fbpx

Mitos dan Fakta Tentang IELTS

Gede Murta

 

how-to-prepare-for-ielts

Jika kalian punya keinginan untuk kuliah ke luar negeri, terutama Australia, kalian pasti cukup familiar dengan IELTS. Tes IELTS memang diperlukan untuk keperluan mendaftar kuliah di Australia. Namun, banyak orang di Indonesia yang memiliki bayangan yang buruk tentang tes ini. Sebagai contoh, banyak dari kita yang beranggapan bahwa tes ini sangat sulit.

Faktanya, tes ini sama saja sulitnya dengan tes kemahiran bahasa Inggris lainnya. Tingkat kesulitan tes ini sangat relatif; kalau tingkat bahasa Inggrismu masih rendah, kamu akan berpikir kalau tes ini sulit, padahal sebenarnya tidak. Masih banyak mitos dan fakta tentang IELTS lainnya. Yuk, kita bahas bersama.

  1. Nilai saya akan berkurang banyak jika tidak berbicara sesuai logat native speaker.

Logat atau accent sangat tidak berpengaruh dalam tes speaking. Penguji tidak akan memikirkan tentang logat apa yang kamu pakai. Nilaimu akan tergantung dari kelancaranmu berbicara (fluency), pelafalan kata (pronunciation), pilihan kosakata yang kamu gunakan (lexical resource), dan pilihan grammar yang kamu gunakan (grammatical range).

Namun jika kamu terbiasa dengan logat bahasa Inggris Amerika, kamu boleh menggunakannya asalkan terdengar jelas dan tidak beresiko menurunkan band score-mu.

  1. Saya bisa memilih jenis module apapun yang saya mau.

Module IELTS terbagi atas dua yaitu Academic dan General Training. Sayangnya, jenis module yang harus kamu ambil harus sesuai dengan tujuanmu ke luar negeri.

Jika kamu akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri, maka kamu mau tidak mau harus mengambil Academic IELTS. Sebaliknya, jika tujuanmu untuk bekerja di luar negeri, kamu wajib mengambil General Training IELTS.

  1. Semakin banyak saya menulis di tes writing, semakin besar juga nilai saya.

Dalam bagian writing, kamu diharuskan menulis sesuai dengan jumlah kata yang sudah ditentukan. Kamu harus menulis 150 kata di writing task 1 dan 250 kata di writing task 2. Jika kamu menulis kurang dari jumlah yang ditentukan, maka nilaimu sudah pasti akan berkurang.

Namun bukan berarti nilaimu akan bertambah bila kamu menulis lebih dari yang ditentukan karena jika tulisanmu memiliki banyak kesalahan, tetap saja nilaimu akan berkurang. Yang terpenting adalah usahakan agar jumlah kata sesuai dengan yang ditentukan, grammar yang tepat, dan vocabulary yang luas.

  1. Saya hanya bisa mengambil tes IELTS maksimal sebanyak tiga kali.

Pernyataan ini tidak benar karena kamu bisa mengambil tes ini sebanyak yang kamu mau. Jika band score-mu kurang dari yang kamu butuhkan, kamu bisa mengambil ulang tes ini sampai kamu mendapat nilai yang kamu butuhkan.

Namun, jarak waktu selama 3 bulan harus kamu tempuh untuk mengambil tes selanjutnya. Hal ini dikarenakan pihak penyelenggara tes menganggap bahwa waktu 3 bulan tersebut akan digunakan untuk mempersiapkan tes berikutnya.

  1. Jika saya memiliki skor yang bagus, saya bisa menggunakan tes ini sebagai bukti kemampuan saya kapan saja di masa depan.

Hasil tes IELTS hanya berlaku selama dua tahun. Kamu bisa menggunakan hasil tesmu dalam kurun waktu tersebut untuk melamar di universitas di luar negeri atau sebagai bukti bahwa kamu mampu berbahasa Inggris untuk tujuan apapun.

Lebih dari dua tahun, kamu harus mengambil tes ulang agar skor IELTS-mu tetap up-to-date.

Nah, sekarang sudah tau kan beberapa mitos dan fakta tentang IELTS. Jangan ragu lagi untuk mengambil tes ini. Orang-orang menganggap tes ini sulit karena mereka tidak terlalu menguasai bahasa Inggris. Jadi jangan takut untuk mengikuti tes IELTS ya, guys! Good luck!!!

Alright guys, itu dia perbedaan kata remind dan remember lengkap dengan contoh penggunaannya dalam suatu kalimat. Adakah yang masih bingung setelah membaca penjelasan tentang perbedaan kata remind dan remember diatas? Atau mungkin kalian masih mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris terutama belajar grammar? Jangan khawatir guys. English Café Bali punya solusinya.

Bagi kalian yang ingin belajar grammar, memperlancar speaking, ataupun meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian lainnya, English Café Bali memiliki banyak pilihan program kursus menarik yang pastinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Dapatkan juga promo spesial berupa diskon kursus hingga Rp. 500.000 bagi kalian yang khusus mendaftar di bulan ini. Ingat, promo hanya berlaku di bulan Januari ini ya guys. So, tunggu apalagi? Yuk buruan daftar segera!

Baca juga:

Leave a Comment