fbpx

Ucapan Bahasa Inggris Yang Umum Digunakan Front Desk

Gede Murta

 

download

Masih terkait tentang bekerja di bidang perhotelan. Artikel kali ini akan membahas tentang tata cara/urutan pekerjaan yang digunakan dalam Front desk. Apa itu front desk? Front Desk atau lebih dikenal dengan receptionist adalah pekerjaan yang bekerja di bawah departemen Front Office. Front desk bertugas untuk melayani tamu yang datang langsung atau menerima telepon. Selain itu, seseorang yang bekerja di bagian ini harus dituntut dapat berkomunikasi dengan baik dan berpenampilan menarik, serta memiliki pengetahuan yang luas mengenai hotel tersebut.

Berikut beberapa ungkapan yang berkaitan dengan tata cara/urutan pekerjaan dalam Front desk.

Check In

  • Warm greetings upon guest arrival (Ucapan salam pada saat tamu datang)

Example: “Good morning/afternoon/evening, welcome to Sani’s Hotel. (“Selamat pagi, selamat datang di Hotel Sanis”)

  • Reconfirming reservation details (Mengkonfirmasi detail reservasi)

Example: “Your reservation is one standard room from 4th till 8th. May I have copy of your voucher please?” (Resevasinya adalah satu kamar standar dari tanggal 4 sampaui 8. Bisakah saya minta salinan vouchernya)

  • Room required not available (Kamar yang dibutuhkan tidak tersedia)

Example: “Mr./Mrs. Ronald I am very sorry to inform you that, the room as required is not available. We will find the alternative room for you” (Bapak Ronald, saya minta maaf karena kamar yang Anda inginkan tidak tersedia. Kami akan mencari kamar yang lain untuk Anda)

  • Registration process (Proses registrasi)

Example: “May I have your passport please?” (Bisakah saya minta paspornya?)

                “Please fill out the registration form and kindly put your signature” (Silahkan mengisi formulir pendaftaran dan isi tanda tangan Anda)

  • Deposit payment (Pembayaran deposit)

Example: “How would you settle your payment?” (Bagaimana Anda melunasi pembayarannya?)

 

Check Out

  • Warm greetings upon guest departure (Ucapan salam pada saat tamu meninggalkan hotel)

Example: “Good morning/afternoon/evening, Mr./ Mrs. Ronald. How was your stay with us?”(Selamat siang Bapak Ronald. Bagaimana kesan Anda tinggal bersama kami?)

  • Communicating with housekeeping (berkomunikasi dengan bagian housekeeping)

Example: “Room number 45 check out” (Kamar nomor 45 sudah check out)

  • Additional Charge (Biaya tambahan)

Example: “Do you have any additional consumption on the mini bar?” (Apakah Anda mengkonsumsi makanan tambahan di bar?)

  • Guest Invoice (Bukti pembayaran tamu)

Example: “Please kindly check your folio”

  • Supporting bills

“Do you need all the supporting bills of your folio?”

  • Guest dispute (Perselisihan antar tamu)

“Let me communicate it with related department. Would you mind waiting for few minutes?”

  • Lost  & found item in guest room (Barang yang hilang)

“Our housekeeping found some items left in your room.”

  • Billing settlement (Pelunasan pembayaran)

“How would you settle your folio?”

  • Guest comments (Komentar tamu)

“Please kindly fill out the guest comment. Your valuable input is highly appreciated”

  • Transportation arrangement (Pengaturan transportasi)

“Do you need taxi to be arranged?” (Apakah Anda perlu disediakan transportasi ke bandara?)

  • Advance booking for future arrival (Pemesanan kamar di awal untuk waktu yang akan datang)

“May I assist you to make advance booking for your next visit to our hotel?” (Bisakah saya membantu Anda untuk pemesanan kamar di awal jika Anda mengunjungi hotel kami di kedepannya?) 

THANK THE GUEST 

Well itulah beberapa ungkapan mengenai umum dalam front desk, semoga bermanfaat untuk digunakan di dunia pekerjaan. Di English Café, kalian juga bisa belajar bahasa Inggris yang menjurus atau lebih dikenal dengan istilah ESP (English for Special Purposes) seperti contoh ungkapan di atas, kalian bisa mempelajari bahasa Inggris di bidang perhotelan. Nahh mau tahu banyak tentang materi yang akan diberikan? Yuukk gabung bersama kami. You’ll get addicted to it. Coba kelas gratisnya juga yuukkk… Dijamin gratiissss…

Leave a Comment