fbpx

Perbedaan Arti Kata Assure, Ensure, Insure and Secure

Gede Murta

Hello English learners, kali ini English Cafe Bali akan membahas kata yang sering kali membuat pembelajar bingung dengan artinya yang hampir mirip. Terdapat banyak kata yang cukup familiar namun sering keliru dalam penggunaannya. Beberapa dari banyak kata tersebut adalah Assure, Ensure, Insure dan Secure. Mari kita bahasarti kata assure, ensure, insure dan secure satu per satu.

  1. Assure

Arti kata Assure dalam bahasa Inggris adalah “to tell someone confidently that something is true, so that they do not worry. Only people can feel anxious or doubtful only they can be assured. Things cannot be assured”.

Artinya adalah untuk memberitahukan seseorang dengan tegas bahwa sesuatu itu benar, jadi mereka tidak perlu khawatir. Hanya seseorang yang bisa merasakan cemas/gelisah atau ragu, hanya orang yang bisa dipastikan. Suatu benda tidak bisa dipastikan.

Example: Lesley assured Joan that she’d join the ceremony early.  (Lesley memastikan Joan untuk bergabung ke upacara lebih awal)

  1.  Ensure

Ensure memiliki arti dalam bahasa Inggris “to guarantee an event or condition, to make something certain to happen. People cannot be ensured”.

Artinya untuk memastikan/menjamin suatu keadaan atau kondisi, untuk membuat suatu pasti terjadi. Seseorang tidak bisa dipastikan.

Example: We make an effort to ensure the documents are legitimate.

  1. Insure

Dalam bahasa Inggris, arti kata insure adalah “to guarantee or protect the monetary value of something, usually with an insurance. Places, people and things can be insured”. Yang artinya: “untuk menjamin atau melindungi nilai uang dari sesuatu, biasanya dengan asuransi. Tempat, orang dan benda dapat diasuransikan.

Example: The company is insured for five million dollars.

  1. Secure

Secure berarti “to keep from attack, harm or damage, to get something, sometimes with difficulty.

Yang artinya “untuk menjaga dari serangan, bahaya atau kerusakan, untuk mendapatkan sesuatu, terkadang dengan kesulitan”.

Example: He secured a seat for himself to encounter the final exam.

Bagaimana? Sudah tahu arti kata assure, secure, insure dan ensure? Mudah bukan membedakan pengertian dari ke empat kata di atas. Dari keempat kata di atas sebenarnya memiliki pengertian yang sama yaitu ‘memastikan’, hanya saja konteks pembicaraan yang berbeda-beda. Jadi harus dipastikan, apakah memastikan mengarah ke orang, tempat atau kondisi.

Jangan lupa coba “2 minutes test” di website kami. Dengan mengikuti 2 minutes test tersebut, kalian akan mengetahui kebutuhan bahasa Inggris diambil. Gabung bersama kami dan rasakan pengalaman belajar bahasa Inggris dengan teknik dan metode yang seru dan dijamin tidak membosankan. Penasaran? Datang ke Jalan Gunung Soputan 1 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di 0361 481910 atau melalui WA kami di 0821 4545 8411.

Leave a Comment