Dealing with guests requests is not easy, guys. Apalagi bagi kamu yang baru terjun langsung bekerja atau training di hotel. Banyak permintaan dari tamu memang membuat kita jengkel, tetapi hal tersebut harus membuat kita tetap stay calm and cool. Hehehe.
Kadang-kadang tamu juga kesal dengan tingkah laku kita yang seakan ‘tidak bisa membaca situasi‘ dengan apa yang mereka inginkan. Deskripsi “kode” permintaan tamu di bawah ini mungkin bisa membantu kamu untuk belajar bagaimana memenuhi permintaan tamu dengan cara baik, sopan dan yang paling penting, tetap stay calm.
1. What they need:
Unsweetened tea
Request description:
I can’t drink this tea, it’s too sweet!;
Ini artinya si tamu kesal karena teh nya kemanisan. Mungkin perlu dicek dulu pesanannya apa, atau mungkin memang kadar ‘manis’ yang dia maksud berbeda dengan apa yang menjadi standar ‘manis’ yang dimiliki restaurant/hotel tempatmu bekerja.
2. What they need:
Mustard
Request description:
I want that yellow sauce you put on hamburgers, not ketchup!;
Nah yang ini sudah jelas, dia pengen mustard, bukan kecap. Well, kadang-kadang kamu perlu mengerti sesuatu yang bukan bidangmu meskipun itu hanya sedikit.
3. What they need:
Ocean view room
Request description:
All I can see from my room is another building. ;
Si tamu merajuk nih, minta ganti kamar yang pemandangannya laut/pantai. Coba dicek dulu dengan pemesanan dia ya, atau mungkin dia memang komplain karena pihak lain yang menawarkan semua kamar hotel lengkap dengan pemandangan laut tapi si tamu malah mendapatkan pemandangan bangunan lain.
4. What they need:
A cab (taxi)
Request description:
Ouch, motorcycle taxis? (ojek nih maksudnya…) They are unconditioned and not much safer!;
Khusus untuk bule-bule yang takut naik ojek atau mengendarai motor. Harap mengerti jika mereka maunya taxi (mobil).
5. What they need:
A baby crib
Request description:
I’m afraid that if she (maksudnya si guest’s baby) sleeps on the bed she will roll off and hurt herself. ;
Si tamu minta agar pihak hotel menyediakan baby crib (tempat tidur bayi) untuk menjaga keamanan bayi dan menghindari dari kecelakaan yang tidak diinginkan.
6. What they need:
Carrying packages
Request description:
Oh, but those are heavier than I thought. ;
Barang-barangnya si tamu tampaknya berat untuk dibawa sendirian nih. Kalau si tamu sudah sampai bilang begini, itu artinya itu sudah menjadi kewajibanmu untuk membantu membawa barang-barang mereka tanpa harus bertanya.
7. What they need:
A freshly pressed suit
Request description:
It’s crucial that I get it done on time; I have a very important meeting in the morning. ;
Ayo ayo, siapkan pakaian yang kencang dan rapi untuk meeting pentingnya si tamu esok pagi!
8. What they need:
A newspaper delivered to room
Request description:
I always start the day by completing the daily crossword puzzle, or get some fresh news. ;
Tamu ini selalu ingin ada koran baru setiap hari di kamarnya untuk dibaca, atau sekedar mengisi teka teki silang.
9. What they need:
Extra blankets
Request description:
It got very cold in the room last night, I could hardly sleep. ;
Komplain begini hendaknya disikapi dengan menambah ekstra selimut di kamar si tamu.
10. What they need:
Housekeeping cleaning later
Request description:
I’m on vacation and want to sleep until at least 2 PM every day. ;
Psst, dilarang membersihkan kamar mereka sampai waktu yang telah ditentukan.
Itu tadi semua “kode” yang dipergunakan tamu untuk agar kamu bisa memenuhi permintaan mereka. Well, selamat bertugas guys, dan jangan lupa: TETAP STAY CALM!