fbpx

Contoh Soal Past Continuous Tense beserta Pembahasannya

Gede Murta

Past continuous tense digunakan untuk mengungkapkan kegiatan yang sedang dilakukan di masa lalu. Memahami contoh soal past continuous beserta pembahasannya akan sangat membantumu dalam menguasai tenses yang satu ini. Sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai beberapa contoh soal simple past tense beserta pembahasannya. Kalian bisa melihat-lihat kembali pada klik di sini

Kali ini kami memberikan beberapa contoh soal beserta pembahasannya, agar dapat lebih mudah dimengerti dan dapat membedakan mana seharusnya kalimat yang menggunakan “Past tense” dan mana seharusnya dengan menggunakan “Past Continuous”. Untuk lebih jelasnya, berikut pembahasannya.

soal past continuous tense

Beberapa contoh soal past continuous tense beserta pembahasannya

  1. When I saw you in the shop last night, you …………… your new hat.  a. don’t wear b. weren’t wearing c. haven’t been wearing d. haven’t worn

Jawaban: b

Penjelasan: Kalimat yang lengkap adalah “When I saw you in the shop last night, you weren’t wearing your new hat”. Arti dari kalimat tersebut adalah ‘Ketika aku melihatmu di toko kemarin malam, kamu tidak sedang mengenakan topi barumu”. Mengapa jawabannya bukan (a) karena ‘don’t wear’ merupakan jenis kalimat simple present tense dimana kalimat tense tersebut digunakan dalam waktu sekarang (present). Jawaban (b) dan (c) juga demikian karena ada kaitannya dengan keadaan sekarang. Sedangkan past continuous tense merupakan tense dimana kejadiannya berlangsung di masa lampau dan tidak ada sama sekali kaitannya dengan masa sekarang. Jadi kita menceritakan kembali kejadian di masa lampau. Maka jawaban yang paling tepat adalah (b) weren’t wearing yang artinya sedang tidak mengenakan.

 

  1. We ……… in the classroom, when the headmaster entered. a. have all been sitting b. don’t sit c. were all sitting d. are all sitting

Jawaban: c

Penjelasan: Kalimat di atas yang lengkap adalah “We were all sitting” in the classroom, when the headmaster entered” artinya “Kita semua sedang duduk ketika kepala sekolah memasuki kelas. Jenis kalimat past continuous tense biasanya bisa berdiri sendiri tanpa adanya kalimat past tense di dalam kalimat. Seperti “I was reading a book at 11am yesterday” yang artinya ‘Saya sedang membaca buku jam 11 pagi kemarin’. Jadi untuk jawaban (a), (b), dan (d) kurang tepat karena penggunaan untuk jawaban tersebut hanya dapat digunakan pada waktu jam sekarang (present). Jadi jawaban yang paling tepat adalah (c).

  1. The students were doing the test……………. a. while the supevisor was watching them. b. when the director has inspected the class. c. while it is raining. d. since half past seven.

Jawaban: a

Penjelasan: Kalimat yang lengkap adalah “The students were doing the test while the supervisor was watching them” yang artinya ‘Murid-murid sedang mengerjakan tesnya ketika pengawas sedang memperhatikan mereka’. Kalimat past continuous tense dapat digabungkan dengan 2 kalimat past continuous dengan ditambahkan kata penghubung ‘while’ yang artinya ‘ketika’. Ketika dipasangkan dengan kata penghubung ‘while’ maka kedua kalimat dibuat dengan menggunakan ‘past continuous tense’. Biasanya ketika kata penghubung menggunakan kata ‘when’ salah satu kalimat yang digunakan adalah ‘simple past tense’. Mau tahu apa perbedaannya? Ada pada soal berikutnya ya.

  1. When the teacher ……. the exam papers, it became clear to him that several students had cheated. a. is correcting b. was correcting c. had been correcting d. has been correcting

Jawaban: b

Penjelasan: Kalimat yang lengkap adalah “When the teacher was correcting the exam papers, it became clear to him that several students had cheated”, yang artinya ketika guru sedang memeriksa kertas ujiannya, jelas baginya bahwa beberapa muridnya telah berbuat curang. Karena kalimat di atas menggunakan kata penghubung ‘when’ jadi salah satu kalimat menggunakan ‘simple past tense’ dengan kalimat “It became clear to him”. Jadi pilihan jawaban (b) adalah yang paling tepat.

  1. Rini …… ……….. while her mother was washing the vegetables. a. was sleeping b. is sleeping c. has slept d. to sleep

Jawaban: a

Penjelasan: Kalimat lengkap di atas adalah “Rini was sleeping while her mother was washing the vegetables”. Terdapat dua kejadian yang terjadi secara bersamaan pada kalimat di atas. “Rini was sleeping” dan “Her mother was washing the vegetables”, jadi diperlukan kata penghubung ‘while’ dimana dua kejadian sedang berlangsung di waktu yang sama kemarin atau di masa lampau. Jadi jawaban (a) lah yang paling tepat karena jawaban (b), (c) dan (d) merupakan jenis tense untuk  present tense dan present perfect tense.

