fbpx

Mem-Favorit-kan Bahasa Inggris

Gede Murta

Kata “Belajar” selalu menjadi tolak ukur saat kamu mau menguasai hal baru, belajar selalu identik dengan materi-materi yang membuat kamu enggan untuk melakukannya. Tapi bagaimana jika kamu diminta untuk menyebutkan hal yang kamu suka? Hal yang jadi favorit kamu? Yang pasti beda cerita dong ya?

Yup! Ketika kamu ingin menguasai sesuatu yang baru, jangan tanamkan kata “belajar” pada hal tersebut, tapi gantilah kata “belajar” dengan kata “favorit”. Jika kamu sudah memfavoritkan hal tersebut, maka saat melakukannya pun kamu jadi fun bukan?

Seperti salah satu contohnya adalah bahasa inggris, mungkin kamu masih berpikir kalau bahasa inggris itu sulit dan menyebalkan. Itu karena kamu sudah menanamkan kata “sulit” di dalam pikiran kamu, karena kamu sama sekali tidak memiliki keinginan untuk mengenali bahasa inggris terlebih dahulu. Namun apa jadinya kalo bahasa inggris kamu jadikan bahasa favorit? Hmm… membicarakan hal-hal favorit selalu menyenangkan, apalagi kalo melakukannya, rasa senangnya double-double deh.

images

Jadikan bahasa inggris sebagai teman dekat yang paling kamu sayangi.

Mau mahir bahasa inggris tapi kok masih dijadikan musuh? Cobalah untuk menghubung-hubungkan hal yang kamu suka dengan bahasa inggris, seperti misalnya: membicarakan aktivitas kesukaan kamu dengan bahasa inggris, membicarakan makanan dan minuman favorit kamu dengan bahasa inggris, tentunya kamu akan lebih excited menggunakan bahasa inggris ketika yang kamu bicarakan adalah hal favorit kamu bukan?

Learning by doing

Sambil menerapkan bahasa inggris dalam keseharian, belajarnya jadi tidak terasa. Ingat jangan tanamkan kata “belajar”, tapi “favorit”! Sekarang kamu tidak sedang belajar, tapi sedang melakukan hal favorit kamu, maka dari itu kamu akan lupa bahwa sebenarnya kamu sedang belajar bahasa inggris dengan melakukannya.

MP3-English-Lessons

Jangan jadikan beban

Ketika kita berpikir bahwa bahasa inggris adalah beban, untuk memulainya saja sudah malas kan? Rasanya pun pasti sangat berat. Lupakan kata beban tersebut, tapi jadikan bahasa inggris hal favorit yang rasanya kurang banget deh kalo tidak diterapkan di kehidupan sehari-hari. Belajar bahasa inggris bukan semata-mata untuk mencapai skor tinggi dan mengumpulkan banyak bintang, namun bahasa inggris adalah kebutuhan yang bisa kamu gunakan dimana saja. Bahasa Inggris tidak akan pernah menjadi beban ketika kamu mencoba untuk mengenali, lalu menyukainya. Melakukan hal favorit, bukan sebuah beban kan?

Jadi, bahasa inggris sudah bisa kamu tambahkan ke daftar hal-hal favorit kamu kan?

 

Leave a Comment