fbpx

Mempelajari Tatakrama dalam Belajar Bahasa Inggris Percakapan

Gede Murta

Mulutmu adalah harimaumu, ungakapan ini yang harus sering diperhatikan seseorang ketika mereka melakukan percakapan dengan orang lain. Terkadang tanpa kita sadari ada beberapa kalimat tidak sopan yang kita gunakan saat berkomunikasi dengan seseorang sehingga kita tidak mendapatkan feedback atau balasan yang baik dari lawan bicara kita.

Dalam belajar bahasa Inggris percakapan, menggunakan kalimat-kalimat yang sopan akan sangat membantu kita dalam membangun image yang baik terhadap lawan bicara, jangan sampai terjadi hal yang tidak kita inginkan seperti tersinggungnya lawan bicara.  Untuk menghindari hal tersebut sebiaknya kita mempersiapkan diri kita dengan mempelajari beberapa ungkapan yang sopan dalam bahasa Inggris percakapan.  Ada beberapa ungkapan yang sopan yang bisa jadi referensi dalam belajar bahasa Inggris percakapan.

Pertama, jika kita ingin meminta seseorang untuk tidak menghalangi jalan sebaiknya kita menggunakan kata ‘excuse me’ dengan senang hati orang tersebut akan memberikan jalan agar kita bisa lewat. Tapi jika ita menggunakan kata ‘get out of the way’ itu akan membuat lawan bicara kita menjadi kesal.

Kedua, ketika kita  sedang menelpon atau ditelpon seseorang dan teman yang ada disamping kita meminta bantuan sebaiknya jawablah pemintaannya dengan kata ‘Can you hold, please? I am on the phone’ dengan sendirinya teman kita bisa memahami dan mau menunggu sampai kita selesai  menutup percakapan di telepon.

Ketiga, sebagai manusia yang bersosialisasi kita tidak akan lepas dari meminta tolong dengan orang lain. Contoh simplenya saja kalo kita lagi makan di rumah makan atau restaurant, kita pasti akan meminta menu makanan kepada pelayan. Di situasi seperti ini gunakanlah kata ‘May I have a glass of water, please?’ atau ‘I would like a cup of coffee’ kalimat ini akan terdengar lebih sopan dibandingkan kita mengucapkan ‘ I want a cup of coffee’. Atau mungkin kita ingin meminta pada teman untuk menghentikan sesuatu yang dilakukannya karena kita merasa terganggu, kita bisa menggunakan ‘Would you mind slow your music down?’

Nah itu dia beberapa ungkapan sopan dalam belajar bahasa Inggris percakapan yang bisa kamu jadikan referensi. Mulailah dari sekarang kita jalin komunikasi yang baik sesama lawan bicara kita. Di English Café, kamu bisa belajar bahasa Inggris percakapan dengan metode yang berbeda dengan yang lain.  Kamu akan dimanjakan oleh tutor-tutor kami yang berpengalaman.  Jadi , tunggu apalagi ayo segera gabung bersama English Café.

We’ll get you addicted to English!

ICT access professional