fbpx

Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Listening dalam menghadapi soal UN

Gede Murta

Tempat kursus ujian nasional di baliUjian nasional sudah dekat, tapi  masih bingung bagaimana  cara menghadapi ujian bahasa Inggris. Apalagi kalau sudah dihadapkan kepada ujian listening bahasa Inggris, semua pasti akan ketakutan.

Memang wajar, karena kebanyakan guru bahasa Inggris di Indonesia jarang atau bahkan tidak pernah memberikan siswanya kegiatan listening dalam belajar bahasa Inggris.

Hal ini dikarenakan terbatasnya fasilitas sekolah dan ada juga guru bahasa Inggris yang tidak suka memberikan kegiatang bahasa Inggris listenig.

Tapi tenang saja, buat kamu-kamu yang akan menghadapi ujian nasional atau yang ingin meningkatkan kemamampuan bahasa Inggris. Berikut ada beberapa langkah yang bisa diikuti agar kamu punya kemampuan mendengarkan yang bagus.

1. Mendengarkan lagu bahasa Inggris sesering mungkin.

Buat kamu-kamu yang suka mendengarkan musik, langkah ini bisa jadi langkah yang paling tepat untuk kamu. Mulai sekarang coba isi Hp atau ipod kamu dengan jenis lagu-lagu bahasa Inggris yang kamu sukai  lalu coba kamu tulis lirik dari lagu tersebut tanpa mencarinya di google.

2. Menonton Film Barat tanpa subtitle.

Ketika kamu menonton film barat dengan bahasa Inggris, coba jangan menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Walau awalnya terasa sulit dan kamu tidak mengerti dengan isi ceritanya. Kamu bisa menontonnya lebih dari 3 kali untuk belajar memahami apa yang diucapkan oleh pemeran atau mencoba untuk memahami isi cerita film tersebut.

3. Belajar bahasa Inggris listening online

Langkah berikut yang bisa kamu lakukan adalah mencari beberapa situs-situs bahasa Inggris online di internet yang menyediakan latihan-latihan bahasa Inggris listening. Tapi jangan asal memilih situs bahasa Inggris online, salah masuk situs, kamu bisa saja tidak menambah kemampuan listening bahasa Inggris mu.

Ada berapa situs belajar bahasa Inggris online untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris listening mu antara lain; www.breakingenglish.com yang berisi tentang berita-berita dalam bahasa Inggris, kamu bisa memilih level listeningnya dan juga menyesuaikan kecepatan pengucapan dari speaker.

Kemudian ada www.esl-lab.com berisi banyak rekaman untuk listening bahasa Inggris dan juga terdapat level-levelnya, jadi kamu bisa memilih sesuai dengan level dan topik yang kamu suka. Kedua situs online tersebut juga menyediakan latihan soal listening bahasa Inggris.

Ayo tunggu apa lagi, jangan pernah tunda langkah belajar mu. Semakin sering kamu mendengar dan menggunakannya. Langkahmu untuk lulus ujian nasional bahasa Inggris akan semakin gampang. Come an join us in English café, we’ll get you addicted to English.