fbpx

Cara Mudah Mengerjakan Soal Listening.

Gede Murta

Menjadi pendengar yang baik untuk curhatan sahabat adalah hal yang biasa dilakukan dan hmmm.. ternyata tidak mudah loh ya, karena tugas kita tidak hanya mendengar, namun juga harus menyimak degan benar apa dari isi cerita tersebut, sehingga kita bisa memberikan feedback terhadap curhatan tersebut.

Sama halnya dengan mengerjakan soal listening dalam bahasa inggris, yang dibutuhkan bukan hanya telinga yang tajam, tapi bagaimana cara kita menyimak isi dari soal-soal tersebut, biar jawabnya ga cuma mengandalkan insting doang. Mengerjakan soal listening itu susah? Bagaimana kalau kita coba pake cara-cara berikut:

MP3-English-Lessons

  1. Pahami soal dan bacaan.

Biasanya sebelum tes dilakukan, kita akan diberikan waktu untuk membaca terlebih dahulu, gunakan kesempatan tersebut untuk mengerti masing-masing soal, lalu baca baca semua opsi dari semua soal, kemudian pahami.

 

  1. Jangan Gugup, tenang dan dengarkan.

Saat soal mulai diputar, tetap tenang dan dengarkan degan baik, simak dengan cermat apa yang dimaksud oleh soal tersebut. Gunakan kemampuan seperti biasanya, jangan terdominasi oleh kecepatan pembicara, semakin kamu tenang, semakin mudah kamu mengerti maksud dari soal-soal tersebut.

 

  1. Memahami instruksi serta petunjuk soal.

Pahami dengan baik apa yang diperintahkan oleh masing-masing soal, ketika mendengarkan pembicara, fokuskan untuk mendengarkan terlebih dahulu, jangan terburu-buru menulis. Ingat! Pahami apa yang pembicara katakan, sehingga kamu akan mengerti apa maksud dari soal tersebut dan dapat dengan mudah menjawabnya.

lazy

 

  1. Berapa kali rekaman diputar?

Ketahuilah terlebih dahulu, berapa kali rekaman akan diputar. Biasanya untuk soal listening, rekaman akan diputar lebih dari sekali. Ketika rekaman pertama diputar, gunakan kesempatan tersebut untuk menyimak dan memahami soal-soal, sehingga saat rekaman diputar untuk kedua kalinya, kamu lebih memahami soal dan sudah memprediksi jawabannya.

 

  1. Perhatikan pembicara.

Hal ini yang benar-benar harus diperhatikan, berapakah jumlah pembicara? Apakah jenis soalnya adalah conversation, atau pembicara hanya bermonolog? Perhatikan skenario yang tengah berlangsung. Jangan lupa, kamu disini tidak hanya mendengarkan tetapi juga menyimak degan seksama.

 

Bagaimana? Kira-kira sudah ada bayangan kan untuk melatih listening kamu? Yang paling penting adalah rajin-rajinlah mendengarkan lagu berbahasa inggris, menonton film bahasa inggris dan tentu saja harus menyimak setiap kalimat yang mereka lontarkan, sehingga kamu sudah terbiasa mendengarkan berbagai macam kosakata bahasa inggris.

Mengerjakan soal listening bahasa inggris bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan, rajin berlatih dan membiasakan diri mendengarkan lagu bahasa inggris juga membantu banget lho!

Leave a Comment