fbpx

Percakapan Bahasa Inggris Menggunakan Expression of Asking and Giving Suggestion

Gede Murta

Percakapan Bahasa Inggris Menggunakan Expression of Asking and Giving Suggestion

Kapankah expression of Asking and Giving suggestion digunakan? Pernahkah anda berada dalam kondisi dimana kita sedang mengalami masalah dan tidak bisa memecahkannya sendiri, ada baiknya apabila kita meminta saran/nasihat baik dari keluarga, teman, ataupun pacar sekalipun.

Kita juga biasanya meminta saran apabila kita bingung dalam menentukan suatu hal ataupun sebaliknya apabila ada teman yang mengalami hal yang sama, kita bisa memberikan saran kepadanya.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

Menanyakan dan memberi saran dalam bahasa Indonesia tentunya sudah hal yang umum bagi kalian semua.

Namun, hanya sedikit orang yang tahu cara mengungkapkannya dalam bahasa inggris. Ungkapan menanyakan dan memberi saran dalam bahasa Inggris disebut dengan expression of asking and giving suggestion.

Bagi yang belum tahu dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai contoh-contoh ungkapannya, yuk simak baik-baik 2 contoh percakapannya berikut ini.

 

1st dialogue

Percakapan dialog bahasa inggris kehilangan dompet

Beny : Hei Anton, why do you look so sad? (Hai Anton, mengapa kamu terlihat sedih?).

Anton : I have a serious problem today. I have just lost my wallet. (Saya memiliki masalah yang serius hari ini. Saya baru saja kehilangan dompet saya).

Beny : Really? Where did you lose it? (Benarkah? Dimana kamu kehilangan dompetmu?).

Anton : Hmm… Maybe in the park. (Hmm… Mungkin di taman).

Beny : I think you should be more careful with your belongings. (Saya rasa kamu sebaiknya lebih berhati – hati dengan barang-barangmu).

Anton : Yeah, I think so. This is my fault. (Ya saya rasa juga begitu. Ini salah saya).

Beny : Don’t be sad Anton.  I hope you can find it really soon. (Jangan bersedih Anton. Saya harap kamu dapat menemukannya dengan segera).

Anton : Thank you Beny. Do you have any suggestion for me? (Terima kasih Beny. Apakah kamu memiliki saran untukku?).

Beny : If I may suggest, you should go to the park and look for it more detail. (Jika saya boleh menyarankan, kamu sebaiknya pergi ke taman dan mencarinya lebih detail lagi).

Anton : I have looked for it for hours but I did not find it. Do you have another suggestion? (Saya sudah mencarinya selama beberapa jam tetapi saya tidak menemukannya. Apakah kamu memiliki saran lain?).

Beny : Hmm… You would better tell the securities to help you to find it and also announce it to the visitors. (Hmm… Kamu sebaiknya memberitahu pihak keamanan untuk membantumu menemukannya dan juga mengumumkannya kepada para pengunjung).

Anton : Yeah you are right. I will try it. Thank you for your suggestions. (Ya, kamu benar. Saya akan mencobanya. Terima kasih atas saran-saranmu).

Beny : You are welcome Anton. Next time, it is better for you to keep your important stuffs in a safe place. (Terima kasih kembali Anton. Lain kali, sebaiknya kamu menaruh barang-barang pentingmu pada sebuah tempat yang aman).  

Anton : Certainly Ben. (Tentunya Ben).

 

2nd dialogue

Percakapan dialog bahasa inggris menonton TV televisi

Tony : Hei Mery, do you have a free time this Saturday? (Hai Mery, apakah kamu memiliki waktu luang Sabtu ini?).

Mery : Hmm, let me think for a while. I think I am free this Saturday. What’s up Tony? (Hmm, coba saya ingat-ingat. Saya rasa saya tidak ada acara Sabtu ini. Ada apa Tony?).

Tony : Yeah actually I want to invite you to go to the new mall. (Ya sebenarnya saya ingin mengajakmu untuk pergi ke mall baru).

Mery : I’m sorry Tony. I am not interested to go there. The mall is new and I think there will be many people. (Maaf Tony. Saya tidak tertarik untuk pergi kesana. Mallnya baru dan saya rasa disana akan ada banyak orang).

