fbpx

Apa Itu TOEFL? Perbedaan TOEFL PBT CBT dan IBT

Gede Murta

Mau ikut tes TOEFL? Bingung mau ambil yang mana? Artikel ini akan menjelaskan perbedaan TOEFL PBT, CBT dan IBT!
TOEFL

Setiap orang pasti pernah bermimpi bisa kuliah ke luar negeri. Banyak dari mereka berusaha keras untuk mewujudkannya dengan mencari nilai setinggi mungkin. Prestasi merupakan salah satu syarat untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Katakanlah kamu ingin kuliah di Amerika dan prestasimu memuaskan, tapi bahasa Inggrismu masih sangat lemah, maka rencana akan tinggal rencana.

Kenapa? Karena untuk bisa melanjutkan studi di luar negeri, terutama di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, kamu diharuskan memiliki ‘bukti’ bahwa kamu bisa berbahasa Inggris. Dengan mengikuti tes TOEFL, kamu akan selangkah lebih dekat dengan rencanamu berkuliah di luar negeri. Tapi…apa itu TOEFL?

TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Tes ini merupakan tes kemampuan berbahasa Inggris (berlogat Amerika) yang diperlukan sebagai syarat untuk masuk ke universitas di Amerika Serikat atau negara-negara lainnya. Diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat, semua peserta TOEFL berasal dari seluruh dunia terutama dari negara yang memiliki bahasa Ibu selain bahasa Inggris.

Ada tiga jenis TOEFL yang disediakan oleh ETS yaitu PBT (Paper Based Test), CBT (Computer Based Test), dan iBT (Internet Based Test). Persamaan dari ketiga tes ini, sesuai dengan fungsinya, yaitu bisa digunakan sebagai persyaratan untuk melanjutkan studi di Amerika Serikat dan Kanada atau negara-negara lainnya yang membutuhkan. Masing-masing jenis tes TOEFL ini memiliki perbedaan. Supaya kamu tambah ngerti, yuk kita lihat tabel yang menjelaskan perbedaan TOEFL di bawah ini.

 PBTCBTiBT
Materi–    Listening

–    Structure

–    Reading

–    Listening

–    Structure

–    Reading

–    Writing

–    Listening

–    Speaking

–    Writing

–    Reading

MediaSoal-soal tes dicetak di kertas, lembar jawaban berupa LJK (menggunakan pensil 2B)Soal-soal tes dikerjakan di computer (paperless) menggunakan software khususSoal-soal tes dikerjakan di computer dan terhubung dengan ETS melalui internet
Durasi2 – 2,5 jam2 – 2,5 jam4 jam
Skor310 – 6770 – 3000 – 120.

 

Jika tujuanmu mengambil tes TOEFL untuk dijadikan sebagai syarat mendaftar di sebuah perusahaan, maka jenis TOEFL yang kamu ambil tidak terlalu penting karena mereka hanya mementingkan skor dan keaslian sertifikat. Namun, jika kamu mau melanjutkan pendidikan ke luar negeri, maka jenis TOEFL yang akan kamu ambil harus disesuaikan dengan persyaratan yang ditentukan dari sekolah atau universitas yang dituju ya!

Bagi kalian yang ingin belajar grammar, memperlancar speaking, ataupun meningkatkan kemampuan bahasa Inggris untuk keperluan TOEFL atau IELTS, English Café Bali memiliki banyak pilihan program kursus menarik yang pastinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Baca Juga : Dimanakah Tempat Kursus TOEFL Terbaik?

Leave a Comment