fbpx

Kenapa Belum Belajar Juga? Padahal…

Gede Murta

Banyak orang yang seolah ogah-ogahan kalau menyangkut masalah bahasa Inggris. Katanya toh di sekolah bahasa Inggris hanya sebagai penanda mata ujian saja, toh saya tidak bekerja di bidang yang membutuhkan keahlian berbahasa Inggris.

Atau, ah, saya nggak suka bahasa Inggris karena susah, ribet dan perlu pemahaman yang lebih. Duuh, buang jauh-jauh deh pikiran itu kalau bahasa Inggris bisa memberikan kamu berbagai macam keuntungan yang lebih dari sekedar material. Kalau kamu mau sukses, kamu HARUS belajar bahasa Inggris. Bukan hanya sekedar perlu lagi. Pertanyaannya adalah, kenapa kamu belum belajar bahasa Inggris juga? Padahal…

FACT #1 = Bahasa Inggris digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia!

Bangga? Tentu.

Bayangkan saja, sekian ratus ribu orang (kita sebut saja Bali) dihuni oleh bule dari berbagai belahan dunia. Pariwisata membuat mereka ingin datang ke Bali lagi dan lagi. Peluangnya tentu besar jika kamu bisa berbahasa Inggris dengan baik terutama jika kamu memutuskan untuk bekerja di Bali.

Well, bukan hanya di Bali saja. Sekitar 400 juta orang di dunia yang berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris. Setidaknya, jika kamu bisa berbahasa ini ketika tersesat di negara orang, paling tidak bahasa Inggris adalah bahasa paling ampuh untuk berkomunikasi ketimbang bahasa tarzan.

Kids-line

FACT #2 = Impian keliling dunia menjadi nggak muluk-muluk.

kel

Iri sama presenter TV yang bisa keliling dunia tanpa punya masalah komunikasi? Kamu bisa kok! Kuncinya ya cuma satu, bahasa Inggris. Jika kamu bisa fasih, darimanapun kamu menyebut asal negaramu, kamu tidak akan dipandang sebelah mata oleh orang asing lainnya. Mengenal rute perjalanan, deskripsi sebuah tempat, dan informasi lainnya bisa kamu lahap dengan gampang!

FACT #3 = Peluang beasiswa dan sekolah di luar negeri serasa di depan mata.

Untuk kamu yang sudah menguasai bahasa Inggris, kamu bisa mengambil level yang lebih tinggi lagi agar bisa belajar di luar negeri. Pernah mendengar IELTS atau TOEFL? Yup, dua jenis test itu sangat memberi peluang besar untuk bekerja maupun belajar di luar negeri.

scholarship-auto

FACT #4 = Pertukaran ilmu dan peluang kerja menawan.

Coba deh kamu buka situs language exchange atau pertukaran ilmu. Ada banyak orang asing yang ingin belajar bahasa Indonesia karena mereka terpikat dengan budaya kita dan situasi tempat wisata yang sangat memikat.

Tidak ada salahnya menawarkan ilmu bahasa Indonesia kepada mereka. Teman baru, kerjaan baru, asik kan? Belum lagi peluang pekerjaan translator atau freelance writer untuk tulisan bahasa Inggris yang sangat menjanjikan, itu semua bisa kamu raih kok! No kidding!

FACT #5 = Asiknya menikmati film tanpa subtitle, lagu tanpa lirik dan novel tanpa terjemahan.

Menikmati film, dengerin lagu atau baca novel adalah kegiatan paling asik sejagat raya kalau sedang bosan. Ketemu film bagus tanpa subtitle jadi asik-asik aja ditonton kalau bisa mengerti dengan baik, lagu yang nggak tahu judulnya bisa di-type liriknya di Google kalau punya skill listening yang baik, dan novel asli bisa dibaca tanpa perlu menunggu terjemahannya jika kamu bisa memahami isinya dengan baik.

Itu hanya lima dari sejuta alasan kenapa kamu harus belajar bahasa Inggris. Banyak alasan lain yang masih bisa kamu temukan dalam dirimu sendiri. Mulailah bertanya pada diri sendiri; Kenapa sih saya masih BELUM bisa berbahasa Inggris dengan baik?

Selamat menemukan dan jangan lupa berjuang!

Leave a Comment