fbpx

Trik Mudah Belajar Conjunctions

Gede Murta

Fanboys

Dilihat dari judulnya mungkin banyak diantara kalian yang mengira artikel ini akan membahas tentang penggemar fanatik seorang artis. Eits… bukan ya! Di artikel ini kita akan membahas mengenai conjunctions atau kata penghubung. Tapi… kenapa FANBOYS? Mau tau ‘kan? Yuk, kita baca artikel ini.

Jika seseorang sering merasa kesulitan menghafal sesuatu, ia akan menemukan sebuah cara yang bisa memudahkannya menghafal. In this case, kalau kalian masih sulit menghafal jenis-jenis conjunctions dalam bahasa Inggris, kalian harus ingat kata “FANBOYS”. Kata ini adalah sebuah akronim yang berarti For, And, Nor, But, Or, Yet, dan So. Ketujuh kata penghubung ini adalah coordinating conjunctions atau kata penghubung yang menghubungkan kata, frase, atau klausa yang jika dilihat secara gramatikal adalah serupa atau sama. Supaya lebih jelas, kita lihat contoh dibawah ini ya.

  1. For – digunakan untuk menjelaskan alasan atau tujuan (sama seperti because).

Contoh: “I gained a lot of weights, for I have a sweet tooth.”

  1. And – menambahkan sesuatu.

Contoh: “That chicken soup is hot and delicious.”

  1. Nor – digunakan untuk menambahkan kata/frase/klausa yang bersifat negatif dengan kata/frase/klausa negative yang sudah ada sebelumnya.

Contoh: “Bill refuses to eat peas, nor will he touch carrots.”

  1. But – digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang berlawanan.

Contoh: “My dog enjoys being bathed but hates getting his nails trimmed.”

  1. Or – digunakan untuk menunjukkan sebuah alternative atau pilihan.

Contoh: “You can eat your cake with a spoon or fork.”

  1. Yet – digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang berlawanan dari yang sebelumnya telah disebutkan (serupa dengan but).

Contoh: “I always take a book to read, yet I never seem to turn a single page.”

  1. So – digunakan untuk menunjukkan efek, hasil, akibat, atau konsekuensi dari suatu hal.

Contoh: “I am a strict vegetarian, so I don’t eat any meat.”

Banyak sumber yang mengatakan bahwa kita tidak boleh memulai sebuah kalimat dengan menggunakan conjunction atau kata penghubung. Namun, itu tidak sepenuhnya benar karena terkadang kita akan menulis kalimat yang panjang. Dengan menggunakan kata penghubung yang tepat sebagai awalan kalimat, kita bisa memisah satu kalimat panjang menjadi beberapa kalimat pendek yang lebih mudah dimengerti. Namun, penggunaan kata penghubung sebagai awalan kalimat sebaiknya dibatasi. Penggunaan yang berlebihan akan menyebabkan struktur tulisan akan menjadi berantakan.

Ingin belajar tentang jenis-jenis conjunctions lainnya? Tunggu apalagi sih, datang ke English Café yuk. Gak hanya conjunctions, tapi kita juga akan belajar bahasa Inggris yang lengkap dan pastinya sesuai dengan kemampuan dan keinginan kalian. Hubungi kami di official Line kami di englishcafebali atau telepon ke (0361) 481910 untuk informasi lebih lanjut. Psst, udah tau belum kalau kita ada kelas gratis setiap hari? J

Leave a Comment