Halo guys, kalian pasti sudah nggak asing lagi kan dengan News Item atau yang dikenal dengan berita dalam bahasa Indonesia. News Item sangat sering kita temui dalam keseharian kita, baik itu di media cetak seperti majalah atau koran atau media elektronik seperti televisi dan smartphone.

Tapi apakah kalian bisa menjawab soal – soal mengenai News Item? Bisakah kalian menjelaskan fungsi dan definisi dari News Item?

Artikel ini akan membantu kamu memahami apa definisi dan fungsi dari News Item dan contoh News Item yang akan memudahkan kalian memahami apa yang telah kalian pelajari diartikel ini.

Okay, let’s get started.

Definisi dan Fungsi dari News Item

News item text adalah suatu teks yang menginformasikan pembaca tentang peristiwa/kejadian sehari-hari yang layak diberitakan atau penting. Jadi, fungsi dari news item yaitu memberikan informasi mengenai kejadian atau peristiwa harian. Jika kalian bercita-cita menjadi seorang jurnalis handal dan profesional, maka jenis teks ini wajib untuk kalian pelajari.

Struktur Teks/ Generic Structure News Item

Main Event/Newsworthy Event: bagian ini adalah bagian yang menceritakan atau berisi berita tentang suatu peristiwa atau kejadian inti yang biasanya ditulis dalam bentuk ringkasan/ summary.

Background Event/Elaboration: bagian ini menceritakan secara rinci latar belakang kejadian atau suatu peristiwa yang terjadi, orang-orang yang terlibat, dimana dan bagaimana suatu peristiwa terjadi.

Source: merupakan bagian terakhir dari struktur news item text, menceritakan tentang komentar, saksi kejadian, pendapat para ahli/ narasumber, dan sebagainya mengenai peristiwa atau kejadian yang diberitakan.

Unsur kebahasaan News Item

• Fokus pada suatu kejadian
• Menggunakan saying verbs, seperti diberitakan, mengatakan, memberitakan, dan sebagainya.
• Pada umumnya menggunakan action verb, yaitu kata kerja yang menunjukkan aktivitas
• Sering menggunakan kata kerja bantu yang menunjukkan waktu dan tempat
• Menggunakan material process.

Before We Start

Sebelum kita lanjut ke materi yang akan dibahas, English Cafe mau ngasih tau nih kalau kita punya video – video “Latihan Soal Ujian Nasional Untuk SMP & SMA” di Channel Youtube kita.

Penasaran? Check aja video dibawah ini.

 

Contoh News Item

Earthquake aftershock hits Nepal and India, magnitude 6.7

A strong earthquake aftershock struck India and Nepal on Sunday, shaking buildings in New Delhi and triggering an avalanche in the Himalayas.
The United States Geological Survey said the tremor was 6.7 magnitude, less than the 7.9 quake that struck the region on Saturday killing at least 1,900 people.

“Another one, we have an aftershock right now,” Indian mountaineer Arjun Vajpai told Reuters by telephone from base camp on Mount Makalu, 20 km (12 miles) from Everest.

Screams and the sound of an avalanche could be heard over the phone line Vajpai was speaking on. At Everest base camp, Romanian climber Alex Gavan tweeted that the aftershock had set off three avalanches.

Nah itu tadi guys penjelasan dan contoh News Item. Apakah kamu sudah paham mengenai definisi, fungsi dan struktur News Item?

Minder Nggak Lancar Berbahasa Inggris?

Apakah kamu minder karena kemampuan berbahasa Inggrismu kurang? Susah cari kerja karena terhalang interview dalam bahasa Inggris? atau kesulitan dapat nilai bagus saat ujian? English Cafe punya banyak program yang bisa membantu kamu mulai dari lancar berbincang – bincang dalam bahasa Inggris, mendapatkan nilai IELTS tinggi dalam sebulan atau membantu mereka yang ingin bekerja diperusahaan luar negeri.

Hubungi WhatsApp kami di 0821 4545 8411 atau e-mail di [email protected] untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai info kursus kami. Kalau kamu masih bingung mau mengambil program kursus apa, kalian bisa mencoba mengikuti tes 2 menit atau online placement test kami secara gratis!

Selamat belajar ya guys!