Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang digunakan oleh ratusan juta orang di berbagai belahan dunia, setelah bahasa Mandarin. Namun faktanya, bahasa Inggris-lah yang menjadi bahasa penutur resmi paling banyak digunakan. Hampir 53 negara dan 10 organisasi dunia yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Saya yakin diantara kalian yang membaca artikel ini tentu ingin fasih dan mungkin sedang dalam proses belajar bahasa Inggris. Namun tidakkah kalian pernah bertanya-tanya bahwa dari sekian banyak kata-kata dalam bahasa Inggris, manakah kata terpendek, atau bahkan terpanjang, atau yang paling sulit diucapkan? Jika kalian punya pertanyaan tersebut, jawabannya ada disini. Check this out!

english book

UMUM

Dari semua bahasa di dunia, bahasa Inggris memiliki kosa kata terbanyak didunia. Menurut tim riset gabungan peneliti Havard University dan Google mencatat penambahan kosa kata bahasa tertua di dunia itu mencapai 8.500 kata pertahun. Kini jumlah total telah mencapai 1.022.000 kata. Jadi bukan rahasia umum lagi kalau kalian cukup mengalami kesulitan untuk menghafal vocabulary.

Bahasa inggris memiliki sinonim (persamaan kata) terbanyak di dunia. Kalau kalian menonton film atau mendengar lagu (yang paling mudah ditemukan yaitu pada lagu rap), kalian bisa menemukan satu kata dengan arti yang sama. Don’t forget to make a note! 🙂

Bahasa Inggris menjadi bahasa yang kosa katanya paling banyak diserap di dunia

HURUF 
* Huruf yang paling banyak dipakai dalam bahasa Inggris adalah huruf ‘e’. Tahukah kalian bahwa huruf ‘e’ digunakan hampir di setiap kata bahasa Inggris secara umum, dalam karya fiksi dan non-fiksi, jurnalisme, kitab suci dan bahkan kode Morse!

* Huruf ‘e’ juga tergolong huruf vokal yang paling sering digunakan, menyusul kemudian huruf ‘a’.

* Untuk alfabet konsonan, huruf yang paling sering dipakai adalah huruf ‘t’.

* Huruf yang paling sedikit digunakan dalam bahasa Inggris adalah ‘q’ – bukan ‘z’ atau ‘x’.

* Lima huruf yang paling sering muncul sebagai huruf pertama dalam kata bahasa Inggris jika diurutkan adalah ‘t’, ‘o’, ‘a’, ‘w’ dan ‘b’.

* Hampir setengah dari seluruh kata bahasa Inggris diakhiri oleh huruf ‘e’, ‘t’, ‘d’ dan ‘s’.

KATA
* Dreamt (bermimpi) adalah satu-satunya kata bahasa Inggris yang berakhir dengan huruf ‘mt’, yang merupakan ejaan lain ‘dreamed’.

* Jika kalian mencoba mengetik pada baris atas tombol keyboard (baris di tombol QWERTY), Typewriter adalah kata terpanjang yang dapat diketik.

* Pernah berpikir kata apa yang paling sering digunakan? Yap, kata The adalah kata yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris. Kalian boleh mencoba berbicara dalam bahasa Inggris standar yang benar selama 5 menit tanpa menggunakan kata ‘the’. Bisa? Hihihi.

* Kata terpanjang dengan 1 huruf vokal adalah ‘strengths’ (kekuatan), terdiri atas 9 huruf.

* Kata yang paling banyak digunakan dalam percakapan adalah ‘I’.

* Hanya ada empat kata dalam bahasa Inggris yang berakhir dengan suku kata ‘dous’ dan keseluruhannya merupakan golongan kata sifat, yaitu: tremendous (amat sangat baik, dahsyat), horrendous (sangat buruk), stupendous (mengagumkan/menakjubkan) dan hazardous (berbahaya).

* Ada dua kata dalam bahasa Inggris yang menggunakan kelima huruf hidup secara berurutan (a, e, i, o, u), yaitu: abstemious (hemat menjurus ke pelit, bisa juga artinya bebas dari minuman keras) dan facetious (mencoba untuk berkelakar/melucu tetapi dengan cara yang sarkastis).
Ex.
A: We only had a bottle.
B: Very abstemious of you.
atau kalimat berikut:
The monks here have willingly chosen this abstemious life.

