Buat kalian yang aktif berorganisasi pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya Announcement text. Ya benar, teks yang dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan nama pengumuman ini merupakan salah satu topik yang sering muncul selama kamu mempelajari bahasa Inggris baik saat SMP, SMA, Perkuliahan bahkan hingga kamu bekerja nantinya.

Apakah kamu sedang diberikan tugas untuk membuat pengumuman dalam bahasa Inggris dikantor atau sedang mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional, memahami apa itu Announcement text sangatlah penting dan bermanfaat. Artikel ini akan membimbing kalian memahami definisi dari Announcement text, struktur dan unsur kebahasaan dari sebuah Announcement Text, dan sebuah contoh pengumuman dalam bahasa Inggris.

Jadi tanpa perlu basa basi lagi langsung saja yuk kita mulai dengan membahas definisi dari Announcement Text.

Definisi Announcement Text

Announcement text atau teks pengumuman ialah teks pernyataan atau tulisan resmi yang memberitahukan kepada khalayak umum tentang suatu hal atau informasi. Adapun beberapa jenis teks pengumuman meliputi:

  • pengumuman orang hilang
  • berita Duka
  • berita pernikahan, ulang tahun, peresmian dan kelahiran
  • pengumuman pemenang suatu kompetisi
  • lowongan pekerjaan
  • iklan
  • laporan kegiatan /acara
  • pemberitahuan/ himbauan dari pemerintah, dll.

Fungsi Announcement Text

Fungsi dari Announcement text sendiri adalah untuk memberitahukan informasi tentang sesuatu hal seperti suatu acara, lowongan pekerjaan, penerimaan siswa baru dan lain sebagainya. Informasi yang disampaikan berbentuk formal dan ditujukan kepada masyarakat umum atau secara spesifik kepada kalangan tertentu. (To give a formal written notice of certain events).

Struktur Announcement Text

Title : bagian ini merupakan bagian yang paling penting karena mewakili isi keseluruhan dari pengumuman/ informasi yang diberikan pada suatu Announcement text. Meski begitu, terkadang tidak disebutkan dengan jelas.

Explanation : pada bagian ini, berisi informasi lebih lanjut tentang suatu pengumuman. Biasanya terdiri dari informasi dasar yang mencakup: jenis kegiatan (type of event), tanggal dan waktu (date and time), tempat (place), partisipan (participants), dan orang/ alamat yang bisa dihubungi (contact person/ address).

Unsur Kebahasaan

Dalam penulisan Announcement text, jenis tenses yang digunakan yaitu simple present tense dan simple future tense.

Before We Start

Sebelum kita lanjut ke materi yang akan dibahas, English Cafe mau ngasih tau nih kalau kita punya video – video “Latihan Soal Ujian Nasional Untuk SMP & SMA” di Channel Youtube kita.

Penasaran? Check aja video dibawah ini.

 

Contoh Announcement Text

ANNOUNCEMENT

To : All Students of SMPN 1 Denpasar

There will be a welcoming ceremony next Friday, March 1st 2019, to welcome the exchange students Program from England in our auditorium. All students must wear Batik/Endek uniforms and must be polite. Be punctual!

From: The Principal of SMPN 1 Denpasar

Okay guys, itu tadi pembahasan mengenai Announcement text. Apakah kalian sudah memahami definisi, struktur dan contoh Announcement text yang kita berikan?

Minder Nggak Lancar Berbahasa Inggris?

Apakah kamu minder karena kemampuan berbahasa Inggrismu kurang? Susah cari kerja karena terhalang interview dalam bahasa Inggris? atau kesulitan dapat nilai bagus saat ujian? English Cafe punya banyak program yang bisa membantu kamu mulai dari lancar berbincang – bincang dalam bahasa Inggris, mendapatkan nilai IELTS tinggi dalam sebulan atau membantu mereka yang ingin bekerja diperusahaan luar negeri.

Hubungi WhatsApp kami di 0821 4545 8411 atau e-mail di [email protected] untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai info kursus kami. Kalau kamu masih bingung mau mengambil program kursus apa, kalian bisa mencoba mengikuti tes 2 menit atau online placement test kami secara gratis!

Selamat belajar ya guys!