fbpx

Sudah Kursus Bahasa Inggris Tapi..

Gede Murta

Siapa disini yang bahasa Inggrisnya belum jago? Ada nggak diantara kalian yang merasa sudah belajar bahasa Inggris selama bertahun-tahun plus kursusnya juga, plus bimbingan belajar yang berbeda di setiap tingkatan sekolah, plus belajar kelompok sewaktu sekolah tapi kalian belum menguasai bahasa Inggris? Hmm.. berapa jam sudah kalian habiskan untuk belajar bahasa Inggris?

Kursus memang dirasa cukup penting untuk menunjang kebutuhan belajar, tapi harus tahu juga sejauh mana kebutuhan tersebut harus kalian penuhi. Jika kalian sudah mengikuti kursus tapi belum bisa menguasai bahasa Inggris dengan benar, coba introspeksi dulu deh pribadi kalian apakah salah satu ini menjadi alasannya?

1. Malas

Hihihi, nggak dipungkiri ya malas adalah titik tertinggi dari comfort zone kalian untuk tidak melakukan apapun 😀

Baik ketika saya sekolah dan kuliah, banyak siswa yang ikut kursus bahasa Inggris hanya karena ikut-ikutan. Ada pula yang ikut tes TOEFL karena keharusan sebagai salah satu syarat kelulusan (tapi ajaibnya semua lolos, padahal beberapa diantaranya mengaku bahasa Inggrisnya masih sangat di tahap dasar) sehingga oleh karena zona nyaman tersebut target belajar bahasa Inggris adalah untuk nilai, bagaimanapun caranya.

Kemalasan yang timbul yaitu malas untuk mempelajari dan mengembangkan apa yang sudah diperoleh. Sepulang kursus, pelajaran seketika terlupakan karena tidak diulang dan diulas kembali. Maka dari itu, jangan malas, be creative dan manfaatkan semua bahan ilmu yang dimiliki untuk membuat kalian semakin berkembang.

2. Belum Berani Show Off

Show off memang terkesan agak negative, tapi dalam hal belajar bahasa Inggris, show off sangat diperlukan dalam praktek. Kelancaran berbahasa adalah milik mereka yang berani bertanya, berani berucap meski salah, dan selalu berpartisipasi di dalam kelas.

Kelancaran berbahasa bukan milik orang yang terus berkutat dengan rasa malu dan rasa takut. Diam memang emas, tetapi tidak berlaku disini. Jadi jangan takut untuk mengucapkan sesuatu, karena semua bisa dikoreksi.

3. Tentukan tempat kursus sesuai kebutuhan, jangan salah pilih..

Jika menurut kalian belajar secara otodidak tidak bisa membantu, itu tandanya kalian memerlukan bantuan dari tempat kursus atau orang-orang yang berpengalaman. Untuk memilih tempat mana yang sesuai dengan kebutuhan kalian, tentukan dulu tujuan dalam belajar.

Apakah kalian ingin belajar privat atau berkelompok, di bidang apa kalian ingin meningkatkan kemampuan? Berbicara, atau grammar? Jika ingin berbicara bahasa Inggris dengan baik, maka jangan ikuti kursus-kursus bimbel yang mengedepankan pada tata bahasa. Sebaiknya kalian mengikuti kelas conversation.

Kemudian, apakah kalian perlu penutur asli atau native speaker? Carilah tempat yang menyediakan guru native di kota kalian.

Mau tahu info lengkap tentang kursus terbaik di Bali? Hubungi segera (0361) 481 910 untuk mendapatkan penawaran menarik. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment