Hey kalian para siswa dan mahasiswa yang (sedang) mengalami kebingungan akut untuk mulai belajar bahasa Inggris, please give me your 5 minutes to read this.

Ketika saya browsing ke salah satu situs dengan komunitas belajar bahasa Inggris yang cukup ramai pengunjungnya dan selalu update setiap hari, ada salah satu teman (yang tentu saja saya nggak kenal dia) bertanya; Help me to study English please. I don’t know how to start.

Cara-Belajar-Bahasa-Inggris-Online

Pernahkah kamu mengalami hal yang sama? Saya juga nggak tahu semua bermula dari mana, seperti saya belajar bahasa Indonesia pertama kali. Saya mulai dari semuanya. Mendengarkan orang lain berbicara, mengusahakan diri saya untuk berbicara, membaca, dan menulis. Lebih baik kalau dimulai dari mendengarkan, kemudian berbicara, lalu membaca dan menulis. Akan lebih muantab rasanya kalau mempelajari hal tersebut secara bersamaan. Nah, bagi kalian yang merupakan seorang browser seperti saya, situs belajar bahasa sangat bermanfaat juga lho, meskipun komprehensi yang kamu latih hanya pada writing skill, kamu juga bisa saling bertukar account Skype kepada mereka untuk belajar secara face-to-face. Dengarkan bagaimana mereka berbicara, semakin banyak teman, makin bagus! Kamu juga bisa mengetahui uniknya aksen setiap orang yang kamu temui di dunia superb tersebut.

online-community

Ada yang sukses dan lancar tanpa harus mengeluarkan receh untuk belajar di tempat privat, dan teman-teman barumu akan menemuimu ketika berkunjung ke Indonesia dan rasanya bangga gitu ya, jadi guide buat mereka. Eits, tetapi tetap waspada untuk hal negative yang mungkin ditimbulkan (If you know what I mean).

Kesimpulannya, melalui komunitas tersebut, kamu akan belajar bagaimana memahami perkataan orang, kemudian melakukan skill lainnya menggunakan bahasa Inggris (membuat artikel atau ceritamu dalam bahasa Inggris, mengupload pesan suara dan membuat orang menilai apa yang kamu ucapkan, dan hal lain). Komunitas-komunitas tersebut tentu sangat baik untuk membuatmu berani dan menguasai banyak kosakata untuk diterapkan dalam berbagai skill.

Kamu punya cara lain untuk memulai belajar? Ayo coba! Kalau nggak sekarang, kapan lagi?