fbpx

BELAJAR KOSA KATA BAHASA INGGRIS DENGAN “LINKING SYSTEM”

Gede Murta

Bagi sebagian orang belajar bahasa inggris merupakan hal yang membosankan dan menyita banyak waktu. Khsusnya saat belajar kosa kata, karena belajar kosa kata membutuhkan waktu untuk mengafal dan menentukan padanan kata. Namun beberapa orang justru menganggap belajar bahasa inggris merupakan hal yang menantang, menarik dan menyenangkan.

Apa sih penyebab orang bosan belajar bahasa inggris khusunya belajar kosa kata? Ada beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebab hal tersebut. Pertama, metode pengajaran bahasa inggris yang digunakan mungkin metode tradisional atau metode ceramah. Hal tersebut hanya memungkinkan interaksi secara 1 arah yang berpusat pada guru/pengajar. Kedua, materi atau topik yang disajikan mungkin terlalu monoton sehingga kurang menarik bagi siswa.

Hal tersebut sudah sangat sering terjadi dalam proses pembelajaran dewasa ini. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, ada 1 cara belajar kosa kata bahasa inggris yang lebih menarik dan unik, yaitu belajar bahasa inggris melalui “Linking System”. “Linking System” merupakan cara belajar kosa kata dengan cara yang unik bahkan cenderung aneh (rediculous way). Cara ini juga cara yang berusaha untuk menghubungkan suatu hal/kosa kata dengan hal lain/kosa kata lain yang tidak ada hubungannya dengan kosa kata pertama.

Misalnya, pada saat siswa mempelajari kosa kata tentang keluarga, guru/pengajar bisa menggunakan/menganalogikan tangan atau jari-jari mereka sebagai sebuah keluarga. Jempol bisa diumpamakan sebagai Father, Telunjuk bisa diumpamakan sebagai Mother, Jari Tengah bisa diumpamakan sebagai Son, Jari Manis bisa dumpamakan sebagai Daughter, dan Kelingking bisa diumpamakan sebagai Youngest Son. finggerNah, dengan cara tersebut maka siswa akan lebih mudah untuk menghafal kosa kata tersebut, karena hanya dengan melihat tangan atau jari-jari mereka, siswa dapat secara otomatis menghafal kosa kata Keluarga dengan cepat tanpa harus membaca kosa kata berkali-kali.

Contoh lain adalah menganalogikan Pohon dengan kosa kata tentang Rumah. Ok, karena Pohon memiliki banyak cabang dan akar, maka belajar bisa dimulai dari akar. Misalnya, Akar pertama diumpamakan sebagai Door, Akar kedua sebagai Window, Batang pohon sebagai Living Room, Cabang pertama sebagai Bedroom, Cabang kedua sebagai Dining Room, Cabang Ketiga sebagai Kitchen, Cabang keempat sebagai Bath Room, dan Daun Pohon sebagai Housetop.

Gimana, menarik dan unik bukan? So, belajar kosa kata itu nggak susah kok.

Bagi anak-anak, remaja, dan orang dewasa yang memiliki kesulitan dalam belajar bahasa inggris, khususnya belajar kosa kata, buruan bergabung dengan kami di English Cafe. Melalui “Linking System” kalian akan dengan mudah memperlajari kosa kata, dan dijamin tidak akan cepat bosan. Malah kalian akan ketagihan belajar bahasa inggris.

Karena selain unik dan menarik, metode “Linking System” juga merupakan metode yang variatif, komunikatif, dan interaktif, karena memungkinkan adanya interaksi 2 arah, yaitu Teacher to Students and Students to Teacher. Selain itu metode ini juga akan lebih menekankan pada keaktifan dan kreatifitas siswa itu sendiri (Student Centered). Well, tunggu apa lagi? Ayo gabung di English Cafe, and We’ll get you addicted to English !