fbpx

Contoh Percakapan Menggunakan Persetujuan dan Ketidaksetujuan Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Gede Murta

Menyatakan setuju atau tidak setuju akan suatu pendapat atau pernyataan adalah suatu hal yang lumrah terutama saat kita membahas suatu hal dengan teman kita yang memiliki sudut pandang yang kadang berbeda dengan kita. Dari perbedaan pendapat tersebut kita bisa menyimpulkan suatu hal yang kita perdebatkan. 

Sebagaimana yang kalian telah baca pada artikel EC sebelumnya, ungkapan menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan dalam bahasa Inggris disebut dengan expressions of agreement and disagreement. Adakah yang masih ingat contoh ungkapan-ungkapannya?

Jika ada yang terlupa, silahkan bisa dibaca ulang di artikel EC sebelumnya yang berjudul “Ungkapan Menyatakan Persetujuan dan Ketidaksetujuan Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya”. Nah kali ini EC akan memberikan contoh percakapan yang menggunakan expressions of agreement and disagreement. Check these out guys!

Contoh Percakapan Menujukkan Persetujuan dan Ketidaksetujuan Dalam Bahasa Inggris #1

Tomi : Hi Roni, you look so sleepy. What’s wrong? (Hai Roni, kamu terlihat mengantuk. Ada apa?).

Roni : Yeah Tomi, I do. I think that I need more sleep since I only slept for 5 hours last night. (Ya Tomi. Aku rasa aku perlu tidur lagi karena aku hanya tidur 5 jam tadi malam).

Tomi : Oh, I see. Did you watch the football match last night between England versus Croatia? (Oh begitu. Apakah kamu menonton pertandingan sepakbola tadi malam antara Inggris melawan Kroasia?).

Roni : Sure, my favorite team is England in this tournament. However, they lost last night. (Tentu, tim favoritku adalah Inggris di turnamen kali ini. Akan tetapi, mereka kalah tadi malam).

Tomi : Yes, I know that because I also watched the match. Croatia won by 4-3. (Ya, aku tahu karena aku juga menonton pertandingannya. Kroasia menang 4-3).

Roni : Yeah, to be honest Croatia played better than England. (Ya, sejujurnya kroasia bermain lebih baik dari Inggris).

Tomi : I agree with you. Although England have many good players, but still they couldn’t play better. (Aku setuju denganmu. Walaupun Inggris memiliki banyak pemain bagus, namun mereka tetap tidak bermain lebih baik).

Roni : Yeah, I feel the same way.  (Ya, aku sependapat denganmu).

Tomi : I think England can be the 3rd winner in this tournament Ron. They are going to play against Belgium. (Aku rasa Inggris bisa menjadi juara ketiga di turnamen ini Ron. Mereka akan bermain melawan Belgia).

Roni : I wish I could agree with you, but England was defeated by Belgium on the group stage last week. So, I think England will play the same like before as the 3rd place is not so prestigious for them. (Aku harap aku bisa sependapat denganmu, namun Inggris pernah dikalahkan oleh Belgia di babak penyisihan grup minggu lalu. Jadi, aku rasa Inggris akan bermain sama seperti sebelumnya mengingat posisi ketiga tidak terlalu bergengsi bagi mereka).

Tomi : I’m not sure if I agree with you about that. Let’s see this week. How about watching it together in my house? (Aku tidak yakin jika aku setuju denganmu tentang itu. Ayo lihat di minggu ini. Bagaimana jika menonton pertandingannya bersama di rumahku?).

Roni : That’s a good idea Tom. Catch you later Tomi. (Ide yang bagus Tom. Sampai bertemu nanti Tomi).

Tomi : Alright. See you Ron. (Baik. Sampai bertemu Ron).

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

2nd Conversation

Rina : Will you go to the food festival, Tina? (Akankah kamu pergi ke festifal makanan, Tina?).

Tina : Sure, Rina. I want to see the traditional food. How about you? (Tentu, Rina. Aku ingin melihat makanan tradisional. Bagaimana denganmu?).

Rina : Actually I have a plan to go there. But, at the same time, there will be an art festival in another place. It makes me confused. (Sesungguhnya aku memiliki rencana pergi kesana. Tapi, pada waktu yang sama, akan ada festival seni di tempat lainnya. Itu membuatku bingung).

Tina : Oh, I see. I know you are interested in art. I think you should go to the art festival and come to the food festival in another time. (Oh, begitu. Aku tahu kamu tertarik pada seni. Aku rasa sebaiknya kamu pergi ke festival seni dan datang ke festival makanan di lain kesempatan).  

Rina : That’s is exactly what I think. But, my friend asked me to help her as she will rent one of the food stands there. (Itulah tepatnya yang aku pikirkan. Namun, temanku meminta untuk membantunya karena dia akan menyewa salah satu stand makanan disana).

Tina : Hmmm, it’s a bit complicated. How if you help your friend in the morning till afternoon and after that you can go to the art festival. (Hmmm, itu sedikit rumit. Bagaimana jika kamu menolong temanmu di pagi sampai siang hari dan setelah itu kamu bisa pergi ke festival seni).

Rina : I’m not sure about that Tina. I want to help my friend until it’s done. (Aku tidak yakin akan hal itu Tina. Aku ingin menolong temanku sampai selesai).

Tina : Calm down Rin, from the information that I have read, the food festival will last until 3 P.M. only. (Tenang Rin, dari informasi yang aku telah dibaca, festival makanannya akan berlangsung sampai jam 3 siang saja).

Rina : Is that true Tina? (Apakah itu benar Tina?).

Tina : Sure. I read it on the official website of the food festival. (Tentu. Aku membacanya di website resmi dari festival makanannya).

Rina : Thank you very much for the information Tina. I really appreciate it. Then, I can also go to the art festival. (Terima kasih banyak atas informasinya Tina. Aku sangat menghargainya. Jadi, aku juga bisa pergi festival seni).

Tina : Let’s go together Rina. I want to come also. (Ayo pergi bersama-sama Rina. Aku juga ingin datang).

Rina : It will be good Tina. I will call you later. (Itu akan menyenangkan Tina. Aku akan menghubungimu nanti).

Tina : Okay Rina. (Baik Rina).

Itu dia 2 contoh percakapan yang menggunakan expressions of agreement and disagreement guys. Nah sekarang giliran kalian nih untuk membuat contoh percakapan kalian sendiri. Jika kalian masih sering mengalami kendala atau menemukan masalah seputar bahasa Inggris, yuk gabung segera dengan English Café Bali.

English café Bali adalah tempat kursus bahasa Inggris di Bali yang beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No.16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di nomor (0361) 481910.

Leave a Comment