fbpx

Mengingat Vocabulary Dengan Mudah

Gede Murta

Kalian pemula? Eits, nggak usah malu kalau baru mulai belajar bahasa Inggris! Itu artinya langkah awal untuk berani menghadapi persaingan di era global ini!

Jangan merasa sendirian meskipun masih pemula. Tahu nggak, meskipun kalian belum mengenal semua kata dalam bahasa Inggris, tetapi kalian bisa mempelajari trik bagaimana mengenal semua kata bahasa Inggris dalam satu rentetan kejadian. Ini trik menghafal sekaligus memahami setiap kata baru agar kalian bisa mengingat kata-kata tersebut.

Yes, kemampuan mengingat super hanya dimiliki oleh orang-orang yang IQ-nya tinggi, dan saya yakin kalian pasti akan merasa kesulitan. Haha, baiklaaah. Kali ini saya berusaha memberikan tips agar kata yang banyak tersebut mudah untuk diingat 🙂

vocabulary

1. Pilih kata yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari

Sepuluh kosa kata bisa kalian temukan hanya kurang dari 1 menit. Bagaimana caranya? Kalian tinggal sebutkan kata kata yang berhubungan dengan kehidupan sehari hari. Misalnya ketika baru bangun, kalian akan ingat bahasa Inggris dari baru bangun adalah wake up. Kemudian ketika baru bangun kalian akan membuka mata (buka : open), menguap = yawn, dan masih banyak kosakata yang kalian dapatkan, padahal belum beranjak ke kamar mandi kan? Hehehe..

Tips: gunakan kamus untuk mentranslate ke bahasa Inggris.

2. Ingat dengan mengulang kegiatan/ memperagakannya/ rangkai 

Jika kata-kata tersebut sudah terkumpul, coba ingat kembali. Gunakan gerakan tangan untuk mengingat atau mengulanginya dalam rangkaian kegiatan setiap pagi. Hafalkan kata-kata tersebut.

Tips: buatlah kalimat sederhana untuk mengingat kata-kata tersebut, misalnya I open my eyes (saya membuka mata).

3. Dekatkan dirimu dengan bahasa Inggris

Punya HP kan? Pasti punya dong! Sosial media juga saya yakin kalian punya paling tidak satu. Atau yang suka main game juga pasti banyak. Nah, ini dia cara terakhir kalian mengingat vocabulary dengan gampang. Ubah semuaaaa media kalian ke dalam bahasa Inggris, dan coba ingat kata-kata apa yang ada di dalamnya. Saya yakin posisinya pasti sama dengan bahasa Indonesia, dan itu menjadi kata-kata baru yang bisa kalian ingat.

Hayo, yang baru memulai belajar bahasa Inggris, tips ini boleh dicoba untuk diterapkan 🙂

Leave a Comment