fbpx

All about Numbers! (Part 2)

Gede Murta

numbers

Siapa sih yang tidak familiar dengan angka-angka dalam bahasa Inggris? Saat kita masih kecil dulu, orang tua kita sering mengajarkan angka satu sampai sepuluh dalam bahasa Inggris. Sebodoh-bodohnya seseorang berbahasa Inggris, ia pasti tahu (paling tidak) angka satu sampai sepuluh. Di kehidupan sehari-hari, kita pasti selalu menggunakan angka. Entah itu membicarakan jam, tanggal, atau uang. Tentu kalian sudah pintar membaca angka dalam bahasa Indonesia. Sekarang kita akan membahas jenis – jenis angka dalam Bahasa Inggris dan cara membacanya dalam bahasa Inggris. Let’s check it out!

  • Jumlah uang

Jika berkaitan dengan uang, semua orang pasti bisa membacanya. Hehe, just kidding! Dalam bahasa Inggris, angka yang tertera akan dibaca menggunakan cardinal numbers. Dalam mata uang asing, tak jarang kita akan menemukan jumlah uang sen. Untuk memisahkan antara jumlah uang utama dan jumlah uang sen, tanda titik dibutuhkan agar terlihat jelas. Coba kita lihat contoh di bawah ini supaya kamu gak bingung.

$25Twenty five dollars
£140One hundred and forty pounds
€52.25Fifty two Euros and twenty five cents / fifty-two twenty five Euros (bahasa sehari-hari)
$25,000.50Twenty five thousand dollars and fifty cents / twenty five thousand fifty (bahasa sehari-hari)
£10.75Ten pounds and seventy five cents / ten seventy-five (bahasa sehari-hari)
  • Ukuran

Cara membaca ukuran dalam bahasa Inggris bisa dibilang cukup mudah. Kamu hanya perlu membaca angka dan keterangan di belakang angka saja. Yang membuatnya sulit adalah jika kamu kurang familiar dengan istilah-istilah ukuran dalam bahasa Inggris. Beberapa ukuran dalam bahasa Inggris tidak sama dengan ukuran di bahasa Indonesia, maka dari itu kamu harus tau dulu jenis-jenis ukuran yang biasa digunakan. Coba lihat contoh di bawah ini.

60mSixty meters
25km/hTwenty five kilometers per hour
11ftEleven feet
2LTwo liters
3tbspThree tablespoons
1tspOne teaspoon
  • Tahun

Membaca tahun dalam bahasa Inggris terbilang cukup rumit. Orang-orang yang belum familiar dengan bahasa Inggris akan membacanya dengan menyebutkan ‘thousand’ seperti penyebutan tahun dalam bahasa Indonesia. Penyebutan tahun dalam bahasa Inggris, harus selalu dibaca dalam dua digit, contohnya 1978, dalam bahasa Indonesia bisa dibaca sebagai seribu sembilan ratus tujuh puluh delapan atau Sembilan belas tujuh delapan. Di bahasa Inggris, penyebutannya menyerupai Sembilan belas tujuh delapan. Jika kamu melihat ada kata BC di belakang tahun, itu berarti sebelum tahun ke-0. Jika tahun yang tertera berupa ratusan, maka kamu akan membacanya menggunakan kata ‘hundred’. Supaya lebih jelas, kita lihat contoh di bawah yuk.

2016Two thousand sixteen / twenty sixteen
2000Two thousand
1944Nineteen forty-four
1908Nineteen o eight.
3250 BCThirty-two fifty BC (Before Christ)
866Eight hundred sixty-six / eight sixty-six
  • Mengungkapkan angka 0 (nol)

Ada beberapa cara mengungkapkan angka nol dalam bahasa Inggris dan caranya pun akan berbeda sesuai dengan konteksnya. Namun, penyebutannya pun akan berbeda sesuai dengan jenis bahasa Inggris yang digunakan. Beberapa cara di bawah ini berlaku untuk penyebutan dalam bahasa Inggris Amerika.

ZeroPenyebutan dalam cardinal numbers, angka decimal, persentase, nomor telepon, dan lainnya.
o (huruf)Penyebutan tahun, alamat, waktu, dan suhu.
NilPenyebutan skor olahraga.
NoughtPenyebutan nol dalam bahasa Inggris British.

Nah, itu dia beberapa jenis angka dalam bahasa Inggris yang paling sering digunakan. Tentunya masih banyak lagi yang lainnya, dan itu jadi tugas kamu untuk mencari tahu. Hehe. Bahasa Inggris itu mudah kalau kamu mencintainya. Happy learning! 🙂

 

Baca juga:

Leave a Comment