fbpx

Find New Friends with English

Gede Murta

Teman adalah mereka yang menemani kita makan siang bersama atau sekedar minum kopi dan ngobrol, teman juga bisa menjadi partner diskusi untuk beberapa masalah yang kita perlukan solusinya. Menjalin pertemanan itu sangat menyenangkan, apalagi kalo kita bisa memiliki teman di berbagai belahan dunia. Untuk bisa menjalin pertemanan dengan orang-orang yang di luar dari Negara kita Indonesia, maka kita paling tidak harus menguasai bahasa yang mempersatukan komunikasi kita bukan?

Yup! Seperti yang kita tahu, bahasa inggris adalah bahasa internasional, dimana bahasa ini digunakan sebagai jembatan berkomunikasi antar-negara. Kalo kamu suka menjalin pertemanan dengan siapapun dan di berbagai belahan dunia, bahasa Inggris bisa jadi senjatamu untuk berkomunikasi.

Lalu bagaimana cara memulai percakapan dengan teman baru kamu? Berikut adalah tips untuk memulai pembicaraan dan bagaimana caranya agar obrolan tetap nyambung.

Mulailah dengan pertanyaan yang berakhir dengan “Yes” or “No”

Nah pertanyaan jenis ini bisa membantu kamu untuk memulai pembicaraan, kamu bisa memulai dengan pertanyaan seperti : “Do you like beach?”

Jenis komunikasi awal yang seperti ini, adalah untuk mencari tau ketertarikan dari lawan bicaramu, setelah kamu tau ketertarikannya atas sesuatu atau hal, saatnya melangkah ke topik selanjutnya untuk membuat obrolanmu tetap berlangsung.

Cara membuat obrolan tetap berlanjut.

Pertama, dengarkan dengan baik apa yang lawan bicaramu katakan, pelajari tentang topic yang ia jabarkan sambil mendengarkan, lalu buatlah pertanyaan tentang topik tersebut. Pertanyaan yang kamu berikan sebaiknya adalah pertanyaan yang membuka ke arah topic lain, sehingga obrolan akan tetap berlanjut dan semakin seru.

Example: “Where is your favorite place in Bali?” atau “Why do you like the beach?”.

Nah pertanyaan-pertanyaan seperti di atas akan membuka pembicaraan ke topic yang lain, dan obrolan akan tetap berlanjut dengan style “open ended question” yang kamu lontarkan.

Saring topik pembicaraan

Setelah obrolan kamu dengan teman barumu semakin berlanjut dan menyenangkan, jangan lupa untuk menyaring topik pembicaraan ya. Jangan segera memutuskan bahwa teman baru kamu bisa dijadikan teman dekat. Sebaiknya jalinlah pertemanan dengan lebih banyak orang, dari situ kamu bisa mempelajari karakter masing-masing orang dan kamu bisa tau siapa yang paling nyambung dan enjoy ngobrol sama kamu.

Jangan lupa, kamu harus sopan ketika berbicara dengan orang baru. Hindari topik-topik yang sensitif, seperti politik dan agama. Topik obrolan bisa bermacam-macam kok, membicarakan hobi dan minat juga selalu seru kok.

Leave a Comment