fbpx

Istilah dan Nama brand dalam Bahasa Inggris yang Masih Sering Salah Diucapkan Orang

Gede Murta

Kalian pasti pernah dengar nama-nama brand terkenal seperti Samsung, Huawei, Xiaomi, Nokia, apple, Lenovo, dan brand Smartphone yang lainnya. Nama – nama tersebut menjadi familiar karena hampir selalu ada di setiap media massa. Terkadang ada beberapa dari nama brand tersebut yang secara keliru diucapkan oleh beberapa orang sehingga berujung ke suatu hal lucu.

Tidak hanya nama brand yang bisa keliru diucapkan, istilah-istilah yang sering seperti Cache dan Gif  dalam hal teknologi komunikasi juga tidak jarang salah pengucapan. Beberapa dari nama brand terkenal dan istilah tersebut mungkin sedikit membuat kita bingung bagaimana mengucapkan nya secara benar. Langsung aja yuk simak penjelasan berikut.

  1. GIF

 Istilah ini didefinisikan sebagai sebuah format dari foto atau gambar bergerak. Kata ini sering muncul di beberapa situs hiburan elektronik seperti Facebook, Instagram, dan twitter. Salah satu situs hiburan yang cukup rutin menyediakan ini adalah 9gag, Meme & Rage Comic Indonesia. Kebanyakan orang mengucapkan nya sesuai dengan tulisan nya yaitu ‘gif’, tapi tahukah kamu bahwa untuk menyebutnya secara benar adalah “jif”.

  1. Meme

 Pasti kalian tidak asing dengan istilah ini. Kumpulan gambar lucu yang berisi tulisan dan karakter lucu ini sering menghiasi media hiburan elektronik seperti Facebook, Instagram, dan 9gag. Meme ini cukup dapat menghibur dengan lawakan – lawakan yang lebih sering mengena dan diangkat dari kehidupan nyata. Untuk dapat melihat beberapa situs penyedia Meme ini, kalian dapat mengecek kembali di nomor sebelumnya.  Kebanyakan orang mengucapkan nya sesuai juga dengan tulisan nya yaitu ‘meme’, padahal pengucapan nya yang benar adalah “meem” atau “mim”.

  1. Cache

Cache adalah tempat menyembunyikan file atau tempat menyimpan file sementara. Istilah ini sangat sering dijumpai ketika kamu ingin membersihkan file-file di smartphone kamu. Salah satu penyebab yang membuat smartphone kamu lemot adalah karena menumpuk nya cache dalam memori smartphone kamu. Nah jadi bagaimana cara mengucapkan nya dengan benar? Cara yang tepat untuk mengucapkan nya adalah “cash”, bukan ‘kech’ maupun ‘key-shey’.

  1. Router

 Pastinya kamu tau alat ini yang merupakan bagian penting dari sinyal wifi yang kamu gunakan. Router ini berfungsi untuk mengubungkan beberapa network, baik jaringan yang mengubungkan teknologi yang sama maupun berbeda. Banyak orang masih mengucapkan nya dengan kata “rowter”, namun pengucapan tersebut tidak salah juga karena  itu berlaku untuk American English. Kalau pengucapan dalam British English yang benar hanya “rooter” saja.

  1. Samsung

Perusahaan smartphone asal korea ini terkenal dengan inovasi nya dan menjadi salah satu perusahaan smartphone yang banyak di minati. Brand ini terkenal dengan smartphone nya yang mempunyai layar cekung. Bagaimana cara mengucapkan nama Samsung dengan tepat? Masih banyak orang yang mengucapkan nya sama dengan tulisan “Samsung” itu sendiri. Pengucapan nya yang benar adalah “Sahm-song” bukan “u” tapi “o”.

  1. Huawei

 Huawei adalah salah satu merk smartphone terbesar yang berasal dari Tiongkok. Perusahaan ini dikenal dengan produk smartphone nya yang mengusung teknologi dual kamera. Huawei juga pernah menjadi vendor untuk membuat smartphone Nexus besutan Google. Ternyata masih banyak orang salah dalam mengucapkan nama brand tersebut. Selama ini orang-orang mengucapkan nya dengan kata “hua-way” atau “hua-wei”, namun yang paling tepat adalah “wah-way”.

  1. ASUS

 Perusahaan komputer PC ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Perusahaan ini sekarang sudah merambah ke smartphone, smartwatch dan perangkat lainnya. Produk dari perusahaan ini seperti laptop nya yang mempunyai spesifikasi mumpuni dengan harga nya yang terjangkau membuat mahasiswa pada khusus nya banyak yang menggunakan nya untuk kebutuhan kuliah maupun gaming. Seringkali kita mengucapkan “a-su-ss”, padahal kata petinggi Asus sendiri pengucapan nya yang benar adalah “ei-seus”

  1. Adobe

 Bagi orang-orang yang bekerja di industri teknologi maupun sebagai desainer pasti sudah familiar dengan nama yang satu ini. Perusahaan ini terkenal dengan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan lain-lain. Film-film dengan grafis dan efek yang canggih pun tidak terlepas dari peran Adobe sendiri. Masih banyak dari kita yang sering mengucapkan nama Adobe dengan “a-dobb”, akan tetapi pengucapan nya yang benar adalah “ado-bee”.

  1. Skype

 Bagi kamu yang suka melakukan video chatting pasti sudah tidak asing tentu nya dengan aplikasi berbasis teknologi P2P (peer to peer) ini. Banyak orang menggunakan skype ini untuk kepentingan pekerjaan, bisnis maupun pribadi. Nah bagaimana cara mengucapkan nama bradn ini dengan tepat? Pengucapan nya yang tepat adalah “skaip”, namun masih ada beberapa orang yang sering mengucapkan nya dengan kata “skaipi”.

  1. Chevrolet

Brand mobil terkenal ini merupakan perusahaan yang berasal dari negeri paman sam atau Amerika Serikat. Bagi kalian para penggemar film fast and furious pasti pernah melihat mobil Chevrolet yang  berukuran besar digunakan sebagai kendaraan polisi untuk mengejar para tersangka kejahatan. Untuk pengucapan nya sendiri yang tepat adalah “shev-ro-lay”, namun masih banyak dari kita yang mengucapkan nya dengan kata “shev-ro-let”.

Nah sekarang kalian jadi tahu kan bagaimana cara mengucapkan istilah-istilah dan nama-nama brand yang benar. Pokok nya jangan sampe salah lagi ya dalam mengucapkan nya, apalagi pas ngobrol sama bule kalo salah mengucapkan nya nanti jadi malu sendiri lho kalian :).

Jika kalian ingin mempelajari Bahasa Inggris lebih dalam lagi, yuk gabung segera dengan English Café Bali. English Café Bali adalah tempat kursus Bahasa Inggris di Bali yang beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No.16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di nomor (0361) 481910. Keep improving your English guys!

Leave a Comment