fbpx

Contoh Percakapan Bahasa Inggris dengan Menggunakan Simple Present Continuous Tense

Gede Murta

conversations

Percakapan bahasa inggris secara biasa tanpa memperhatikan struktur ataupun grammar mungkin akan mudah dilakukan. Disinilah sebenarnya hal yang harus ditumbuh kembangkan, keberanian. Jika siswa sudah berani berbicara saat tanpa menggunakan grammar, kemudian siswa dapat mempelajari struktur dasar terlebih dahulu seperti tenses salah satu contohnya adalah percakapan bahasa inggris dengan menggunakan simple present continuous tense untuk mengekspresikan aktifitas atau kegiatan yang saat itu sedang dilakukan.

Simple present continuous tense adalah salah satu tenses dengan keterangan waktu “now, dan at the moment” yang berarti sekarang dan pada saat ini. Mari perhatikan contoh percakapan bahasa inggris dengan menggunakan simple present continuous tense.

Percakapan 1 (on the phone call)

Hanna : Hello, may I speak to Carol? (Halo, bisakah saya berbicara dengan Carol?)

Carol : Yes, it’s me. Who is speaking? (Ya, ini aku sendiri, Carol. Siapa ini?)

Hanna : Hi, I am Hanna. Are you busy at the moment? (Hai, aku Hanna. Apakah kamu sibuk saat ini?)

Carol : Hi Hanna, yep a bit busy right now. (Ya, agak sibuk sekarang)

Hanna : What are you doing? (Apa yang sedang kamu lakukan?)

Carol : I am cooking some food. (Aku sedang memasak beberapa hidangan).

Hanna : What are you cooking? (Apa yang sedang kamu masak?)

Carol   : I’m cooking fried chicken and making some salad for dinner. Anyway what are you doing? (Aku sedang masak dan sedang membuat salad untuk makan malam. Kamu lagi sedang apa?)

Hanna : I’m calling you haha.. Nah, I’m calling just to say hello. Quite boring. I am not doing anything right now. (Aku lagi nelfon kamu, haha..Enggak, aku nelfon kamu cuma pingin ngobrol aja. Agak boring sih. Aku tidak sedang mengerjakan apa-apa)

Carol   : Oohh poor you. (Kasian)

Percakapan 2

Jane : Excuse me. Hello is anybody here? (Permisi, halo apakah ada seseorang di sini?)

Bill : Hello, who is there? (Halo, siapa di sana?)

Jane : Hi Bill, it’s me Jane. (Hai Bill, ini aku Jane).

Bill : Hi Jane. Sorry we are cleaning the house. (Hi Jane, sorry kita sedang bersih-bersih)

Jane : Am I bothering you? (Apakah aku sedang menganggumu?)

Bill : No, you are not. Come in. (Tidak, masuklah).

Jane : What are you cleaning anyway Bill? (Apa yang sedang kamu bersihkan Bill?)

Bill : We are doing general cleaning. We share the responsibility. I am cleaning the window. My sister is sweeping the floor, my brother is mopping the floor, my dad is washing the car, and my mom is cooking for us. It is fair, isn’t it? (Kami sedang bersih-bersih. Kami membagi tugas. Aku sedang membersihkan jendela, Adikku yang cewek sedang menyapu lantai, adikku yang cowok sedang mengepel lantai, ayaku sedang mencuci mobilnya, dan ibuku sedang memasak. Sangat adil, bukan?)

Jane : It’s fair enough. Anyway Bill, I want to tell you about the latest task from Mr. Johnson. Have you received it through email? (Cukup adil. Ngomong-ngomong, saya ingin memberi tahukan mengenai informasi terakhir dari Bapak Johnson. Apakah kamu sudah menerimanya di email?)

Bill : No, I haven’t received it yet. Ok will check it soon. Thank you Jane. (Belum, saya belum menerimanya. Ok aku akan mengeceknya segera. Terima kasih Jane.

 

Nah demikian contoh percakapan dengan menggunakan simple present continuous tense di dalam percakapan. Nah sudah tahu kan, kapan sebaiknya menggunakan tense ini di dalam percakapan? Yuk praktekkan bahasa Inggrismu bersama kami, English Café. Kami dengan senang hati mengajak kalian untuk berbicara tentang apapun dalam bahasa Inggris. Datang dan coba kursus gratisnya secara gratis di kantor kami di Jln. Gunung Soputan 1 no.16A Denpasar, Bali.

Leave a Comment