fbpx

Penggunaan Article A, An, dan The

Gede Murta

Article (a, an dan the), merupakan kata yang digunakan untuk membatasi pengertian dari kata benda. Article dalam bahasa Indonesia disebut juga kata sandang, dan terbagi atas 2 macam yakni definite (article tertentu) dan indefinite (article tak tentu), namun ada juga yang tidak menggunakan article, atau dengan sebutan zero article. Berikut adalah penjelasan beserta contoh penggunaan article a, an dan the yang baik dan benar:

Definite Article

Kata sandang yang digunakan pada definite article adalah THE.

The merupakan article yang digunakan tanpa memandang huruf awalan dari kata sifat/benda yang menyertainya (digunakan dalam countable dan uncountable noun), jadi bisa digunakan untuk huruf mati atau hidup, hanya saja pengucapannya yang berbeda. Misalnya the books dan the book, the apple dan apples, atau the weather, the food, the language, etc.

A.Penggunaan article The dapat digunakan pada hal yang spesifik (telah jelas ataupun telah diterangkan sebelumnya)
meliputi: person (orang), thing (benda), maupun idea (pemikiran).

Misalnya jika saya mengucapkan “I put Biology book there, would you please take the book for me?,” maka si lawan bicara akan mengerti maksud saya untuk mengambil buku Biologi yang sudah saya mention sebelumnya.
Lain halnya jika saya menyebutkan take a book please, maka lawan bicara saya tidak akan mengerti mengambil buku yang saya maksud karena penyebutan ‘a’ itu bersifat tidak spesifik.

B. The juga dikhususkan oleh situasi dimana sesuatu yang dimaksud sudah jelas.
Atau : “Wake up! We’re late, go to the bathroom now!” dan lawan bicara saya pasti tahu akan mandi di kamar mandi yang mana, dan dia nggak akan meminjam kamar mandi tetangga, hehehe.

C. The digunakan ketika suatu kata benda merupakan pengetahuan umum sehingga pembaca sudah paham dengan apa yang dimaksud penulis.

Contohnya ada pada kalimat berikut: She should go to the airport two hours before her departure.

D. Penggunaan article the digunakan pada frasa yang memiliki bilangan ordinal/tingkatan.
Contohnya:
I won Math competition when I was in the eleventh grade (Saya menang kompetisi Matematika ketika saya di kelas 11 – 2 SMA)
The third lesson makes me feel bored (pelajaran ketiga ini membuat saya bosan)

Atau bisa juga untuk menyatakan abad/ dekade

Westlife is very famous boyband in the 1990s.

Internet is one of the most powerful instruments in the 21st century. 

E. Ada pula yang menggunakan the pada sesuatu yang bersifat abstrak misalnya the advantage of good education 

F. Digunakan pada nama-nama berikut ini:

  1. Nama sungai, samudra, laut (misalnya the Mississippi River, the Atlantic Ocean, the Mediterranean)
  2. Teluk yang menggunakan “bay” di awal (misalnya the Bay of Fundy, the Bay of Bengal)
  3. Semenanjung (misalnya the Persian Gulf, the Arabian Peninsula)
  4. Pegunungan (misalnya the Rockies, the Dolomites, the Laurentians, the Bukit Barisan)
  5. Kutub (misalnya the North Pole)
  6. Wilayah geografis (misalnya the Middle East, the South)
  7. Padang pasir dan hutan (misalnya the Gobi Desert, the Black Forest)
  8. Air terjun (misalnya The Niagara Waterfall)
  9. Negara yang bersifat plural (the Indonesian, the United State of America)
  10. Sebelum nama peristiwa penting, jabatan, lembaga, fasilitas umum, surat kabar (the Jakarta Post, the Prime Minister, the World War I, the International High School)
  11. Nama keluarga (the Rich Family, the Beckham family)

Indefinite Article

Penggunaan article a dan an atau yang disebut Indefinite article adalah kata sandang yang sifatnya tidak tentu dalam bahasa Inggris. Keduanya digunakan tergantung pada kata sifat/benda yang menyertainya. A dan an memiliki makna yang sama

Apabila kata sifat/benda itu berawalan huruf mati, atau huruf vokal yang dibunyikan seperti huruf mati, maka artikel ‘a’ digunakan.

Contoh:
a computer
a student
a book

Sedangkan an digunakan apabila kata sifat/benda yang menyertainya adalah berawalan vokal atau konsonan yang dibunyikan vokal:
an hour
an ear
an apple

Catatan:

1. Artikel a, an hanya digunakan untuk kata benda yang dapat dihitung (countable), jadi kata benda uncountable seperti sugar, sand, physics, mathematics tidak bisa diberikan artikel a, an.

2. Jangan gunakan artikel a, an pada kata frasa/kata benda JAMAK! kita tidak bisa mengatakan ‘a computers’ atau ‘a men’. Cukup katakan ‘computers’ atau ‘men’ saja.

Nah, itu tadi penjelasan penggunaan article a, an dan the beserta bedanya Definite dan Indefinite Article. Kalau ada pertanyaan, feel free to drop your comment here 🙂

Leave a Comment