fbpx

Memahami Compound Words Dengan Mudah

Gede Murta

ab519b1532c502ad5f690a453ed6b66a

Siapa sih yang gak tau games yang lagi happening banget ini. Sepertinya hampir semua orang punya games ini di smartphone mereka. Bagi kalian yang belum tau, basically, permainan ini menuntut pemainnya untuk berjalan menyusuri lingkungan di sekitar pemain untuk menangkap Pokémon. Area yang bisa dikunjungi juga beragam. Jika pemain pergi ke daerah perairan, Pokémon yang mungkin ditemukan adalah Pokémon yang berada di air yang berjenis ikan-ikanan. Permainan ini kebanyakan digunakan oleh anak-anak muda, namun tidak sedikit juga mereka yang sudah berusia diatas 30 tahun ikut memainkan permainan ini.

Pokémon Go sudah mewabah di seluruh dunia. Semua kalangan tahu sedikit banyak tentang permainan ini, walaupun beberapa mungkin tidak memainkannya. Jika dilihat dari namanya, Pokémon Go terdiri dari dua kata dan jika dipisah (hanya Pokémon atau Go) maka artinya akan berbeda. Nah, kalau kita kaitkan dengan bahasa Inggris, kata seperti ini disebut sebagai ‘compound words’. Hah… Apa itu compound words? Yuk, kita bahas sama-sama.

Apa itu ‘Compound Words’?

Compound word adalah kombinasi dua kata atau lebih yang menciptakan satu arti. Dalam hal ini, Pokémon Go berarti sebuah permainan di smartphone. Namun jika dipisah, Pokémon saja bisa berarti karakter fiksi atau serial animasi mengenai karakter fiksi tersebut. Sedangkan ‘go’ dalam bahasa Inggris adalah kata kerja yang berarti pergi.

Jenis Compound Words

Ada banyak kata dalam bahasa Inggris yang merupakan compound words. Pernah dengar kata pancake, sister-in-law, dan post office kan? Kalau kalian tahu arti kata-kata ini, berarti kalian secara tidak sadar tahu dan pernah menggunakan compound words. Jika diperhatikan, compound words memiliki 3 jenis:

  • Closed form (bentuk tertutup) = dua kata digabung menjadi satu dan membentuk sebuah arti baru. Contohnya pancake, firefly, airplane, toothbrush, football, etc.
  • Hyphenated form (dengan tanda hubung) = dua kata atau lebih yang digabung dengan menggunakan tanda hubung (-). Contohnya sister-in-law, merry-go-round, mother-in-law, well-being, over-the-counter, etc.
  • Open form (bentuk terpisah) = dua kata yang dipisah dengan spasi namun jika dibaca bersamaan maka akan membentuk arti baru. Contohnya post office, ice cream, full moon, half sister, middle class, etc.

Guess the compound words!

Sudah cukup jelas kan penjelasan diatas? Sudah punya bayangan kata-kata lainnya yang berupa compound words? Kita tes sama-sama, yuk! Kamu tinggal menebak bagian yang kosong agar sesuai dengan artinya. Jawabannya bisa kamu taruh di comment box di bawah, ya!

_____tub = bak mandiPart-_____ = paruh waktu
Eye_____ = alise-_____ = surat elektronik
_____flower = kembang kol_____president = wakil presiden
Tooth_____ = pasta gigi_____room = ruang tunggu
_____flower = bunga matahariSold_____ = terjual habis

Gimana? Gampang ‘kan? Kata-kata diatas ini sudah sangat familiar di kehidupan sehari-hari kita, jadi kalian pasti bisa menjawabnya dengan benar. Tentunya masih banyak lagi compound words lainnya yang (mungkin) jarang kamu dengar. Kalau kalian tertarik dengan segala hal tentang compound words dan ingin belajar lebih dari ini, yuk join dengan English Café sekarang juga! Hubungi kita di (0361) 481910 atau chat langsung di official Line kami di englishcafebali untuk tanya-tanya seputar English Café. See you soon!

Leave a Comment