fbpx

Contoh Soal Present Continuous Tense beserta Pembahasannya

Gede Murta

Present continuous tense adalah tenses yang digunakan untuk mengungkapakan kegiatan atau aktifitas yang dilakukan saat itu juga.

Salah satu contoh kalimat present continuous tense adalah “I am eating now” yang artinya saya sedang makan sekarang.

Bagi seseorang yang menjalani tes dan dihadapkan dengan pertanyaan seperti ini yang akan lebih rumit. Untuk memahaminya, kita perlu menganalisis dan mempelajari contoh soal present continuous tense beserta pembahasannya.

Berbeda dengan simple present tense yang tidak menggunakan ‘be’ di dalam kalimatnya, pada present continuous tense justru menggunakan ‘be’. Arti ‘be’ di kalimat present continuous tense ini adalah ‘sedang’ berlangsung yang berfungsi sebagai auxiliary verb/kata kerja pembantu.

 

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

 

Analisalah 10 contoh soal present continuous tense beserta pembahasannya berikut ini.

Soal-soal beserta pembahasannya

  1. What’s the gardener doing? He……… the flower.

a. to water   b. water   c. are watering  d. is watering

Jawaban: d

Pembahasan: He is watering the flower. Kalimat tersebut memiliki arti “dia sedang menyiram bunga”. Pada kalimat present continuous tense, terdapat auxiliary verb, yaitu ‘be’ (is, am, are).

Untuk dapat menentukan ‘is, am, are’ yang digunakan, maka harus ditentukan kembali dengan subjek yang digunakan.

Karena di kalimat ini menggunakan subjek ‘He’ maka ‘be’ yang digunakan adalah ‘is’. Subjek lain yang menggunakan ‘is’ adalah ‘she’ dan ‘it’. Perlu diketahui jika setelah ‘is, am, are’, harus diikuti kata kerja dengan imbuhan -ing.

  1.   Listen! Your father …… to a friend right now.

a. talk   b. talks   c. is talking   d. are talking

Jawaban: c

Pembahasan: Listen! Your father is talking to a friend right now. Kalimat tersebut memiliki arti “dengar!

Ayahmu sedang berbicara dengan seorang teman sekarang”. Your father merupakan subjek di kalimat ini yang termasuk ke kategori “dia” She atau He.

Kata father termasuk ke kata ganti subjek sama dengan he, maka dari itu ‘be’ yang digunakan adalah ‘is’.

  1.  I’m sorry about the noise you are hearing. She ……… a concert.

a. practice b. is practicing c. practicing   d. practiced

Jawaban: b

Pembahasan: I’m sorry about the noise you are hearing. She is practicing a concert. Arti dari kalimat ini adalah “maaf atas keributan yang kamu sedang dengar.

Dia sedang latihan untuk sebuah konser”. Karena di kalimat ini menggunakan subjek ‘She’ maka ‘be’ yang digunakan adalah ‘is’.

Subjek lain yang menggunakan ‘is’ adalah ‘he’ dan ‘it’ dengan kata kerja berakhiran -ing, maka menjadi “is practicing”.

  1.  Look! The students……. football in the field now.

a. play    b. plays    c. is playing   d. are playing

Jawaban: d

Pembahasan: Look! The students are playing football in the field now. Arti dari kalimat ini adalah “Lihat! Anak-anak sedang bermain sepak boleh di lapangan sekarang”.

Subjek dalam kalimat ini adalah The students. Kata the students termasuk ke kata ganti subjek plural/jamak sama dengan they, maka dari itu ‘be’ yang digunakan adalah ‘are’, dan diikuti dengan bentuk kata kerja berakhiran -ing.

  1. Jono ……… his kite now. He is at school.

a. isn’t flying b. d. aren’t playing  c. doesn’t fly   d. don’t fly

Jawaban: a

Pembahasan: Jono isn’t flying his kite now. He is at school. Arti dari kalimat ini adalah “Jono tidak sedang menerbangkan layang-layangnya sekarang.

Dia sedang di sekolah”. Kalimat ini merupakan jenis kalimat negatif. Jika ingin membuat kalimat negatif, hanya perlu menambahkan “not” saja setelah ‘be’ jadi tidak perlu menambahkan kata ‘do’ atau ‘does’, karena kata-kata tersebut hanya dipakai di dalam bentuk kalimat simple present tense.

Karena Jono termasuk ke kata ganti subjek sama dengan he, maka dari itu ‘be’ yang digunakan adalah ‘is’, diikuti oleh V-ing (flying).

  1. The children are …….. by the river.

a. fished   b. fish   c. fishing   d. fishes

Jawaban: c

Pembahasan: The children are fishing by the river. Arti dari kalimat ini adalah anak-anak sedang memancing di tepi sungai.

