fbpx

Pengertian, Fungsi dan Macam-Macam Noun

Gede Murta

Apa saja macam – maca Noun ? berikut penjelasan macam – maca noun beserta contohnya!

Selain kata kerja (verb), belajar bahasa Inggris juga memerlukan pemahaman terhadap kata sifat (adjective), kata keterangan (adverb), dan juga yang akan kita bahas kali ini; macam – macam noun (kata benda). Noun adalah suatu kata yang digunakan untuk menamai orang, benda, hewan, tempat, dan konsep abstrak.

Kita biasanya menyebut noun dalam bentuk sederhana yang terdiri dari 1 kata,  seperti book, cat, man, etc. Bentuk lain yang sedikit lebih kompleks yaitu berbentuk frasa: noun phrase (my bag, the thick book). Noun phrase merupakan frasa kombinasi antara noun (sebagai inti) dengan modifier. Noun juga mungkin berkolaborasi dengan part of speech lain membentuk kata dengan makna baru yang disebut compound noun (misalnya waterfall, roadshow).

FUNGSI NOUN

Fungsi noun dalam sebuah kalimat bisa sebagai berikut:

Subjek dari sebuah kalimat (contoh kalimat: Rina is singing a beautiful song from Taylor Swift.)

Subjek atau objek pelengkap (contoh kalimat: She is a denstist.)

Objek langsung atau tidak langsung (contoh kalimat: You hit the nail on the head.)

Objek dari sebuah kata depan (contoh kalimat: I live in Denpasar.)

Noun beserta contohnya

Macam beserta contoh noun antara lain sebagai berikut:

  • Countable dan uncountable Noun: countable merupakan kata benda yang dapat dihitung (tomato ~ tomatoes, man ~ men), sebaliknya, uncountable tidak dapat dihitung (cheese, sugar).
  • Proper dan common noun: proper merupakan penggolongan kata benda secara spesifik dimana menggunakan huruf kapital pada huruf awalnya (Jakarta, Gramedia), sedangkan common secara umum (city, shop).
  • Abstract dan concrete noun: abstract merupakan kata benda yang tidak dapat diamati dengan panca indra (love, romance). Kebalikannya, concrete dapat diamati dengan panca indra (book, fluor).
  • Collective noun: untuk menyatakan suatu nama kelompok atau kumpulan (class, deer).

Leave a Comment