fbpx

Contoh Undangan / Invitation Text Dalam Bahasa Inggris Beserta Definisinya

Gede Murta

Ketika kita berencana untuk mengadakan acara seperti menikah, ulang tahun, syukuran, dan yang lainnya, mengundang keluarga, kerabat terdekat, ataupun teman-teman kita untuk datang ke acara yang kita adakan merupakan hal yang cukup wajib dilakukan.

Nah, untuk mengundang mereka agar bisa datang ke acara kita, tentunya kita harus memberikan mereka sebuah surat atau kartu undangan. Mungkin kalian semua sudah familiar dengan isi suatu undangan yang sering kalian terima dalam bahasa Indonesia. Namun bagaimana dengan undangan/invitation yang berbahasa Inggris?

Nah kali ini, kami akan mengulas teks undangan dalam bahasa Inggris atau yang dikenal dengan invitation text. Invitation text adalah sebuah teks yang berisi permintaan berupa ucapan atau tulisan yang ditujukan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu atau pergi ke suatu tempat/ acara. Sesuai dengan definisinya tadi, tujuan dari invitation text adalah untuk mengajak atau mengundang seseorang untuk hadir dalam suatu acara tertentu.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

Secara umum, struktur teks undangan/ invitation text adalah sebagai berikut:

1. Receiver/To: berisi nama orang yang dituju/yang diundang.

2. Body of invitation/isi undangan. Isi undangan biasanya berupa hal-hal berikut ini:

  • Subject/ occasion: berisi nama acara yang akan diadakan/ tujuan mengundang.
  • day and date: hari dan tanggal diadakannya acara.
  • time: waktu yang ditetapkan untuk hadir pada acara yang diadakan.
  • place: tempat dimana acara tersebut diadakan/ berlangsung.

3. Sender/from: orang yang mengirim undangan.

Nah guys, selain mengetahui struktur teks undangan, ada baiknya jika kalian juga mengetahui ungkapan – ungkapan yang sering digunakan pada invitation text. Berikut ungkapan – ungkapannya:

  • I invite you to come to …
  • I invite you to join my …
  • Would you like to come to …
  • Would you like to join us …
  • I would like to invite you to ….
  • Request the present of …

Setelah kalian membaca dan memahami struktur teks undangan/ invitation text beserta ungkapan ungkapan yang biasa digunakan pada teks tersebut, berikut ada 2 contoh invitation text yang bisa kalian baca.

Setelah kalian membaca definisi dan contoh dari teks undangan/ invitation text diatas, yuk sekarang kalian coba untuk membuat sebuah teks undangan/ invitation text kalian sendiri. Nah guys, jika kalian merasa kurang PD dengan bahasa Inggris kalian, yuk kursus aja di English Café Bali. English Café Bali adalah tempat kursus bahasa Inggris di Bali yang beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No.16A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di nomor (0361) 481910.

Leave a Comment