fbpx

Affect dan Effect, Beda Nggak Sih?

Gede Murta

Kata – kata dalam bahasa Inggris, memang suuangat banyak jumlahnya. Kamus bisa jadi visualisasi nyata betapa banyaknya kata-kata dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Saking banyaknya, beberapa kata memiliki pengucapan yang berbeda namun artinya sama, dan terkesan membingungkan jika dilafalkan dalam bahasa Inggris, entah itu karena kemiripan maknanya, ejaannya, bunyinya, atau fungsinya. Contohnya adalah perbedaan affect dan effect.

affect, effect

Kedua kata ini memiliki ejaan yang hampir sama, namun berbeda makna dan fungsinya, lho. Mari simak penjelasan atas perbedaan affect dan effect berikut ini:

Affect

Affect adalah kata kerja (verb) yang berarti memengaruhi, melakukan sesuatu yang menghasilkan perubahan/akibat pada seseorang atau sesuatu. Contoh kalimatnya:

  • Did the noise affect your sleep? (Apa kebisingan mempengaruhi tidurmu?)
  • The journal is about how parenting affects child development. (Jurnal itu membahas tentang bagaimana cara mengasuh mempengaruhi perkembangan anak.)
  • The medicine I have just taken affected my concentration on work. (Obat yang saya baru dapatkan mempengaruhi konsentrasi saya saat bekerja).

Affect juga bisa menjadi noun jika menjelaskan ekspresi wajah. Contohnya :

  • Lisa received that bad news with little affect. (Lisa menerima kabar buruk tersebut dengan muka datar).

Effect

Effect bisa berfungsi sebagai kata benda ataupun kata kerja. Sebagai kata benda, effect berarti pengaruh. Sementara itu, sebagai kata kerja effect berarti menyelesaikan/membuat sesuatu terjadi, membawa. Contoh-contohnya:

  • The effect of Tsunami in Aceh was devastating. (Efek Tsunami di Aceh sangat menghancurkan) à dalam hal ini effect sebagai kata benda.
  • The new policies effected many positive changes.
    (Peraturan-peraturan yang baru membawa banyak perubahan positif) à dalam hal ini effect sebagai kata kerja.

Kesimpulannya:

affect-vs-effect

Nah, semoga penjelasan singkat di atas bisa memberi gambaran bagi kalian yang masih di ambang kebingungan mengenai perbedaan affect dan effect. Semoga bingungnya cepat berubah jadi mengerti ya.

Yuk asah terus kemampuan bahasa Inggris kalian dengan mengikuti kursus di English Café Bali. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalu telfon di nomor (0361) 481910 atau WhatsApp di nomor 0821 4545 8411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment