fbpx

Kata Untuk Mengungkapkan Pujian

Gede Murta

Pujian untuk orang lain pasti sering kamu ucapkan ke orang-orang terdekatmu, karena mereka telah melakukan pencapaian yang baik, melakukan sesuatu yang hebat dan menakjubkan, atau berhasil melewati sesuatu yang sangat sulit.

Pemakaian kata Good sepertinya sudah biasa kita dengar, seperti “Good job!” atau “Good performance!”. Tapi tahukah kamu jika ada banyak kata lain yang digunakan untuk mengungkapkan pujian? Barangkali informasi ini bisa menambah vocabulary kamu.

Great

Great juga secara harfiah berarti besar tetapi bisa juga menjadi salah satu kata yang sering digunakan oleh seseorang untuk menyatakan pujian atau ekspresi kaget sekaligus gembira.

Example:

  • That was a great job! I love it!
  • Are you inviting me to your party tonight? Great! I’ll be there!
  • You look great!

Awesome

Kata ini menjadi salah satu kata slang paling populer yang digunakan oleh anak-anak muda Amerika. Awesome menyatakan pujian terhadap sesuatu yang disukai oleh mereka.

Example:

  • I’ve never seen a concert like this before. It’s totally awesome!
  • Awesome! I’m in Bali now!

Fantastic

Fantastic menyiratkan ungkapan yang penuh antusias ketika kamu melihat sesuatu yang indah atau menarik. Pengucapan kata fantastic harus penuh dengan penekanan.

Example:

  • This is the most fantastic city I’ve ever seen!
  • She releases a new song? Wow, fantastic!

Cool

Cool memiliki arti harfiah untuk menyatakan temperatur dingin/rendah, tetapi bisa juga digunakan dalam kalimat pujian yang berarti keren. Biasanya digunakan untuk penampilan atau pengalaman seseorang yang menurut orang lain itu luar biasa. Coba lihat perbedaannya dalam contoh percakapan berikut.

Example:

A: What is your hobby, B? (Hobimu apa, B?)
B: Travelling, I love to spend my leisure time outside. (Jalan-jalan. Saya suka menghabiskan waktu luang di luar rumah.)
A: Travelling? Aw, that’s cool! Where have you been? (Jalan-jalan? Keren! Udah kemana aja?)
B: Australia, some countries in Europe, and the last place I’ve visited was Japan. (Australia, beberapa negara di Eropa, dan tempat terakhir yang saya kunjungi adalah Jepang.)
A: I heard it’s Spring now in Japan. (Saya dengar di Jepang lagi musim semi.)
B: Yeah, it’s pretty cool outside, you have to put your coat on. (Yeah, cukup dingin di luar ruangan, kamu harus tetap pakai mantel hangat.)

Perfect

Segala sesuatu yang menurutmu pas dan sempurna, itulah yang bisa kamu gambarkan dalam kata perfect. Penampilan yang sangat bagus juga bisa disebut perfect. Tiduran di atas rumput dan melihat bintang-bintang di langit malam mungkin gambaran kegiatan sempurna yang saya sukai. Bagaimana denganmu? 🙂

Example:

  • I love seeing stars in the night sky. That’s perfect!
  • She looks so perfect today! I’m falling for her again and again.
  • I’m happy for their wedding. They are a perfect couple.

Nice

Nice shoes, nice dress, nice bag… beberapa contoh tersebut bisa digunakan jika kamu melihat temanmu memakai sepatu, gaun atau tas baru yang menurutmu sangat bagus. Penggunaan kata nice biasanya menggambarkan kualitas sesuatu yang bagus.

Example:

  • Nice shoes, mate! Where did you buy it?
  • This restaurant has a nice service. You won’t regret it.

 

Leave a Comment