fbpx

Istilah – Istilah Hukum Dalam Bahasa Inggris

Gede Murta

Sebagaimana kita ketahui, Indonesia adalah Negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai hukum. Ketetapan hukum tersebut diatur dalam undang-undang dasar tahun 1945. Sebagai warga Negara yang taat, sebagaiknya kita menaati hukum yang berlaku dan tidak melanggarnya. Dan lebih baiknya lagi kalo kita mengetahui sedikit tidaknya tentang istilah-istilah dalam bidang hukum baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Siapa tau nih diantara kalian ada yang bepergian ke luar negeri dah tentunya akan sudah familiar jika menemukan hal-hal yang berkaitan dengan hukum setelah membaca artikel ini.

6384135

Nah, ngomong-ngomong tentang istilah – istilah hukum, bagi beberapa dari kalian yang masih lumayan awam nih dengan hal tersebut, jangan khawatir guys. Di artikel kali ini, kita akan membahas beberapa istilah – istilah hukum di Indonesia beserta artinya dalam bahasa Inggris. Kalian juga bisa lebih memahami arti istilah – istilah tersebut karena dilengkapi dengan contoh kalimatnya. Yuk simak baik-baik penjelasannya dibawah ini.

1. Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 = The 1945 Constitution of The Republic of Indonesia.

Contoh kalimat:

The 1945 Constitution of the Republic of Indonesia was legalized on August 18th 1945 (Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945).

2. Pasal = Article

Contoh kalimat:

The Human right is regulated in article 28 of the constitution (Hak Asasi Manusia diatur dalam pasal 28 di undang – undang).

3. Ayat = Section

Contoh kalimat:

The right to have a decent job has regulated in article 27 section 2 of the constitution (hak untuk mendapat pekerjaan yang layak telah diatur dalam pasal 27 ayat 2 di undang – undang).

4. Hak Asasi Manusia (HAM) = Human Right

Contoh kalimat:

All the people in Indonesia deserve to have an equal human right (semua orang di Indonesia berhak untuk mendapatkan Hak Asasi Manusia (HAM) yang sama).

5. Pelanggar Hukum = Law breaker

Contoh kalimat:

The government released many new effective rules in order to prevent the number of law breakers (Pemerintah mengeluarkan berbagai aturan baru yang efektif untuk mencegah jumlah pelanggar – pelanggar hukum).

6. Ahli Hukum = Jurist

Contoh kalimat:

The jurist renews and analyzes the law regulation every year (ahli hukum memperbarui dan menganalisa peraturan hukum setiap tahun).

7. Pengacara = lawyer

Contoh kalimat:

The lawyer advises and represents client in a courthouse (pengacara memberikan nasihat/saran dan mewakili klien di pengadilan).

8. Hakim = Judge

Contoh kalimat:

The judge’s duty is to lead the process of judiciary (Tugas dari hakim adalah untuk memimpin proses peradilan).

 9. Bukti = Evidence

Contoh kalimat:

The policemen have to find the evidences to arrest the defendant (para polisi harus menemukan bukti – bukti untuk menahan terdakwa).

 10. Witness = Saksi

Contoh kalimat:

The witness gives the truly information and facts about what has actually happened (saksi memberikan keterangan dan fakta yang sesungguhnya mengenai apa yang sebenarnya telah terjadi).

Nah guys itulah beberapa istilah – istilah hukum dalam bahasa Inggris. Mungkin beberapa dari istilah-istilah diatas sudah ada yang kalian ketahui sebelumnya dan tentunya semoga penjelasan diatas dapat menambah wawasan kalian ya mengenai istilah hukum dalam bahasa Ingrris. Bagi kalian yang ingin mempelajari istilah-istilah lain dalam bahasa Inggris, yuk datang dan belajar bersama kami di English Café Bali.

Kalian juga bisa mengikuti kursus coba gratis/free trial disini. English Café Bali beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No 16 A Denpasar dan jika ada yang ingin kalian tanyakan kalian bisa menghubungi kami di nomor (0361) 481910 / whatsapp 0821 4545 8411. Let’s try the free trial and join with us!

Leave a Comment