Tony : Yeah I think so. Do you have any suggestion about another place? (Ya saya rasa begitu. Apakah kamu memiliki saran mengenai tempat lain?).

Mery : Yes, I do. Would you like to go to cinema? I heard that is a new movie. (Ya. Maukah kamu pergi ke bioskop? Saya dengar ada sebuah film baru).

Tony : Good idea. What movie is it? (Ide yang bagus. Film apakah itu?).

Mery : A romance entitled “Forever”.  (Sebuah film percintaan berjudul “Forever”).

Tony : I’m sorry Mery. I don’t like romance movie. (Saya minta maaf Mery. Saya tidak menyukai film percintaan).

Mery : That’s okay Tony. What do you think we should watch? (Baiklah Tony. Menurutmu apa yang sebaiknya kita tonton?).

Tony : How about action movie? (Bagaimana jika film laga/aksi?).

Mery : Nice idea. I like that kind of movies. (Ide yang bagus. Saya suka film jenis itu).

Tony : Alright Mery, I think it is better for us to watch action movie because we both like it. (Baik Mery, saya rasa lebih baik kita menonton film laga karena kita berdua menyukainya).

Mery : Of course Tony. See you on Saturday. (Tentu saja Tony. Sampai jumpa di hari Sabtu).

Tony : See you Mery.  (Sampai jumpa Mery).

Nah itu dia guys 2 contoh percakapan mengenai asking and giving suggestion. Penggunaan ungkapan-ungkapannya secara jelas kalian dapat lihat pada kata-kata yang digaris bawahi.

Sekarang kalian sudah lebih paham bukan mengenai penggunaan the expression of asking and giving suggestion.

Keep practicing your speaking skill guys!

Baca Juga : Percakapan Bahasa Inggris Tentang Offering Help Beserta Artinya

Baca Juga : Percakapan Bahasa Inggris Menggunakan Asking and Giving Opinion

Baca Juga : Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tentang Handling Complain

Baca Juga : Mengungkapkan Rasa Simpati Dalam Bahasa Inggris

Baca Juga : Ungkapan Bahasa Inggris Tentang Meminta, Memberi dan Menawarkan Bantuan

 

 

Masih belum paham juga?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Tidak berani membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya.

Solusinya untuk bisa bahasa inggris adalah dibawah ini

  1. Pertama, ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, praktikkan percakapan Bahasa inggrismu secara rutin dengan teacher terbaik sebagai pemandu.
  3. Ketiga, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. Bisa memilih belajar secara virtual ZOOM langsung bersama teachernya dengan GARANSI 100% UANG KEMBALI untuk kepuasan belajar.

kursus belajar bahasa inggris coba gratis sekarang

English Cafe Bali adalah lembaga profesional dalam program belajar Bahasa Inggris On-line dan langsung. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL Preparation, Speaking dan kelas percakapan, dan program spesial untuk karyawan dari berbagai bidang pekerjaan juga tersedia. Program terbaik dengan jadwal yang bisa sesuai permintaan untuk belajar Bahasa inggris bersama teacher terbaik dan terakreditasi. Ada TES BAHASA INGGRIS GRATIS juga lho!

Hubungi kami segera di WhatsApp, telepon 0361481910, atau Email ke [email protected] untuk ambil kelas Bahasa inggrismu sekarang. Dapatkan garansi 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas teacher, sistem pembelajaran dan platform kami. NO HURT FEELING GUARANTEED!

Gede Murta

Gede Murta

Orang biasa yang berharap dapat membuat dan berbagi hal yang luar biasa. Berbagi ilmu terkait belajar bahasa inggris seperti program IELTS dan TOEFL Preparation, General English, ESP atau English for Specific Purposes di lembaga training bahasa inggris, English Cafe Bali. Belajar bisa lebih efektif jika kita mulai dengan hal yang kita suka dan tidak melupakan sisi Fun nya. Suka nonton dan belajar dari film dan video dokumenter youtube di waktu luang seperti tentang pendidikan, sosial, dan lingkungan.

1 thought on “Percakapan Bahasa Inggris Menggunakan Expression of Asking and Giving Suggestion”

Leave a Comment