Subjek dalam kalimat ini adalah the children. Kata the children termasuk ke kata ganti subjek jamak sama dengan they, maka dari itu ‘be’ yang digunakan adalah ‘are’.

  1. A: What are the girls doing?

          B: They ….  ………….. card.

a. play  b. played c. are playing  d. have played

Jawaban: c

Pembahasan: They are playing card. Kalimat ini memiliki arti “mereka sedang bermain kartu sekarang”. Karena subjek dalam kalimat ini adalah they, maka ‘be’ yang dibutuhkan adalah ‘are’ dengan kata kerja akhiran -ing. Mengapa jawabannya tidak a?

Karena Jawaban a, termasuk ke dalam kalimat jenis simple present tense dan tentu saja memiliki makna yang berbeda, yang berarti ‘Mereka bermain kartu’ bukan ‘Mereka sedang bermain kartu’.

Bisa saja memiliki arti “Mereka bermain waktu sekarang, besok, dan seterusnya’ atau menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan. Jadi “They are playing card” itu hanya berarti mereka sedang bermain kartu saat ini saja.

  1. Amir and Udin …….. discussing the material now.

a. is    b. are   c. was    d. were

Jawaban: b

Pembahasan: Amir dan Udin are discussing the material now. Kalimat ini memiliki arti “Amir dan Udin sedang mendiskusikan materinya sekarang”.

Amir dan Udin termasuk ke kata ganti subjek jamak yang sama dengan they, maka dari itu ‘be’ yang digunakan adalah ‘are’.

  1. Listen! She’s…….. a beautiful song.

a. sing  b. singing  c. to sing  d. sings

Jawaban: b

Pembahasan: Listen! She’s singing a beautiful song. Kalimat ini berarti “Dengar! Dia sedang bernyanyi lagu yang indah”.

Berhati-hatilah pada penggunaan (‘) pada kata She’s. She’s disana bisa berarti ‘She is’ atau ‘She has’, nah sekarang tergantung pada makna kalimatnya/tensesnya. Jika ‘She is’ kata kerja yang mengikuti selalu kata kerja bentuk -ing/V-ing, sedangkan ‘she has’, kata kerja yang mengikuti adalah kata kerja bentuk ketiga atau yang biasa dikenal dengan sebutan ‘Past Participle’.

Seperti ‘eaten, gone, known, drunk, sung dan lain-lain’ untuk kategori “Irregular Verb” (Kata kerja yang tidak beraturan), untuk yang “Regular Verb” (kata kerja yang beraturan seperti ‘worked, washed, listened, punched, dan lain-lain”.

  1. ……… listening to me now?

a. Is you   b. Are you  c. Was you   d. Does you

Jawaban: b

Pembahasan: Are you listening to me now? Kalimat ini berarti “Apakah kamu sedang mendengarkan saya sekarang?”.

Kalimat ini termasuk ke dalam jenis kalimat pertanyaan atau yang dikenal dengan sebutan ‘Interrogative Sentence’. Perlu diingat, jika ingin membuat kalimat tanya, maka letak ‘be’ terletak di depan atau setelah penggunaan ‘5W 1 H’ seperti Who, What, Where, Why, When, How dan lain-lain.

Contoh: Setelah kata “Where are you going? Setelah kata Where diikuti oleh ‘be’, bukannya menjadi “Where you are going?”.

Jadi Perlu diperhatikan baik-baik ya. Nah, mengapa sekarang bukan yang a jawabannya? Kembali lagi pada penjelasan-penjelasan sebelumnya.

Jika subjeknya ‘She, He dan It’ maka ‘be’ yang digunakan adalah ‘is’, sedangkan subjek I menggunakan ‘am’, dan ‘you, they, we’ menggunakan ‘are’.

Jadi dapat disimpulkan, bahwa present continuous tense digunakan pada saat sedang berlangsungnya sebuah kegiatan atau peristiwa saat itu juga.

Jadi kegiatannya bersifat sementara. Berbeda dengan penggunaan simple present tense, yaitu tentang kebiasaan kita sehari-hari yang terus berulang dan menjadi suatu kebiasaan.

Jika ingin mengetahui kemampuan dasar bahasa Inggris dan mengetahui level bahasa Inggrismu, silahkan coba 2 minutes test di website ini.

Dengan mengikuti 2 minutes test tersebut, kalian akan mengetahui kebutuhan bahasa Inggris yang ingin diambil.

Gabung bersama kami dan rasakan pengalaman belajar bahasa Inggris dengan teknik dan metode yang seru dan djamin tidak membosankan.

Penasaran? Datang ke Jalan Gunung Soputan 1 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di 0361 481 910 atau melalui WhatsApp kami di 0821 4545 8411.

 

2 thoughts on “Contoh Soal Present Continuous Tense beserta Pembahasannya”

Leave a Comment