  1. We were having our lunch when someone…………. at the door. a. has knocked b. is knocking c. to knock d. knocked

Jawaban:d

Penjelasan: Kalimat lengkap di atas adalah “We were having our lunch when someone knocked at the door” yang artinya “Kita sedang makan siang ketika seseorang mengetuk pintu. Nah alasan dari kalimat yang jawabannya tidak menggunakan kata penghubung “while” adalah karena kalimat di atas mengandung dua kata kerja, tetapi satu yang kegiatan yang sedang berlangsung dan yang satunya tidak, yaitu dengan menggunakan kalimat “simple past tense”, jadi ketika kalimat ‘past continuous tense” menggunakan kata penghubung ‘while’ maka kedua kalimat harus sama sama sedang berlangsung. Intinya dari kalimat ‘past continuous tense’ terdiri dari kalimat ‘past tense’ dan satunya ‘past continuous tense’. Jadi jawaban yang paling tepat adalah (d).  

  1. When Tono ….. Ali, he was riding a bike. a. was meeting b. has met c. meets d. met

Jawaban: d

Penjelasan: Kalimat yang lengkap untuk kalimat di atas adalah “When Tono met Ali, he was riding a bike”, yang artinya ‘ketika Tono bertemu dengan Ali, dia sedang mengendarai sepeda. Jadi Past tense dan Past Continuous memiliki arti dimana pada Past Tense menunjukkan bahwa terjadinya aksi/kegiatan yang berdurasi pendek ketika suatu aksi/kegiatan berdurasi panjang sedang berlangsung (Past Continuous Tense). “When Tono met Ali” termasuk ke dalam durasi pendek suatu kegiatan, sedangan “He was riding a bike” merupakan kegiatan berdurasi panjang yang sedang berlangsung. Mengapa jawabannya tidak (a) was meeting? karena “was meeting” merupakan kejadian yang berdurasi pendek, jadi lebih tepat menggunakan ‘past tense’ menjadi “met”. Jawaban (b) dan (c) kurang tepat karena digunakan di masa sekarang (present).

  1. I was sleeping when my father ………. the announcement about me on the radio. a. heard b. hears c. hearing d. will hear

Jawaban: (a)

Penjelasan: Kalimat lengkap di atas adalah “I was sleeping when my father heard the announcement”, yang artinya “Saya sedang tidur ketika ayah saya mendengar pengumumannya”. Penjelasan kalimat ini sama dengan penjelasan di atas. Kalimat “I was sleeping” termasuk ke dalam durasi penjang suatu kegiatan, sedangan “my father heard the announcement” merupakan kegiatan berdurasi pendek yang tidak berlangsung. Jadi bisa disimpulkan bahwa kegiatan ‘I was sleeping” berlangsung lebih awal ketika ayahnya mendengar pengumuman (kejadian mendadak dengan durasi yang pendek). Mengapa jawabannya tidak (b), (c), (d) kurang tepat, karena digunakan di masa sekarang (present).

  1. Mr. Hutchinson …………… home when the rain began.  a. is walking b. was walking c. walks d. is going to walk

Jawaban: b

Penjelasan: Kalimat lengkap di atas adalah “Mr. Hutchinson was walking home when the rain began”, yang artinya “Bapak Hutchinson sedang berjalan pulang ketika hujan mulai turun”. Penjelasan ini sama dengan soal di atas. “Mr. Hutchinson was walking home”  termasuk ke dalam durasi penjang suatu kegiatan, sedangan “the rain began” merupakan. kegiatan berdurasi pendek. Mengapa jawabannya tidak (a), (c), (d) kurang tepat karena digunakan di masa sekarang (present).

  1. I met Carla when she ……… the road. a. crosses b. cross c. is crossing d. was crossing

Jawaban: d

Penjelasan: Kalimat lengkap di atas adalah “I met Carla when she was crossing the road”, yang artinya “Saya bertemu Carla ketika dia sedang menyebrang jalan”. Penjelasan untuk kalimat ini sama dengan penjelasan soal (7), (8) dan (9). Jadi jawaban (d) yang paling tepat.

Nah, demikian beberapa contoh soal – soal Past Continuous Tense beserta pembahasannya, semoga penjelasan di atas dapat membantu kalian agar tidak bingung dalam membedakan kapan seharusnya kita menggunakan “past tense dan past cotinuous tense” secara bersamaan.

Jangan lupa coba “online test” di website kami yang terdiri dari 50 soal grammar. Dengan mengikuti online test tersebut, kalian akan mengetahui kebutuhan bahasa Inggris diambil.

Gabung bersama kami dan rasakan pengalaman belajar bahasa Inggris dengan teknik dan metode yang seru dan dijamin tidak membosankan. Penasaran? Datang ke Jalan Gunung Soputan 1 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di 0361 481910 atau melalui WA kami di 0821 4545 8411.

2 thoughts on “Contoh Soal Past Continuous Tense beserta Pembahasannya”

Leave a Comment