* Kata bookkeeper yang artinya pemegang buku, penata buku, bagian pembukuan serta kata berimbuhannya bookkeeping, menjadi satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang memiliki tiga huruf ganda (double letter) berturut-turut tanpa tanda pemisah. Kata lainnya seperti “sweet-toothed” (suka yang manis-manis) perlu diberi tanda pemisah “-“ agar dapat dibaca sebagai kata yang tepat ejaannya.

* Invisibility (kemampuan untuk tidak terlihat) merupakan kata yang memiliki 1 buah vokal dimana huruf ‘i’ yang menjadi vokal dalam kata tersebut diulang sebanyak 5 kali.

* Kata Queue (antrian) adalah satu-satunya kata yang pengucapannya masih sama meskipun empat huruf terakhirnya dihilangkan. Bacanya ya tetap ‘kyu’ seperti membaca alfabet Q dalam bahasa Inggris.

* Hanya tiga kata yang diakhiri dengan CEED, yaitu proceedexceed dan succeed.

* Kata terbanyak yang memiliki paling banyak arti adalah kata set.

* Satu-satunya angka dimana jumlah hurufnya sama dengan angkanya adalah four. (dan… pasti kalian sedang menghitung!)

* Kata terpanjang yang tidak memiliki huruf vocal smaa sekali adalah rhytms.

* Kata yang paling pendek dalam bahasa Inggris adalah kata go yang hampir kalian ucapkan setiap hari untuk daily conversation.

* Kata paling pendek dalam bahasa Inggris yg mngandung kelima huruf vokal adalah eunoia artinya pemikiran yang bagus atau keadaan kesehatan mental yang normal.

* Kata Underground adalah satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang berawal dan berakhir dengan huruf und. Coba cari lagi, ada yang lain nggak?

* Kata Verb yang artinya kata kerja dalam bahasa Inggris sesungguhnya adalah sebuah noun/ kata benda.

* Kata tertua dalam bahasa Inggris yang hingga saat ini masih digunakan adalah Town.

* Hanya ada 2 kata yang berakhiran -gry dalam bahasa Inggris, yaitu hungry (lapar) dan angry (marah).

* Ada kata dalam bahasa Inggris yang terbentuk dari gabungan suku kata dari dua kata berbeda. Kata yang seperti ini disebut “blend” (atau sekarang lebih dikenal dengan “portmanteau word“). Terdapat banyak kata jenis ini dalam bahasa Inggris. Contohnya “brunch” (breakfast + lunch); “motel” (motorcar + hotel); and “guesstimate” (guess + estimate). Perlu diingat bahwa “blend” berbeda dengan “compound” atau “compound noun”, yang merupakan kata bentukan dari dua kata (keseluruhan kata) seperti: “website” (web+site), “blackboard” (black+board), dan “darkroom” (dark+room).

* Pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis (pneu-mono-ultra-microscopic-silico-volcano-coniosis) yang berarti sebuah penyakit paru-paru yang disebabkan karena terhisapnya debu yang sangat halus, yang kebanyakan ditemukan di daerah gunung berapi adalah kata terpanjang yang masuk dalam kamus bahasa Inggris Oxford pada 1936 dan dicetuskan oleh Everett M. Smith. Meskipun saya eja secara terpisah, tetapi kata ini tetaplah sebuah kata yang tidak bisa dipisah penulisannya.

KALIMAT
* Kalian pasti tidak asing lagi dengan kalimat “The quick brown fox jumps over the lazy dog”? Yap, kalimat ini sering digunakan untuk menampilkan contoh tampilan font di komputer. Kalimat ini mengandung ke-26 huruf dari alfabet yang disebut juga pangram.

* Kalimat sempurna yang paling singkat dalam bahasa Inggris adalah “I am.”

* “The sixth sick sheik’s sixth sheep’s sick” merupakan kalimat yang paling sulit diucapkan dalam bahasa Inggris. Wanna try?

P.S. : Dikutip dari berbagai sumber.

Well guys, semoga artikel ini dapat menghibur ketika kalian mengisi waktu luang, dapat memberi inspirasi bagi kalian untuk menemukan fakta unik lainnya tentang bahasa Inggris atau semakin giat mempelajari bahasa Inggris. Good luck!