fbpx

Penggunaan kata “Do” dan “Make”

Gede Murta

Mungkin beberapa dari kamu sudah tahu perbedaan penggunaan kata “Do” dan “Make” , namun tidak sedikit juga yang masih bingung tentang cara penggunaannya.

“Do” dan “Make” adalah kata kerja yang paling sering digunakan, dan kata kerja ini memiliki arti yang sama yaitu: membuat, melakukan atau menyelesaikan sesuatu. Terkadang hal inilah yang menimbulkan kebingungan saat menempatkannya pada kalimat.

Sekarang kita akan membahas kapan kita seharusnya menggunakan “Do” dan kapan menggunakan “Make”. Let’s check it out!

Do:  kata “Do” merupakan kata kerja umum yang digunakan untuk menyatakan aksi yang dilakukan,  atau ketika seseorang melakukan suatu kegiatan (aktivitas).

do-and-make1

Example:

  • What are you doing tonight? (bukan, what are you making tonight?)
  • Please wash the clothes, I’ll do the ironing.
  • She does everything for her Father.

Make: kata “Make” merupakan kata kerja yang digunakan ketika seseorang  membuat sesuatu, sebuah pekerjaan yang bersifat membangun atau menciptakan sesuatu.

Example:

  • Tira makes a cake for her mother’s birthday.
  • He has made toys for kids.
  • I’ll make a cup of coffee for you.

Kombinasi penggunaan “Do” dan “Make”

Example: Oh my God! I have to make a cake, I’ll do it now!

Pembahasan: kata “make” di atas menyatakan bahwa si pembicara harus membuat kue, dan kata “do” menyatakan bahwa si pembicara harus melakukan hal tersebut.

 

Yup! Kita sudah membahas cara membedakan “do” dan “make” , sekarang apakah masih bingung tentang penempatan kalimatnya? Kalau kamu mengalami kebingungan lagi, cukup kamu artikan dulu deh dua kata tersebut, kemudian hafalkan.

Do: Melakukan

Make: Membuat

Simple kaaaaan?

2 thoughts on “Penggunaan kata “Do” dan “Make””

Leave a Comment