fbpx

Perlu Atau Tidaknya Kursus Bahasa Inggris

Gede Murta

Kemampuan berbahasa Inggris yang baik bahkan fasih sangatlah membanggakan bagi setiap orang, karena hal tersebut dapat mempermudah komunikasi dengan orang asing menggunakan bahasa mereka. Ketika kita memahami hal tersebut, tentunya kita harus merasa bangga, karena jelas sekali bahwa paling tidak kita memiliki modal berharga dalam diri sendiri untuk menunjukkan kemampuan dan kualitas personal.

Pertanyaan “Perlukah saya kursus?” itu sering dilontarkan oleh setiap orang yang merasa dirinya masih kurang mampu berbicara bahasa Inggris, baik itu pelajar, maupun professional di dunia kerja.

Keyakinan untuk mengambil kursus atau tidak masih membingungkan, apakah kursus sebagai kebutuhan atau hanya sekedar trend.

Let’s analyze first. Beberapa hal ini mungkin perlu ditinjau kembali, utamanya mengenai tujuan kalian belajar bahasa Inggris. Bagi anak sekolah/kuliah, apakah dengan kursus nantinya dapat meningkatkan nilai akademis? Atau mungkin kalian mengikuti kursus bahasa Inggris untuk meningkatkan jenjang karir bagi para professional?

Terlepas dari itu semua, secara umum, ada dua pilihan berkenaan dengan tujuan yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan mengambil suatu program kursus.

1. Kalian ingin meraih nilai akademis tinggi

2. Kalian ingin bisa berbicara bahasa Inggris

information and understandingPoin yang pertama, tentulah tidak begitu penting bagi yang menginginkan opsi yang kedua. Sebaliknya poin yang kedua, inilah yang sebenarnya dicari siapa pun orang yang ingin menguasai bahasa Inggris: berbicara dengan lancar, tanpa ada keraguan dan, terutama, pesan yang dikirimkan sampai ke lawan bicara.

Banyak orang berasumsi bahwa pelajaran bahasa Inggris yang diperoleh dari tempat kursus tentu akan memudahkan untuk mengerti bukan? Namun kenyataanya tidak demikian.

Setiap tempat kursus yang berkompeten selayaknya memiliki kualitas pengajar yang certified pula. Banyak tempat kursus yang menawarkan iming-iming belajar sampai bisa namun pada akhirnya siswa terhambat di tengah jalan karena kurang tepatnya teknik mengajar yang dilakukan oleh pengajar di lembaga tersebut.

Nah, jika pengajarnya sudah berkualitas, maka keuntungan bagi pelajar adalah, jika ada materi yang kurang dimengerti, sang pelajar dapat menanyakannya langsung pada pengajar sampai ia paham. Keuntungan lainnya adalah materi yang diterima oleh pelajar sudah dirancang sesuai dengan tingkat kebutuhan dan kemampuan yang dimilikinya.

Kurikulum yang biasa digunakan di sekolahan serta tempat kursus sudah teruji dan berkualitas. Namun, semua ini akan percuma saja jika pelajar tidak melatih ilmu tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

Di sinilah letak kekurangan dari metode ini, yaitu jika kita tidak memiliki motivasi untuk belajar di luar dari pelajaran yang kita peroleh dari institusi pendidikan, maka kemampuan kita tidak akan berkembang karena tidak ada yang memonitor untuk belajar.

Kembali lagi ke pertanyaan semula, “Perlukah saya kursus?” Jawabannya juga akan kembali kepada kalian. Kalau kalian merasa bisa tanpa kursus atau hanya mengandalkan bahasa Inggris yang didapatkan di bangku sekolah atau kuliah dulu, tentu itu suatu anugerah. Itu adalah hasil kerja keras kalian untuk bisa menyamakan langkah dengan tuntutan jaman.

Akan tetapi jika sebaliknya, kalian masih perlu dibimbing untuk memperlancar bahasa Inggris, itu adalah bagian dari upaya positif kalian untuk meraih masa depan yang lebih baik dari sebelumnya, dan English Café siap membantu J

Banyak sekali jasa kursus bahasa Inggris di Bali utamanya Denpasar, namun English Café adalah satu-satunya tempat untuk fasih berbahasa Inggris sebagai kemudahan dalam mencapai kemapanan, kesuksesan dan keberhasilan.

Tidak kita pungkiri lagi bahwa setiap manusia itu membutuhkan aktualisasi diri untuk lebih baik lagi dalam segala hal. Harapan akan menjadi kenyataan jika kita mau terbuka dalam berfikir maju untuk masa yang akan datang.

Regards,

English Café Bali

Leave a Comment