fbpx

Belajar Bahasa Inggris yang Menarik Melalui Digital Storytelling

Gede Murta

Belajar bahasa inggris bagi sebagian besar orang merupakan kegiatan yang cukup membosankan jika itu masih dilakukan dengan cara-cara lama. Mulai sekarang mari kita ubah cara berfikir kita tentang belajar bahasa inggris. Belajar bahasa inggris adalah hal yang menyenangkan dan menguntungkan. Kenapa menguntungkan?…. dengan belajar bahasa inggris, secara tidak langsung kita bisa mempelajari kebudayaan Native Speaker (pengguna asli bahasa inggris). Selain itu, jika kita menguasai bahasa inggris maka 99,99 % kita bisa bersaing di dunia kerja dan dunia global. Naaahhhhh, sekarang pertanyaannya, bagaimana caranya agar belajar bahasa inggris menjadi mudah, menarik, dan menyenangkan?

images
Digital Storytelling Image

Digital Storytelling adalah jawabannya. Apa itu Digital Storytelling? Digital Storytelling adalah cara untuk menyampaikan sebuah cerita melalui aplikasi komputer, seperti video atau film animasi. Cerita yang disampaikan biasanya diambil dari cerita-cerita rakyat ataupun cerita-cerita fiksi yang menarik. Oke…sesuai namanya Digital Storytelling, jadi video-video yang disampaikan itu ada unsur-unsur gambar-gambar bergerak, narasi, musik, teks, dan tentunya ada unsur animasinya loooohhhhhh ^_^

Naaahhhh, Can you imagine? What a cool method it is. Dengan belajar bahasa inggris menggunakan Digital Storytelling, kita akan mendapat banyak keuntungan dan kemudahan. Keuntungan yang bisa didapat diantaranya :

  1. Tampilannya yang menarik tentu saja dapat menarik dan meningkatkan perhatian kita dalam mengikuti pelajara.
  2. Dapat membantu kita untuk memprediksi topik yang akan dibahas.
  3. Meningkatkan kreatifitas guru dan siswa dalam penggunaan software dan hardware komputer.
  4. Meningkatkan kepercayaan diri kita untuk mempublikasikan karya-karya kita dalam pelajaran bahasa inggris.
  5. Meningkatkan keterbukaan dalam memberi dan menerima pendapat.
  6. Meningkatkan ketertarikan kita terhadap media internet (digital) dan internet yang memiliki sumber-sumber belajar bahasa inggris yang sangat luas dan bervariasi.
  7. Melatih cara berkomunikasi kita dalam berbagai aspek, seperti berpendapat dan menulis sesuatu dalam bahasa inggris yang berhubungan dengan orang lain.

Selain keuntungan-keuntungan di atas, Digital Storytelling juga bisa digunakan oleh berbagai kalangan, dari anak kecil, remaja, dewasa, dan orang tua sekali pun. Selain itu Digital Storytelling juga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Proses pembuatannya juga relatif mudah dan memerlukan biaya yang relatif murah juga.

So, what are you waiting for? Ayooo buruan bergabung bersama kami di English Cafe dan rasakan sensai belajar bahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan dan variatif.  We’ll Get You Addicted to English !