fbpx

Mengemukakan Pendapat Dalam Bahasa Inggris

Gede Murta

Hai guys! Bagaimana nih perayaan 17-an kalian? Pastinya ada berbagai macam acara ya di daerah kalian. Nah, tentunya pendapat kalian pasti bermacam-macam guna memberi masukan untuk acara-acara yang akan diselenggarakan tersebut. Mungkin ada yang berpendapat acara 17-an di daerahnya kurang seru atau kurang menarik attau mungkin ada yang berpendapat kalau acara 17-annya tahun ini jauh lebih seru ketimbang tahun lalu. Well guys, sah-sah saja kalian mengemukakan pendapat karena setiap orang memiliki hak dalam mengemukan pendapatnya masing-masing dimuka umum kapan saja dan dimana saja. Mengemukakan pendapat dalam bahasa Indonesia mungkin sudah menjadi hal yang lumrah bagi kalian. Nah, bagaimana jika dengan bahasa Inggris? Apakah ada yang tahu bagaimana cara menyampaikan pendapat dalam bahasa Inggris? Cara mengemukakan pendapat dalam bahasa Inggris tentunya berbeda dengan bahasa Indonesia dan pastinya challenging. Agar kalian lebih paham lagi mari kita pelajari contoh-contohnya di penjelasan berikut ini.

Beberapa cara/ungkapan yang bisa digunakan untuk menyampaikan pendapat, diantaranya:

1. In my opinion … (menurut pendapat saya).

Contoh: In my opinion, the blue skirt is better than the red one (menurut pendapat saya, rok yang berwana biru lebih bagus daripada yang berwarna merah).

2. According to me … (menurut saya).

Contoh: According to me, action movie is more interesting than horror movie (menurut saya, film laga lebih menarik ketimbang film horror).

3. Personally, I think that … (secara pribadi, saya pikir bahwa)

Contoh: Personally, I think that she deserved to be the first winner of the speech contest (secara pribadi, saya pikir bahwa dia pantas untuk menjadi juara pertama dalam lomba pidato).

4. I’d say that … (saya ingin mengatakan bahwa)

Contoh: I’d say that your fried rice is very delicious (saya ingin mengatakan bahwa nasi gorengmu sangat enak).

5. As far as I am concerned, … (sejauh yang saya perhatikan)

Contoh: As far as I am concerned, their English skill is improving day by day (sejauh yang saya perhatikan, kemampuan bahasa Inggris mereka kian meningkat hari demi hari).

Baca juga:

6. As far as I know, … (sejauh yang saya tahu)

Contoh: As far as I know, Made’s house is not far from Nyoman’s house (sejauh yang saya tahu, rumah Made tidak jauh dari rumah Nyoman).

7. Some people say that … (beberapa orang mengatakan bahwa)

Contoh: Some people say that Indonesia’s badminton team will get the gold medal in Olympic Games (beberapa orang mengatakan bahwa tim bulu tangkis Indonesia akan memperoleh medali emas di olimpiade).

8. I’m sure that … (saya yakin bahwa)

Contoh: I’m sure that Manchester United F.C. will win the English Premiere League this season (saya yakin bahwa Manchester United F.C. akan memenangkan liga primer Inggris musim ini).

9. From my point of view, … (dari sudut pandang saya).

Contoh: From my point of view, our government has succeeded to improve the quality of education in Indonesia (dari sudut pandang saya, pemerintah kita sudah berhasil meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia).

10. I’m (absolutely) convinced that … (saya benar-benar yakin bahwa).

Contoh: I’m absolutely convinced that we will meet our target for this week (saya benar-benar yakin bahwa kita akan mencapai target untuk minggu ini).

Jika masih kurang jelas, kalian bisa menonton video berikut ini !

Nah itu dia guys ungkapan yang bisa kalian gunakan untuk mengemukakan pendapat dalam bahasa Inggris. Sekarang kalian sudah tidak perlu bingung lagi kan jika ingin mengemukakan pendapat kalian dalam bahasa Inggris karena ini bisa jadi referensi buat kalian ketika sedang diminta pendapat. Praktekkan segera dengan teman atau keluarga agar ketika sedang rapat dan diminta pendapat dalam bahasa Inggris kalian tidak bingung dan sudah hafal serta lancar. Selain menambah daya ingat, mempraktekkan langsung juga memperlancar kemampuan berbicara kalian dalam bahasa Inggris, lho. Semoga penjelasan diatas bisa menambah info dan wawasan kalian ya tentang bahasa Inggris.

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

 

[fusion_button link=”https://www.englishcafe.co.id/kursus-online-gratis-english-cafe/” text_transform=”” title=”” target=”_self” link_attributes=”” alignment=”center” modal=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” color=”custom” button_gradient_top_color=”#ffeb3b” button_gradient_bottom_color=”#ffeb3b” button_gradient_top_color_hover=”” button_gradient_bottom_color_hover=”” accent_color=”#000000″ accent_hover_color=”” type=”” bevel_color=”” border_width=”” border_radius=”” border_color=”” border_hover_color=”” size=”” stretch=”no” icon=”” icon_position=”left” icon_divider=”no” animation_type=”” animation_direction=”left” animation_speed=”0.3″ animation_offset=””]COBA SEKARANG[/fusion_button]

 

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment