fbpx

Percakapan Umum Dalam Bahasa Inggris Pariwisata

Gede Murta

6 topik percakapan umum yang biasanya ditemukan dalam dunia pariwisata/ tourism


Dalam bidang pariwisata, bahasa inggris memegang peranan penting sebagai modal dasar yang perlu dmiliki. Bahasa inggris pariwisata sedikit berbeda dari bahasa inggris umum yang dipelajari di sekolah-sekolah SMP/SMA. Yang membedakannya adalah topik pembicaraannya yang bersifat lebih mengkhusus ke dunia kepariwisataan seperti pemandangan, makanan, tempat, dan lain –lain. Berikut adalah topik – topik percakapan yang sering digunakan dalam bahasa Inggris pariwisata.

 

 

  • Topik tentang tempat dan sarana transportasi

 

Topik yang pertama adalah tentang tempat dan sarana transportasi yang merupakan hal penting yang harus diketahui karena transportasi seperti jembatan penghubung antara turis dengan tempat yang dituju. Pilihan mode transportasi yang sesuai keinginan turis dan kenyamanananya merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Penggunaan dan istilah bahasa inggris transportasi yang tepat akan sangat membantu baik itu turis ataupun pekerja pariwisata. Istilah – istilah seperti; Arrival, Departure, Harbor, Airport, Plane, Ship, dan lain lain perlu dipelajari.

 

 

  • Waktu dan jadwal

 

Topik bahasa inggris yang kedua adalah tentang waktu dan jadwal. Topik seperti waktu kedatangan, waktu dan jadwal keberangkatan, waktu restoran tutup, waktu dan jadwal suatu momen special di suatu tempat berlangsung  dan berakhir akan sering ditemui oleh pelaku pariwisata. Istilah-istilah seperti: Numbers, Hours, Minutes, O’clock, Half past, A. m atau p. m umum dapat ditemukan dalam topik ini.

 

 

  • Tempat-tempat rekreasi

 

Topik yang satu ini pasti sudah akrab di telinga para pelaku pariwisata. Seseorang pasti ingin melepas lelah, berekreasi di suatu tempat yang nyaman indah. Istilah-istilah seperti: Mounts, hills, beaches, forest, lake, diving spot, river, gallery, art centre akan sering ditemui dalam kepariwisataan.

 

 

  • Tempat makan dan makanan

 

Restaurant terkenal, tempat makan yang enak, makanan khas, makanan unik, makanan lezat dengan nuansa yang tradisional pasti akan dicari oleh para turis setelah melakukan perjalanan sepanjang hari. Selain harus mengetahui tempat- tempat yang menyediakan semua hal tersebut, memakai kata-kata yang tepat dalam bahasa inggris juga tidak boleh dianggap sepele. Istilah-istilah seperti: Kinds of food, Starter/main/dessert, Bill, Eating in, Eating out, Tips, Order, Menu

 

 

  • Tempat istirahat atau menginap

 

Pilihan/rujukan Hotel, penginapan, motel, dan tempat-tempat peristirahatan yang sesuai keinginan turis adalah yang hal yang akan membuat turis terkesan dengan para pekerja pariwisata. Sudah cukup banyak sekolah, universitas, atau lembaga kursus yang akan menyiapkan para siswa yang ingin mempelajari tentang dunia pariwisata. Secara umum, kata- kata yang sering terdengar dalam percakapan di bidang pariwisata adalah: hotel, swimming pool, hotel room, room key, receptionist, special offer, dan lain-lain.

 

 

  • Dokumen dokumen perjalanan

 

Dalam melakukan perjalanan khususnya ke luar negeri, mengurus dokumen perjalanan adalah keharusan. Tidak jarang pelaku pariwisata dihadapakan pada hal – hal seperti ini. Untuk mengetahui calon konsumen/turis yang akan menggunakan jasa pariwisata seperti travel agent, professional guide ataupun information center, mengecek dokumen seperti visa dan mengisi fomulir perjalan sering dilakukan. Istilah/kata-kata seperti seperti: Boarding pass, filling the form, departure card, visa, ID, bussines, education, holiday, vacation dan lain lain perlu dimantapkan agar topik ini dikuasai.

 

Leave a Comment