pada saat tamu meninggalkan hotel)
Example: “Good morning/afternoon/evening, Mr./ Mrs. Ronald. How was your stay with us?”(Selamat siang Bapak Ronald. Bagaimana kesan Anda tinggal bersama kami?)
- Communicating with housekeeping (berkomunikasi dengan bagian housekeeping)
Example: “Room number 45 check out” (Kamar nomor 45 sudah check out)
- Additional Charge (Biaya tambahan)
Example: “Do you have any additional consumption on the mini bar?” (Apakah Anda mengkonsumsi makanan tambahan di bar?)
- Guest Invoice (Bukti pembayaran tamu)
Example: “Please kindly check your folio”
- Supporting bills
“Do you need all the supporting bills of your folio?”
- Guest dispute (Perselisihan antar tamu)
“Let me communicate it with related department. Would you mind waiting for few minutes?”
- Lost & found item in guest room (Barang yang hilang)
“Our housekeeping found some items left in your room.”
- Billing settlement (Pelunasan pembayaran)
“How would you settle your folio?”
- Guest comments (Komentar tamu)
“Please kindly fill out the guest comment. Your valuable input is highly appreciated”
- Transportation arrangement (Pengaturan transportasi)
“Do you need taxi to be arranged?” (Apakah Anda perlu disediakan transportasi ke bandara?)
- Advance booking for future arrival (Pemesanan kamar di awal untuk waktu yang akan datang)
“May I assist you to make advance booking for your next visit to our hotel?” (Bisakah saya membantu Anda untuk pemesanan kamar di awal jika Anda mengunjungi hotel kami di kedepannya?)
THANK THE GUEST
Well itulah beberapa ungkapan bahasa Inggris umum yang biasa digunakan untuk posisi front desk, semoga bermanfaat untuk digunakan di dunia pekerjaan. Yuk belajar dan praktekkan terus menerus ucapan bahasa Inggris front desk agar kemampuan bahasa Inggris kalian semakin terasah dan terampil dalam dunia kerja.
Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?
Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.
Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya.
Solusinya untuk bisa bahasa inggris adalah dibawah ini
- Pertama, ganti bahasa smartphone kamu menjadi English.
- Kedua, praktikkan percakapan Bahasa inggrismu secara rutin dengan teacher terbaik sebagai pemandu.
- Ketiga, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. Bisa memilih belajar secara virtual ZOOM langsung bersama teachernya dengan GARANSI 100% UANG KEMBALI untuk kepuasan belajar.
English Cafe Bali adalah lembaga profesional dalam program belajar Bahasa Inggris On-line dan langsung. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL Preparation, Speaking dan kelas percakapan, dan program spesial untuk karyawan dari berbagai bidang pekerjaan juga tersedia. Program terbaik dengan jadwal yang bisa sesuai permintaan untuk belajar Bahasa inggris bersama teacher terbaik dan terakreditasi. Ada TES BAHASA INGGRIS GRATIS juga lho!
Hubungi kami segera di WhatsApp 087838733111, telepon 0361481910, atau Email ke [email protected] untuk ambil kelas Bahasa inggrismu sekarang. Dapatkan garansi 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas teacher, sistem pembelajaran dan platform kami. NO HURT FEELING GUARANTEED