Penggunaan bahasa Inggris dewasa ini kian masif, dibuktikan dengan semakin banyaknya penutur bahasa Inggris di dunia, termasuk di Indonesia. Menjadi sebuah kebutuhan yang nyaris primer, di negara ini, orang-orang mulai berani menyisipkan bahasa Inggris ke dalam aktivitas sehari-hari, tidak terkecuali saat melakukan kegiatan berlibur.
Kegiatan berlibur erat kaitannya dengan keberadaan jasa akomodasi seperti hotel, villa, resort, dan lain-lain. Jika tamu domestik saja sudah mulai menggunakan bahasa Inggris saat memesan dan berbincang dengan orang-orang yang bekerja di bidang hospitality seperti perhotelan, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa berbahasa Inggris, terutama di Bali, mengingat mereka akan terekspos langsung pada pasar internasional dengan target market global pula.
Dikarenakan hospitality dikenal sebagai jenis bisnis yang bersinggungan langsung dengan pengalaman berlibur serta tingkat kepuasan tamu, sehingga dalam praktiknya para pekerja di bidang hospitality diharapkan untuk selalu siap dan sigap dalam memfasilitasi berbagai keperluan para tamu yang menginap, diimbangi juga dengan kemampuan bahasa Inggris yang cakap.
Hilton Garden Inn di Mata Dunia
Hanya 10 menit Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Bali – tempat berlalu lalangnya pelancong dalam skala internasional – dan sangat strategis menjangkau berbagai lokasi wisata ikonik di Kuta, Hilton Garden Inn adalah hotel berbintang 4 yang menawarkan pengalaman menginap tak terlupakan. Hilton Garden Inn dengan berbagai tipe kamarnya, mulai dari Accessible sampai Suite dengan pemandangan mengarah langsung ke swimming pool sepanjang 35 meter, serta fasilitas kelas dunia lainnya, mampu menunjang kepuasan menginap para tamu.
Dengan pengalaman menginap yang menyegarkan, tamu di hotel ini berasal dari seluruh penjuru dunia dengan beragam latar belakang budaya dan bahasa, sehingga bahasa pemersatu dalam dunia akomodasi seperti ini adalah bahasa Inggris. Demi menjamin kualitas mutu pelayanan hospitality khususnya dalam hal berkomunikasi dengan tamu global, para staff di Hilton Garden Inn dibekali pelatihan bahasa Inggris bersama English Cafe Bali.
Bagaimana Pelatihan Bahasa di Hilton Garden Inn Melalui ESP – Hospitality dari English Cafe Bali?
Program ESP (English for Specific Purpose) – Hospitality menjadi salah satu program andalan English Cafe Bali yang dirancang khusus bagi sederetan bisnis perhotelan atau penyedia jasa hospitality lainnya. Hilton Garden Inn sendiri mengikuti pelatihan bersama English Cafe Bali pada tahun 2018 (Periode Pertama) dan 2019 (Periode Kedua).
Sebagai bukti keseriusannya dalam meningkatkan kualitas dan skill komunikasi para staff, Hilton Garden Inn mengundang dan menjamu English Cafe Bali untuk melakukan pelatihan bahasa Inggris langsung di lokasi Hilton Garden Inn di Kuta.
Pelatihan bahasa Inggris Periode Pertama bersama English Cafe Bali diadakan pada Agustus 2018 dan Periode kedua pada Juni 2019, masing-masing diikuti oleh 14 staff Hilton Garden Inn yang terbagi menjadi 2 kelas berbeda, dengan 10x pertemuan bagi masing-masing kelas. Penempatan kelas dilakukan berdasarkan level kemampuan bahasa Inggris dari para staf yang diuji sebelum terlaksananya pelatihan. Pelatihan sendiri diadakan 2x dalam seminggu.
Pengelompokan kelas ditentukan berdasarkan level kemampuan bahasa Inggris para staf, sehingga staf dari berbagai divisi yang ada akan berkumpul dalam 1 demi kelancaran proses
belajar. Terdapat 2 kelas berbeda: Kelas Level Elementary (Kelas A) dan Intermediate (Kelas B). Para staf mengikuti pelatihan bahasa Inggris di hari yang sama di waktu yang berbeda. Staf hotel yang mengikuti pelatihan bertugas di seluruh divisi yang ada di Hilton Garden Inn seperti Kitchen, Reception, Security, GRO, dan lain-lain.
Pelatihan bahasa Inggris Hilton Garden Inn bersama English Cafe Bali menggunakan kurikulum yang disusun oleh English Cafe Bali yang didistribusikan dalam bentuk modul/buku kepada para staf.
Kualitas berbahasa Inggris para staf yang berhasil ter-upgrade melalui program ESP – Hospitality dari English Cafe Bali, berdasarkan pengamatan pimpinan Hilton Garden Inn, menjadi faktor terlaksananya batch tambahan untuk mengikuti pelatihan bahasa Inggris. Batch pertama pada tahun 2018 dianggap memuaskan dalam meningkatkan mutu kebahasaan para staf sehingga di tahun berikutnya, tepatnya pada Juni 2019, Hilton Garden Inn mengundang English Cafe Bali kembali untuk melakukan pelatihan bagi para staf lainnya. Pelatihan dilakukan dalam jumlah pertemuan dan metode penempatan kelas yang sama seperti pada tahun sebelumnya.
Jamin Keunggulan Mutu Staf Perhotelan dengan ESP for Hospitality bersama English Cafe Bali!
Kurikulum ESP for Hospitality dari English Cafe Bali dirancang khusus demi membantu para staf yang bergelut di bidang hospitality dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan tanpa terganggu oleh kendala bahasa. Komunikasi yang lancar antara staf hotel dan tamu akan menjadi faktor tercapainya indeks kepuasan tamu yang maksimal. English Cafe Bali telah dipercaya berbagai perusahaan dengan beragam industri untuk melakukan pelatihan bahasa inggris para karyawan. Training karyawan di English Cafe Bali bisa menyesuaikan dengan permasalah yang sedang dihadapi perusahaan atau SOP yang telah disediakan. Anda dapat mengatur jadwal dan tempat pelaksanaan training baik secara online maupun offline. Untuk informasi lebih lanjut, silakan konsultasi dengan education assistant English Cafe Bali via WhatsApp ya!